From: imam rahman <orny_...@yahoo.com>
Subject: Re: [SBI-InFo] mimpikah?
To: sbi-info@yahoogroups.com
Date: Sunday, October 25, 2009, 8:41 AM

                  Salam

Tentu sangat bisa, Pak. Kalau di dunia kepecintaalaman ada 2 kegiatan yang bisa
dicontoh, Gladian & TWKM (Temu Wicara Kenal Medan). Gladian cakupan pesertanya
lebih luas dibanding TWKM yang hanya untuk organisasi pecinta alam tingkat
universitas. Tapi, biar begitu keduanya berlevel nasional & melibatkan buanyak
peserta. Misinya, selain jadi ajang bertemu penggiat alam terbuka se-Indonesia,
di sana juga jadi ajang belajar & berlatih (sesuai bidang kepecintaalaman yang
digeluti), juga ada agenda untuk membicarakan satu topik. Kepanitian ditunjuk
berdasar propinsi.

Kalau melihat dari jumlah klub pengamat burung yang ada di Indonesia saat ini,
saya pikir itu pun bisa dilakukan oleh kita. Mungkin yang paling siap (dilihat
dari banyaknya pemerhati & pengamat di suatu propinsi), kandidat pelaksana
masih di seputaran Jawa, misalnya
 Jawa Barat (dengan komposisi paling lengkap, dari adanya lembaga selevel LIPI,
IdOU, LSM lokal maupun internasional, hingga klub kampus).

Semarang, atau Jawa Tengah pada umumnya, saya pikir juga punya kans yang kuat
untuk jadi pelaksana. Adanya PPBI (Pertemuan Pengamat Burung Indonesia) yang
diinisiasi oleh teman-teman Semarang pada 2007 lalu membuktikan itu. Meski pada
pelaksanaannya, tajuk "se-Indonesia" belum menjamin hadirnya seluruh perwakilan
pengamat burung dari Sabang sampai Merauke.

Salam

Imam T