Maaf, Phi. Agak talambek mambari panarangan.
Saharusnyo, baitu ambo tadi mampalewakan e-mail di bawah sakalian dilampirkan
beritanyo. Tapi...., karano awak buru-2 ka maantaan anak ka kampusnyo di
U-Yarsi, talupo jadinyo. Dan 'kamanakanmbo' dari Lintaubuo mamintak pambuktian.
Salam.....................,
mm***

Senin,
PEROMBAKAN KABINET
Jumlah Wakil Menteri Bertambah Lagi
Jakarta,Kompas - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu (16/10), mengangkat
tiga wakil menteri baru untuk membantu Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia,
Menteri Agama, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Staf Khusus
Presiden
Bidang Hukum dan Pemberantasan Korupsi Denny Indrayana ditunjuk
Yudhoyono menjadi Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Sampai semalam,
jumlah wakil menteri yang ditunjuk mencapai 19 orang dengan catatan Wakil
Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal tidak lagi menduduki
jabatannya. Sementara Wiendu Nuryanti, Sabtu malam, ditunjuk sebagai
Wakil Menteri Pendidikan Nasional.
Penunjukan wakil menteri terus menuai kritik dari berbagai pihak.

”Presiden ingin, dalam tiga tahun tersisa pemerintahannya, kita melakukan
sprint
untuk penegakan hukum dan keadilan serta hak asasi manusia,” kata Denny,
kemarin, dalam jumpa pers di halaman Istana Negara, Jakarta.
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Nasaruddin Umar
dan anggota Dewan Energi Nasional, Widjajono Partowidagdo, juga hadir
dalam jumpa pers. Widjajono, profesor perminyakan Institut Teknologi
Bandung, diangkat sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral,
sedangkan Nasaruddin, profesor di Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah, dijadikan Wakil Menteri Agama.
Dalam jumpa pers,
Nasaruddin menceritakan, dia sedang bertugas ke Amerika Serikat dan Iran ketika
dipanggil pulang untuk diminta menjadi Wakil Menteri Agama.
”Saya diminta Presiden untuk menciptakan suasana damai (dalam kehidupan
beragama) dan persoalan-persoalan yang sering muncul akan kita
eliminasi,” ucapnya.
Widjajono menuturkan, ia diminta membantu meningkatkan lifting minyak di
Indonesia, selain mengatasi persoalan-persoalan terkait gas dan kelistrikan.
Seusai mengikuti upacara kenegaraan menyambut Yang Dipertuan Agong XIII
Malaysia di Istana Merdeka, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta
Rajasa menegaskan, wakil menteri bukan anggota kabinet.
”Kalau
dikatakan ada pembengkakan kabinet, itu tidak benar sama sekali karena
wakil menteri bukan anggota kabinet. Kalau dikatakan terjadi
pembengkakan anggaran, juga tidak betul karena para wakil menteri
merupakan PNS (pegawai negeri sipil) dan memang mendapat gaji yang
besarnya sama dengan pejabat eselon I. Hanya pekerjaannya yang nanti
diatur bersama para menteri,” ujarnya.
Menteri Kebudayaan dan
Pariwisata Jero Wacik mengatakan, tak ada alasan bagi kementerian tidak
bisa mengikuti rapat-rapat di DPR atau sidang kabinet secara bersamaan.
Salah satu kegiatan dapat dihadiri oleh menteri, sedangkan acara lain
diikuti wakil menteri.
Pada awal pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu II, dua tahun silam, Presiden
mengangkat 10 wakil menteri.
Mantan Ketua Panitia Khusus RUU Kementerian Negara Agun Gunandjar Sudarsa
menilai perombakan kabinet kali ini makin menjauh dari filosofi yang
mendasari penyusunan RUU Kementerian Negara. Niat membentuk pemerintahan dengan
manajemen modern yang miskin struktur dan kaya fungsi sulit
dipenuhi dengan pengisian posisi seperti saat ini.
Saat dihubungi, Minggu petang, Agun menyebutkan, jumlah wakil menteri memang
tidak
dibatasi, tetapi analisis beban kerja semestinya menjadi acuan. Jabatan
wakil menteri juga diisi pejabat karier. ”Pejabat karier itu yang salah
diimplementasikan. Mestinya orang dalam, diambil dari kementerian
bersangkutan, bukan PNS yang diambil dari mana-mana,” kata Agun.
Pengamat politik J Kristiadi, Minggu, di Jakarta mengatakan, semua kehebohan
pemanggilan wakil menteri hanyalah dramatisasi yang pada Senin malam
akan menjadi antiklimaks belaka.(ATO/DIK)