.Angku Reflus N.a.h basarato Dunsanak komunitas r@ntau-net nan di-Rakhmati
Allah.
Manuruik hemaik ambo, baliau bisa dimasuakkan ka kalompok nan ka duo atau
(malah) nan ka anam, sasuai jo firman Allah SWT dalam surek At Taubah ayaik 60
tu.

Salam................,
mm***

Delapan Asnaf/Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat (Mustahiq)
Diposkan oleh Abinya Azka di 14:16 Kamis, 26 Agustus 2010  Label: Zakat dan
Sedekah  Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh....
Bismillahirrahmaanirrahiim....

Berikut adalah Delapan Asnaf/Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat
(Mustahiq) yang semuanya tercantum dalam firman Allah.swt :

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ  لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا
وَالْمُؤَلَّفَةِ  قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي
سَبِيلِ اللَّهِ وَاِبْنِ  السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ
عَلِيمٌ حَكِيمٌ
”Sesungguhnya zakat-zakat  itu, hanyalah untuk orang-orang fakir,
orang-orang miskin,  pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk
hatinya, untuk  (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan
Allah dan  untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai
suatu ketetapan yang  diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi
Maha Bijaksana.” [At  Taubah:60]

Orang yang berhak menerima  zakat (Mustahiq) ialah:
        1. Orang fakir : orang yang amat sengsara hidupnya, tidak mempunyai
harta dan tenaga untuk memenuhi penghidupannya.
        2. Orang miskin : orang yang tidak cukup penghidupannya dan dalam
keadaan kekurangan.
        3. Pengurus zakat : orang yang diberi tugas untuk mengumpulkan dan
membagikan zakat.
        4. Muallaf : orang kafir yang ada harapan masuk Islam dan orang yang
baru masuk Islam yang imannya masih lemah.
        5. Memerdekakan budak : mencakup juga untuk melepaskan muslim yang
ditawan oleh orang-orang kafir.
        6. Orang berhutang : orang yang berhutang karena untuk
kepentingan yang  bukan maksiat dan tidak sanggup membayarnya. Adapun
orang yang berhutang  untuk memelihara persatuan umat Islam dibayar
hutangnya itu dengan  zakat, walaupun ia mampu membayarnya.
        7. Pada jalan Allah (sabilillah) : yaitu untuk keperluan
pertahanan  Islam dan kaum muslimin. Di antara mufasirin ada yang
berpendapat bahwa  fisabilillah itu mencakup juga
kepentingan-kepentingan umum seperti  mendirikan sekolah, rumah sakit
dan lain-lain.
        8. Orang yang sedang dalam perjalanan yang bukan maksiat mengalami
kesengsaraan dalam perjalanannya.Dengan zakat kita akan  mendapat ridho dan
juga rahmat dari Allah dan mendapat balasan berlipat ganda.
Allah.swt Berfirman :

وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ  وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ
تُرْحَمُونَ

“Dirikanlah sembahyang, tunaikanlah  zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya
kamu diberi rahmat.” [An  Nuur:56]

قَالَ عَذَابِي أُصِيبُ بِهِ مَنْ أَشَاءُ وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ
شَيْءٍ  فَسَأَكْتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ
وَالَّذِينَ هُمْ  بِآيَاتِنَا يُؤْمِنُونَ

“…Allah berfirman: “Siksa-Ku akan  Kutimpakan kepada siapa yang Aku
kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala  sesuatu. Maka akan Aku tetapkan
rahmat-Ku untuk orang-orang yang  bertakwa, yang menunaikan zakat dan
orang-orang yang beriman kepada  ayat-ayat Kami.” [Al A'raaf:156]

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ رِبًا  لِيَرْبُوَ فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلا يَرْبُو
عِنْدَ اللَّهِ وَمَا آتَيْتُمْ  مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ
فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ
“Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah
pada  harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan
apa  yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai
keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang
melipat gandakan (pahalanya).”  [Ar Ruum:39]

Pemerintah atau pihak  berwenang
wajib mengambil zakat dari golongan yang mampu/muzakki. Karena  zakat
itu untuk membersihkan dan mensucikan diri.

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ  صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ
عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلاتَكَ  سَكَنٌ لَهُمْ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Ambillah zakat dari sebagian harta  mereka, dengan zakat itu kamu
membersihkan dan mensucikan mereka dan  mendoalah untuk mereka.
Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman  jiwa bagi mereka. Dan
Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” [At  Taubah:103]

Dari Ibnu Abbas ra bahwa Nabi SAW  mengutus Mu’adz ke negeri Yaman (ia
meneruskan hadits itu) dan  didalamnya (beliau bersabda): “Sesungguhnya Allah
telah mewajibkan  mereka zakat dari harta mereka yang diambil
dari orang-orang kaya di  antara mereka dan dibagikan kepada orang-orang fakir
di antara mereka.” [Muttafaq Alaihi]

Hendaknya kita mendistribusikan  zakat dengan sebaik-baiknya dan ridho dengan
distribusi tersebut.

وَمِنْهُمْ مَنْ يَلْمِزُكَ  فِي الصَّدَقَاتِ فَإِنْ أُعْطُوا مِنْهَا رَضُوا
وَإِنْ لَمْ يُعْطَوْا مِنْهَا  إِذَا هُمْ يَسْخَطُونَ
“Dan di antara mereka ada orang yang  mencelamu tentang (distribusi)
zakat; jika mereka diberi sebahagian dari  padanya, mereka bersenang
hati, dan jika mereka tidak diberi sebahagian  dari padanya, dengan
serta merta mereka menjadi marah.” [At Taubah:58]
Semoga semua artikel dan eBook di blog "Artikel Islami - Free Download Ebook
Islami" bermanfaat untuk kita semua.  Wassalamualaikum Warahmatullahi
Wabarokatuh....[]

Jangan lupa komentar anda di artikel : Delapan Asnaf/Golongan Orang yang Berhak
Menerima Zakat (Mustahiq)
Wallahu'alam bissowab, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...

..