Dear all, komunikasi dalam Rantau Net ini sudah diatur oleh seperangkat kode
etik yang disebut sebagai 'adat salingka palanta', yang dapat dibaca pada
bagian akhir dari setiap thread yang di- posting. Salah satu norma yang
tercantum dalam kode etik ini adalah larangan untuk menyerang nama baik orang
lain. Adalah jelas, bahwa jika larangan ini tidak ada, atau dilanggar, maka
suasana komunikasi di Rantau Net ini menjadi sangat tidak nyaman.

Yang kita inginkan bersama adalah berlanjutnya peran Rantau Net ini sebagai
forum komunikasi yang menyenangkan untuk bertukarfikiran mengenai demikian
banyak masalah keminangkabauan yang menjadi perhatian kita bersama.

Berhubung oleh karena tidak ada moderator dalam Rantau Net ini, diharapkan
setiap peserta Rantau Net ini dapat mengendalikan diri sendiri ( 'self
restraint'), walau tentu tetap terbuka peluang untuk pemberian sanksi terhadap
peserta yang melanggarnya.

Sehubungan dengan kasus ketersinggungan ini terjadi menjelang Hari Raya Haji,
dan berhubungan dengan peserta senior dari Rantau Net, saya harapkan ada
kesediaan untuk berlapang dada dengan saling maaf-memaafkan.

Semoga Allah swt selalu menunjuki kita jalan yang benar. Amin.

Wassalam,
SB.

Sent from my iPad