From: hyvn...@yahoo.com
Sent: Saturday, October 15, 2011 6:56 AM
To: milis rang minang
Subject: Re: [R@ntau-Net] MOCHTAR NAIM. NAK DUO PANTUN SAIRIANG. Mohon SARAN
tentang kearifan Bundokanduang

Assalamualaikum, wr.wb

Pak Arbi nan ambo hormati...,

He..he. Iyo tagalak ambo soal disabuik "bijak". Ini rahasia maso lalu ambo mah
pak. Sebagai anak ketek dulu ambo iyo marabo diimbau si bijak, karena itu gala
ambo waktu ketek. Panggilan kakak2 ka adiak bungsunya...si bijak.. Maaf ini
hanya selingan yo pak...

Nah..kalau yang dimaksud ke arifan minangkabau, tentu bukan posisi ambo yang
mengupas. Banyak dusanak kita baik yang senior maupun yunior yang mampu
mendiskusikan. Meskipun ambo bisa mengatakan bahwa kearifan Minangkabau itu ada
di ABSSBK ... Pedomannya sudah ada. Ambopun sudah memberi saran koreksinya
sebanyak 16 butir, yaitu bagaimana menselaraskan Hukum Keluarga menurut Islam
didalam adat Minangkabau. Lantas kala itu orang bertanya, apa sih kompetensi
penyusun draft yaitu Pak Saaf dkk, termasuk saya yang memberi masukan membuat
pedoman ABS SBK. Yang dianggap tidak pantas karena dinilai menggurui warga
Minangkabau. Harusnya para cendekiawan diRANAH MINANG dong... Itulah yang
terjadi. Dengan adanya penolakan berapa juta KKM 2010 yang berubah jadi SKM..

Inilah realita minangkabau pak... Kala itu, Saya hanya warga biasa tidak ada
sangkut paut dengan Gebu Minang. Saya bukan siapa siapa dan tidak menjadi apa
apa...
Tapi Alhamdulillah gagasan itu sudah di gulirkan dan sudah bisa di pedomani.
Harapan kita kedepan, pedoman ABS SBK dapat berlaku secara efektif. Tinggal
masyarakat mau pakai atau tidak. Karena itu semua bukan produk perundang
undangan.

Karena PADUSI adalan central dari budaya Minang - Limpapeh, maka kearifan itu
harusnya datang dari kaum perempuannya.. MEMILIH YANG TERBAIK DIANTARA YANG
BAIK..
Ini idealis memang..yang mungkin tidak mudah dilaksanakan, namun perlu dukungan
oleh anggota keluarganya.. Bagaimana anak dan suami ditangan kanan dan
pekerjaan ditangan kiri.
Semua itu berkat dukungan junjungan saya yang meminta agar saya tetap berada
dalam posisi sebagai rumah tangga..
Alhamdulillah saya sudah melewati semua, kapan saya berkarir kemudian lengser
kemudian berkarir kemudian akan lengser lagi.
Kalau perlu saatnya sekarang saya berambisi jadi KADA atau jabatan yang mampu
pula diemban perempuan .
Jika ada dukunga. Kenapa tidak.. Ternyata Tidak sekedar dukungan tetapi
PITIes....pandorong ini nan barek ...ini kenyataannya.

Demikianlah. Inilah perbincangan kita pagi ini ya pak...

Moho maaf jika ada kalimat yang kurang berkenan..ya

Wassalam,

Evy Nizhamul