TAHUN !(^)AN President Soekarno ingin manjadikan Sabang sebagai Freeport
sebagai tandingan Penang dan Singapore yang dianggap project Nekolim yangharus
diganyang. Sejak itu apalagi sepeninggal Soekarno berita-berita Sabang seperti
hilang saja dan project itu seperti ditungkublakakangkan saja. Bagaimana Status
Saang Sekarang?

Augustus 1965 dalam pelayara sesudah keliling Nias MakNgah sempat mencapa
Sabang melintasi Epicener tsunaami terkenal kemudian. Rasanya di epicener itu
MakNgah mual dan muntah sesudah naik ketingkat yang tinggi di Kapal dan kalalya
oyang sekali.

Keadaan di Sabant meneurut impressi MakNgah ketika itu memang pnya harapan
baik. Pemandangan menakjubkan di satu puncak Bukit tetap teringat sekaang.
Daerah peraiana di sebaleh Utara Sabang seperti Jalan Raya (Highway)
internasilnal dari kapal-kapal yang keluar masuk dari Selat Melaka. Hamoir
setiap menikkapal-kalap besa dengan lampau-lampu di Laut berderet-deret di
peraian itu.

Desember 1989 MakNgah sempat lagi melalui perairan Sabang antara Sabang dengan
Banda Aceh ketika Ocean Pear Cruise melintas di sana dari Singapore, Port
Klang, Penang, Phuket, menuju Sibolga, Teluk Dalam dan Teluk Bayur, terus ke
Jakarta, Semarang dan Dadang Bae,Bali. Semua itu mengikngatkan kembali kenangan
ke masa lalu 1965 (kunjungan ke puncak bukit di Sabang) dan masa dekat 2004
(Tsunami) karena dalam pelayaran ke Selatan itu Makngah pun melalui epicenter
itu kembali.

Tolong tambah cerita dari Sabang.

Salam,
--MakNgah