Mamak

Tulisan sederhana dan menyentuh. Hari rayo kadang memberikan makna dan kesan
berbeda-beda bagi setiap orang. Hari rayo bagi seorang lelaki bisa menjadi
satu pukulan lonceng yang memukul kesadaran tentang keberadaannyo hari
kini. Perjalanan waktu dalam meniti pematang suratan-ratak tangan
mengantarkan seorang lelaki pada posisi tulang punggung, apalagi seorang
lelaki Minang yang menghayati dan menjalankan ke-Minangannya dalam kandungan
mamangan adat

Kaluak Paku kacang Balimbiang
Tampuruang lenggang-lenggangkan
Bao manurun ka Saruaso
Tanamlah siriah jo ureknyo
Anak di pangku kamanakan dibimbiang
Urang kampuang dipatenggangkan
Tenggang nagari jan binaso
Tenggang sarato jo adaiknyo

Sejatinyo indak mudah menjalankan posisi itu, tetapi lebih tidak mudah
kemudian mengabaikannyo begitu saja. Hari rayo-
ya hari rayo kemudian menjadi penanda. Dari rayo ka rayo, semakin banyak
generasi baru yang datang dan mengantarkan seorang lelaki pada posisi
puncak, dimana kesendirian kerap datang menyergap di posisi itu. Seperti
yang mamak rasakan, lelaki itu menemukan masa kecilnya yang indah di
muka-muka polos anak-anak yang "manambang", istilah keren untuk bertamu
kerumah-rumah yang merayakan hari raya. Mereka kupu-kupu kecil kehidupan itu
duduk takzim menunggu "angpau" yang akan dibagikan si tuan rumah, termasuk
lelaki itu. Jauh sebelumnya, segala kebutuhan urang di kampuang telah
dikirimkan, untuak adik-adik, kamanakan terutama yang terpaksa merasakan
kerasnya kehidupan karena musibah sosial atau karena ditinggal mati ayah dan
ibunya. Memang tidak mudah mengambil bagian dari tanggung jawab agama
ataupun adat itu. Dalam diam menghindari Riya, memaknai sendiri
ikatan-ikatan itu. Di hari raya itulah momentum tafakur memaknai jauah kaki
talangkahkan, siklus kehidupan telah mengantarkan ia menjadi ayah sekaligus
menjadi mamak dan bahkan pada hari raya-hari raya berikutnya ia akan menjadi
kakek yang akan didatangi oleh para cucu. Generasi-generasi baru akan
tumbuh, musim akan berganti, hari raya tahun ini ke tahun yang akan datang,
berputar mengikuti pergantian tahun. Barangkali secara mekanik tidak akan
berarti apa-apa, tetapi batin-batin yang awas akan menangkap makna dari
setiap hari raya yang silih berganti dan memetik sesuatu dari sana. Hari
raya kemudian menjadi ajang berkontemplasi bagi perjalanan anak Manusia yang
pada hari raya itu mungkin saja sedang menjalankan peran menjadi suami,
ayah, mamak, atau kakek.

Salam

Andiko Sutan Mancayo

Pada semilir angin selat Malaka