From: Kang Bas <bask...@yahoo.com>
Subject: [SBI-InFo] Flamingo di KRB [2 Attachments]
To: "Milist SBI" <SBI-info@yahoogroups.com>
Date: Wednesday, June 2, 2010, 9:28 PM

        [Attachment(s) from Kang Bas included below]

      Salam

Saat menyortir koleksi arsip foto kuno, saya menemukan foto tahun 1940,
mengenai Flamingo (Phoenicopterus sp) di KRB.

Cukup menarik, karena saya belum pernah menemukan cerita atau catatan adanya
Flamingo di Indonesia. Apakah ada yang punya info lebih lanjut mengenai
keberadaan Flamingo di KRB ini? Jika ini individu captive, ya pertanyaan
selesai, tidak beda dengan fauna "aneh-aneh" di TSI.

Namun jika individu ini liar, kok tidak pernah terungkap? Bahkan dalam
list-list burung Indonesia sejauh ini belum pernah ada.

Sayang fotonya hitam putih, agak sudah mengetahui jenisnya. Namun kemungkinan
ini jenis Phoenicopterus ruber yang cukup tersebar luas di Asia Selatan. Ada
satu catatan jenis ini pernah sampai di Kepulauan Cocos, selatan Indonesia.
Dengar rumor juga, ada catatan tak
 terpublikasi mengenai Flamingo di Jawa Timur...

Apakah misteri foto ini akan sama jawabannya dengan Angsa Kanada, Branta
canadensis yang saya potret di Gembira Loka? Ternyata cuma peliharaan.. .. ??

KB

Kirim email ke