2011/9/10 <zubir.a...@yahoo.com>

> ** Kanakan Ahmad Ridha,sebaiknyo dijalehkan,bahwa hadis nn disabuik oleh
> sdr.Asmardi Arbi tu, "hadis itu tidak sahih",kecek kanakan.
> Apo alasannyo,sehinggo urang lain tarutamo sdr.Asmardi Arbi bisa manarimo
> pandapek kanakan.

Oh iya, Pak. Berikut artikel singkat yang membicarakan hadits tersebut.

http://almakassari.com/artikel-islam/hadits/agama-adalah-akal.html
----------
Agama Adalah
Akal<http://almakassari.com/artikel-islam/hadits/agama-adalah-akal.html>
14
April 2007 | Dilihat 881 kali | [image: Kirim Ke
Teman]<http://almakassari.com/artikel-islam/hadits/agama-adalah-akal.html/email/>|
| More

Dalam ensiklopedia ini kami petikkan sebuah hadits yang biasa digunakan
orang dan masyhur menunjukkan keutamaan akal dan pikiran. Namun, kebanyakan
orang tidak mengenal kepalsuan hadits tersebut.

Adapun hadits yang dimaksud, lafazhnya sebagai berikut:

* اَلدِّيْنُ هُوَ الْعَقْلُ, وَمَنْ لاَدِيْنَ لَهُ لاَ عَقْلَ لَهُ *

* “Agama adalah akal pikiran, Barangsiapa yang tidak ada agamanya, maka
tidak ada akal pikirannya”.* [HR. An-Nasa`iy dalam *Al-Kuna* dari jalurnya
Ad-Daulabiy dalam *Al-Kuna wa Al-Asma’* (2/104) dari *Abu Malik Bisyr bin
Ghalib* dan Az-Zuhri dari Majma’ bin Jariyah dari pamannya]

Hadits ini adalah hadits lemah yang batil karena ada rawinya yang majhul,
yaitu Bisyr bin Gholib. Bahkan Ibnu Qayyim -rahimahullah- berkata
dalam *Al-Manar
Al-Munif* (hal. 25), *“Hadits yang berbicara tentang akal seluruhnya palsu”.
*

Oleh karena itu Syaikh Al-Albaniy berkata, *“Diantara hal yang perlu
diingatkan bahwa semua hadits yang datang menyebutkan keutamaan akal adalah
tidak shahih sedikit pun. Hadits-hadits tersebut berkisar antara lemah dan
palsu. Sungguh aku telah memeriksa, diantaranya hadits yang dibawakan oleh
Abu Bakr Ibnu Abid Dunya dalam kitabnya Al-Aql wa Fadhluh, maka aku
menemukannya sebagaimana yang telah aku utarakan, tidak ada yang shahih sama
sekali”. *[Lihat *Adh-Dhi’ifah* (1/54)]

--
Abu 'Abdirrahman, Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)