Assalamualaikum,

Pak Reflus yang baik,

Saya ingin cerita sedikit pengalaman saya , sebagai berikut :
1. Seorang mahasiswa BINUS jurusan komunikasi visual datang pada saya mau buat
tugas akhir yang berjudul sejarah Masakan Padang. Saya protes " Anda kok
mengutip tulisan saya Riwayat Masakan Minang". Saya katakan saya akan
membukukan artikel itu.
Akhirnya saya membuat kesepakatan dengannya

2. Ternyata dia mengulas manajemen RM Padang itu dan membandingkan dengan
outlet restoran Siap saji dari seluruh dunia. Kesimpulannya hampir sama dengan
Anda simpulkan. Dengan tambahan, bahwa :
-  RM Padang punya 20 rb outlet di Indonesia saja sedang di seluruh dunia KFC 4
rb, M' d 3 rb , PH 2 rb

3. Saya tanya kepada mahasiswa ini.  menurut kamu apa yang membuat kamu
tertarik membuat tugas akhir yang telah mendahului saya untuk mengulas lebih
lanjut tentang masakan minang. Katanya, dari sisi sejarah, manajemen dan citera
dan rasanya yang di visualkan.

Akhirnya saya katakan padanya bahwa :
- RM padang displaynya jelas dan datang bersamaan saat anda duduk di kursi.
- sedikit berbohong waktu itu, saya katakan bahwa tata cara penghidangannya
akan masuk pada sekolah perhotelan di Zurich. Seperti penataan dimeja dan
membawa piring oleh pelayan.
- lagi lagi waktu itu saya berbohong, saya katakan bahwa  rendang akan diakui
jadi menu terlezat didunia, karena Rendang itu ada falsafahnya.
Alhamdulillah mahasiswa Binus itu akhirnya mendapat nilai A.

Jadi, citera rasa, manajemen, rumah makan kita sudah baik. Yang belum adalah
pakuak mamakuak yang terjadi. Dan itu terjadi bisa di rantau dan di kampuang
awak. Maaf ini pengalaman..

Dalam forum ini saya menawarkan inovasi teknologi, apakah ada yang mau jadi
investor jika Rendang yang sudah diakui dunia itu dikemas dan dipasarkan ke
luar melalui teknologi iradiasi. Sehingga bisa tahan hingga satu tahun lebih..
Jika ada yang berminat mari kita gagas,Jangan sampai keduluan orang lain.

Lebih dan kurangnya mohon maaf.
Demikian dan terima kasih

Wassalam,

Evy Nizhamul,