[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-17 Terurut Topik iie_siang
Ternyata Clear and simple jawabannya...


saya juga sering menyatakan begini..

ada sebuah koran dimana halaman pertama berisi ttg kebudayaan arab dan segala 
urusannya(ipoleksosbud)dan ada sedikit2 bahasa arabnya 
di halaman kedua bertuliskan budaya barat dan segala urusannya dan ada sdkt2 
bhs inggrisnya
smntr di hal ke3 bertuliskan budaya china dan juga dng sgl urusannya dan juga 
dng bhs2 chinesse
kalau ada 3 orang dng agama moslem, xten, fojiao/tao/konghucu.. membaca koran 
tsb, tertarik di halaman manakah mereka?

agama senantiasa membawa budaya untuk penyebarannya.. dan itu dilakukan secara 
evolusi..berpuluh2 tahun bahkan beratus2 tahun.. sehingga menyatu.. bukan 
dengan "revolusi"

--- In budaya_tiong...@.com, "ikkyosensei_ym"  wrote:

> yach... kejawab dah :)
> 
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "younginheart5000"  wrote:
> 
> > Kayaknya gampang dijawab.
> > 
> > Yang datang ke kelenteng, merayakan Imlek, Cap Go atau apapun, apakah dia 
> > di Tiongkok, Singapura, New York, Kuala Lumpur. Indonesia, merayakan budaya 
> > dan agama Tionghoa (agama berasal dari Tiongkok).
>
> > Yang datang ke gereja rayakan Natal atau Paskah dimanapun, merayakan budaya 
> > dan ritus Kristiani, siapapun dia, orang Tionghoa, Arab, bule, India..
> > 
> > Yang datang ke mesjid merayakan Idul Fitri atau Idul Adha, dimanapun, 
> > merayakan suatu ritus Muslim, apakah dia Tionghoa, Jawa, Batak, Arab, 
> > India..
> > 
> > 
> > Kita teruskan:
> > 
> > yang datang ke synagoga
> > yang datang ke kuil Hindu
> > yang datang ke Pura di Bali
> > 
> > 
> > merayakan ritus ritus yang terkait, siapapun mereka..
> > 
> > 
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ikkyosensei_ym"  
> > wrote:
> > >
> > > Untuk tes wawasan bersejarah dan kecerdasan berdeduksi anda, Buds.
> > > Bagaimana memisahkan budaya Arab dan Ramadhan?
> > > Bagaimana memisahkan budaya Arab dan Islam?
> > > Bagaimana memisahkan budaya China dan Imlek?
> > > Bagaimana memisahkan budaya Tionghoa dan Konghucu atau Tao?
> > > 
> > > Kalau ada bisa menjawab 4 pertanyaan saya di atas, maka kedua pertanyaan 
> > > anda juga sudah terjawab oleh anda sendiri.
> > > 
> > > Btw, kenapa tidak anda sekalian jawab saja dari kemarin pertanyaan2 saya?
> > > 
> > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, BUD'S 1  wrote:
> > > >
> > > > Sebelum saya menaggapi ente, saya mau tau dulu Menurut Ente Perayaan 
> > > > Imlek itu adalah perayaan Agama atau perayaan Kebudayaan Tionghua. ???
> > > > 
> > > > Disamping itu saya kutip tulisan ente " Dear Djoko: Jadi saran anda 
> > > > bagaimana, untuk menghentikan pelecehan budaya/agama  Tionghoa mingguan 
> > > > di gereja kristen ini? " ( Aslinya bisa dilihat dibawah ) Pertanyaan 
> > > > saya : Ente mau bicara Pelecehan Budaya atau Agama atau Budaya Plus 
> > > > Agama ?? Tolong Pertegas.
> > > > 
> > > > Salam
> > > > 
> > > > ikkyosensei_ym wrote:
> > > > >  
> > > > >
> > > > > Wah, saya masih bingung, koh.
> > > > >
> > > > > Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di 
> > > > > vihara 
> > > > > atau masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda 
> > > > > memahami istilah "penghinaan" seperti itu yach?
> > > > >
> > > > > Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang 
> > > > > ajar" tersebut.
> > > > > Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal 
> > > > > adalah memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan 
> > > > > memang itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > > > > Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan 
> > > > > orang muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, 
> > > > > tanpa mengerti simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, 
> > > > > sekali lagi, itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > > > >
> > > > > Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. 
> > > > > Benarkan?
> > > > >
> > > > > Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan 
> > > > > di 
> > > > > vihara Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih 
> > > > > ikut perayaan imlek di sana loh, koh.
> > > > >
> > > > > Salam,
> > > > >
> > > > > Chen Gui Xin
> > > > >
> > > > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> > > > > , "BUD'S 1"  
> > > > > wrote:
> > > > > >
> > > > > > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang Selain 
> > > > > > Agama
> > > > > > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK 
> > > > > > segala
> > > > > > lagi.
> > > > > >
> > > > > > Salam,
> > > > > > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
> > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > Garuk-garuk kepala.
> > > > > > > Maaf, saya tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kaitan komentar 
> > > > > > > anda
> > > > > > > dengan tema/tujuan posting ini.
> > > > > > >
> > > > > > > Btw, saya kira, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk tahu 
> > > > > >

[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-17 Terurut Topik ikkyosensei_ym
Iya, bener. Salah satunya GKJMB tempat anak saya sekolah minggu. Sangat ramah 
mrk dg budaya Tionghoa.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, jackson_ya...@... wrote:
>
> Ga semua gereja kok yg menyerang budaya china. Katolik dan kristen non 
> kharismatik tidak seperti itu. 
> 
> Tidak jauh dari cinteyen (vihara dharma bakti) di petak 9 ada gereja katolik 
> yang bangunan nya dan dalamnya seperti klenteng
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung 
> Teruuusss...!
> 
> -Original Message-
> From: "joao_kho" 
> Date: Wed, 16 Dec 2009 03:02:54 
> To: 
> Subject: [budaya_tionghua] Re: Penghinaan
> 
> Benar sekali, sepegetahuan saya, Vihara Ekayana Graha merupakan Pusat 
> Budhayana, yang mana pembicara/ceramah bisa dari berbagai aliran Buddha. Nah 
> untuk masalah pernyataan vihara buddhis yang dulunya punya desas-desus atau 
> himbauan bagi umatnya supaya tidak merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di 
> lingkungan vihara, memang pernah ada beritanya dimilis/email, kalo ga salah 
> adalah Vihara Dhammacakka di Sunter yang beraliran Theravada. CMIIW
> 
> Masalahnya berita ini benar atau hanya kabar angin tidak jelas. Cuma pernah 
> bahas dibeberapa milis agama. Yang mana mengatakan Gereja Khatolik aja oleh 
> yang pembimbing nya seorang Pastor aja mengajak umatnya yang mayoritas orang 
> Tionghua untuk merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di Gereja, karena 
> menganggap itu adalah kekayaan dan menjaga kelestarian buddaya suatu etnis.
> 
> Bukan hanya perayaan Tahun Baru Imlek, dimana daerah ada etnis mayoritas 
> digereja katolik selalu membuat acara-acara budaya setempat. Saya rasa itu 
> justru menyegarkan dan membina kebersamaan dan kerukunan sesama.
> 
> Jadi kalo ada Vihara Buddha yg pernah melakukan himbauan untuk tidak 
> merayakan Tahun Baru Imlek atau acara budaya lain yg belon tentu adalah 
> budaya dari negeri asalnya yaitu dari India. Itu justru harus dipertimbangkan 
> kembali oleh lembaga maupun segenap Pembinanya di Vihara tersebut.
> 
> Karena agama adalah kepercayaan, Budaya adalah budaya, dan boleh dikatakan 
> agama adalah bagian/sub dari suatu Budaya. Jika dgn agama untuk menghapus 
> budaya umatnya/identitas umatnya. Saya rasa sangat tidak cocok dgn program 
> pemerintah untuk melestarikan dan menonjolkan kekayaan budaya di Negeri 
> tercinta ini.
> 
> Dimana kita ketahui dengan jelas Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal 
> Ika. Terima kasih.
> 
> JK  
> 
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "east_road"  wrote:
> >
> > vihara ekayana graha itu bukan mahayana tapi Aliran Budhayana anda harus 
> > bedakan itu, vihara ekayana graha tidak memandang sekte aliran Buddha, 
> > dalam satu vihara bisa banyak aliran. Anda salah paham soal itu.
> > 
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ikkyosensei_ym"  
> > wrote:
> > >
> > > Wah, saya masih bingung, koh.
> > > 
> > > Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di vihara 
> > > atau masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda memahami 
> > > istilah "penghinaan" seperti itu yach?
> > > 
> > > Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang 
> > > ajar" tersebut. 
> > > Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal adalah 
> > > memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan memang 
> > > itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > > Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan 
> > > orang muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, tanpa 
> > > mengerti simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, sekali 
> > > lagi, itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > > 
> > > Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. Benarkan?
> > > 
> > > Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan di 
> > > vihara Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih ikut 
> > > perayaan imlek di sana loh, koh.
> > > 
> > > Salam,
> > > 
> > > Chen Gui Xin
> > > 
> > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "BUD'S 1"  wrote:
> > > >
> > > > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang  Selain Agama
> > > > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK segala
> > > > lagi.
> > > > 
> > > > Salam,
> > > > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
&g

[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-17 Terurut Topik ikkyosensei_ym

Hoaemm nguantuk.. susah membedakan antara materi yang diperdebatkan dengan 
karakter pribadi.



[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-17 Terurut Topik ikkyosensei_ym
Ardian,
Jiakakak, very funny very funny... mau ngerayain mau nggak bukan urusan saya. 
Asal jangan bilang setan2 sedang meeting kepada yang merayakan saja, ntar yg 
mencak2 byk bukan cuman saya saja... ha ha ha

Salam,

Chen Gui Xin

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ardian_c"  wrote:
>
> ko Buds, buktinye itu ada satu vihara gak ngerayain imlek kok 
> hehehehehehehehehe.
> Malah ngerayain valentine tuh, en imleknya gak dirayain.
> 
> so mestinye si CGX jg mencak2 ya kesana hehehehehehe
>




[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-17 Terurut Topik ikkyosensei_ym
yach... kejawab dah :)

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "younginheart5000"  wrote:
>
> Kayaknya gampang dijawab.
> 
> Yang datang ke kelenteng, merayakan Imlek, Cap Go atau apapun, apakah dia di 
> Tiongkok, Singapura, New York, Kuala Lumpur. Indonesia, merayakan budaya dan 
> agama Tionghoa (agama berasal dari Tiongkok).
> 
> Yang datang ke gereja rayakan Natal atau Paskah dimanapun, merayakan budaya 
> dan ritus Kristiani, siapapun dia, orang Tionghoa, Arab, bule, India..
> 
> Yang datang ke mesjid merayakan Idul Fitri atau Idul Adha, dimanapun, 
> merayakan suatu ritus Muslim, apakah dia Tionghoa, Jawa, Batak, Arab, India..
> 
> 
> Kita teruskan:
> 
> yang datang ke synagoga
> yang datang ke kuil Hindu
> yang datang ke Pura di Bali
> 
> 
> merayakan ritus ritus yang terkait, siapapun mereka..
> 
> 
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ikkyosensei_ym"  wrote:
> >
> > Untuk tes wawasan bersejarah dan kecerdasan berdeduksi anda, Buds.
> > Bagaimana memisahkan budaya Arab dan Ramadhan?
> > Bagaimana memisahkan budaya Arab dan Islam?
> > Bagaimana memisahkan budaya China dan Imlek?
> > Bagaimana memisahkan budaya Tionghoa dan Konghucu atau Tao?
> > 
> > Kalau ada bisa menjawab 4 pertanyaan saya di atas, maka kedua pertanyaan 
> > anda juga sudah terjawab oleh anda sendiri.
> > 
> > Btw, kenapa tidak anda sekalian jawab saja dari kemarin pertanyaan2 saya?
> > 
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, BUD'S 1  wrote:
> > >
> > > Sebelum saya menaggapi ente, saya mau tau dulu Menurut Ente Perayaan 
> > > Imlek itu adalah perayaan Agama atau perayaan Kebudayaan Tionghua. ???
> > > 
> > > Disamping itu saya kutip tulisan ente " Dear Djoko: Jadi saran anda 
> > > bagaimana, untuk menghentikan pelecehan budaya/agama  Tionghoa mingguan 
> > > di gereja kristen ini? " ( Aslinya bisa dilihat dibawah ) Pertanyaan 
> > > saya : Ente mau bicara Pelecehan Budaya atau Agama atau Budaya Plus 
> > > Agama ?? Tolong Pertegas.
> > > 
> > > Salam
> > > 
> > > ikkyosensei_ym wrote:
> > > >  
> > > >
> > > > Wah, saya masih bingung, koh.
> > > >
> > > > Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di vihara 
> > > > atau masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda 
> > > > memahami istilah "penghinaan" seperti itu yach?
> > > >
> > > > Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang 
> > > > ajar" tersebut.
> > > > Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal 
> > > > adalah memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan 
> > > > memang itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > > > Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan 
> > > > orang muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, 
> > > > tanpa mengerti simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, 
> > > > sekali lagi, itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > > >
> > > > Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. 
> > > > Benarkan?
> > > >
> > > > Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan di 
> > > > vihara Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih 
> > > > ikut perayaan imlek di sana loh, koh.
> > > >
> > > > Salam,
> > > >
> > > > Chen Gui Xin
> > > >
> > > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> > > > , "BUD'S 1"  
> > > > wrote:
> > > > >
> > > > > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang Selain Agama
> > > > > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK 
> > > > > segala
> > > > > lagi.
> > > > >
> > > > > Salam,
> > > > > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
> > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > Garuk-garuk kepala.
> > > > > > Maaf, saya tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kaitan komentar 
> > > > > > anda
> > > > > > dengan tema/tujuan posting ini.
> > > > > >
> > > > > > Btw, saya kira, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk tahu 
> > > > > > bahwa
> > > > > > Imlek tidak ada kaitannya dengan agama Buddha, serta Toa Pe Kong 
> > > > bukanlah
> > > > > > sesembahan dalam agama Buddha.
> > > > > > Dan itu membuktikan apa? Bahwa budaya Tionghoa boleh dilecehkan? 
> > > > Ataukah
> > > > > > menurut anda, Hartati Murdaya sedang melecehkan budaya Tionghoa?
> > > > > > Saya juga bingung dengan klaim anda, benarkah perayaan Imlek tidak
> > > > > > dirayakan di Vihara Mahayana? Benarkah di Vihara Mahayana tidak 
> > > > pernah ada
> > > > > > pertunjukan barongsai?
> > > > > >
> > > > > > Mohon petunjuk yang lebih cerdas dan sederhana. Sekali lagi, 
> > > > garuk-garuk
> > > > > > kepala.
> > > > > >
> > > > > > Salam,
> > > > > >
> > > > > > Chen Gui Xin
> > > > > >
> > > > > > kaitan komentar anda dengan
> > > > > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> > > >  
> > > > ,
> > > > > > BUD'S 1  wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > He he he, Ente cuma taunya ngerocos doang, Apa yang dikataka

[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-17 Terurut Topik ikkyosensei_ym
Ya, benar/tepat sekali suk KH.
Terima kasih, saya jadi menemukan kalimat yang lebih tepat untuk menyampaikan 
maksud saya.

Salam,

Chen Gui Xin

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, King Hian  wrote:
>
> Vihara itu kan "dulu" di bawah kekuasaan Walubi SHM.
> Krn itu mereka tdk merayakan tahun baru imlek.
> Sekarang mereka "sudah" lepas dari Walubi SHM, dan "kembali" merayakan tahun 
> baru imlek.
> 
> Yang diserang oleh CGX adalah oknum yang menghujat budaya Tionghoa.
> Tdk merayakan tahun baru imlek, bukan berarti menghujat budaya Tionghoa kan?
> Ini pendapat saya, tapi biar sdr CGX yang menjawabnya.
> 
> 
> kiongchiu,
> KH
> 
> 
> 
> 
> 
> From: ardian_c 
> To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> Sent: Thu, December 17, 2009 8:49:04 AM
> Subject: [budaya_tionghua] Re: Penghinaan
> 
>   
> ko Buds, buktinye itu ada satu vihara gak ngerayain imlek kok 
> hehehehehehehehehe.
> Malah ngerayain valentine tuh, en imleknya gak dirayain.
> 
> so mestinye si CGX jg mencak2 ya kesana hehehehehehe
>




Re: [budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-16 Terurut Topik King Hian
Vihara itu kan "dulu" di bawah kekuasaan Walubi SHM.
Krn itu mereka tdk merayakan tahun baru imlek.
Sekarang mereka "sudah" lepas dari Walubi SHM, dan "kembali" merayakan tahun 
baru imlek.

Yang diserang oleh CGX adalah oknum yang menghujat budaya Tionghoa.
Tdk merayakan tahun baru imlek, bukan berarti menghujat budaya Tionghoa kan?
Ini pendapat saya, tapi biar sdr CGX yang menjawabnya.


kiongchiu,
KH





From: ardian_c 
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Thu, December 17, 2009 8:49:04 AM
Subject: [budaya_tionghua] Re: Penghinaan

  
ko Buds, buktinye itu ada satu vihara gak ngerayain imlek kok 
hehehehehehehehehe.
Malah ngerayain valentine tuh, en imleknya gak dirayain.

so mestinye si CGX jg mencak2 ya kesana hehehehehehe


 


  

[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-16 Terurut Topik ardian_c
ko Buds, buktinye itu ada satu vihara gak ngerayain imlek kok 
hehehehehehehehehe.
Malah ngerayain valentine tuh, en imleknya gak dirayain.

so mestinye si CGX jg mencak2 ya kesana hehehehehehe





[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-16 Terurut Topik younginheart5000
Kayaknya gampang dijawab.

Yang datang ke kelenteng, merayakan Imlek, Cap Go atau apapun, apakah dia di 
Tiongkok, Singapura, New York, Kuala Lumpur. Indonesia, merayakan budaya dan 
agama Tionghoa (agama berasal dari Tiongkok).

Yang datang ke gereja rayakan Natal atau Paskah dimanapun, merayakan budaya dan 
ritus Kristiani, siapapun dia, orang Tionghoa, Arab, bule, India..

Yang datang ke mesjid merayakan Idul Fitri atau Idul Adha, dimanapun, merayakan 
suatu ritus Muslim, apakah dia Tionghoa, Jawa, Batak, Arab, India..


Kita teruskan:

yang datang ke synagoga
yang datang ke kuil Hindu
yang datang ke Pura di Bali


merayakan ritus ritus yang terkait, siapapun mereka..


--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ikkyosensei_ym"  
wrote:
>
> Untuk tes wawasan bersejarah dan kecerdasan berdeduksi anda, Buds.
> Bagaimana memisahkan budaya Arab dan Ramadhan?
> Bagaimana memisahkan budaya Arab dan Islam?
> Bagaimana memisahkan budaya China dan Imlek?
> Bagaimana memisahkan budaya Tionghoa dan Konghucu atau Tao?
> 
> Kalau ada bisa menjawab 4 pertanyaan saya di atas, maka kedua pertanyaan anda 
> juga sudah terjawab oleh anda sendiri.
> 
> Btw, kenapa tidak anda sekalian jawab saja dari kemarin pertanyaan2 saya?
> 
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, BUD'S 1  wrote:
> >
> > Sebelum saya menaggapi ente, saya mau tau dulu Menurut Ente Perayaan 
> > Imlek itu adalah perayaan Agama atau perayaan Kebudayaan Tionghua. ???
> > 
> > Disamping itu saya kutip tulisan ente " Dear Djoko: Jadi saran anda 
> > bagaimana, untuk menghentikan pelecehan budaya/agama  Tionghoa mingguan 
> > di gereja kristen ini? " ( Aslinya bisa dilihat dibawah ) Pertanyaan 
> > saya : Ente mau bicara Pelecehan Budaya atau Agama atau Budaya Plus 
> > Agama ?? Tolong Pertegas.
> > 
> > Salam
> > 
> > ikkyosensei_ym wrote:
> > >  
> > >
> > > Wah, saya masih bingung, koh.
> > >
> > > Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di vihara 
> > > atau masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda 
> > > memahami istilah "penghinaan" seperti itu yach?
> > >
> > > Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang 
> > > ajar" tersebut.
> > > Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal 
> > > adalah memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan 
> > > memang itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > > Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan 
> > > orang muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, 
> > > tanpa mengerti simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, 
> > > sekali lagi, itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > >
> > > Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. Benarkan?
> > >
> > > Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan di 
> > > vihara Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih 
> > > ikut perayaan imlek di sana loh, koh.
> > >
> > > Salam,
> > >
> > > Chen Gui Xin
> > >
> > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> > > , "BUD'S 1"  
> > > wrote:
> > > >
> > > > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang Selain Agama
> > > > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK segala
> > > > lagi.
> > > >
> > > > Salam,
> > > > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
> > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > Garuk-garuk kepala.
> > > > > Maaf, saya tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kaitan komentar anda
> > > > > dengan tema/tujuan posting ini.
> > > > >
> > > > > Btw, saya kira, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk tahu bahwa
> > > > > Imlek tidak ada kaitannya dengan agama Buddha, serta Toa Pe Kong 
> > > bukanlah
> > > > > sesembahan dalam agama Buddha.
> > > > > Dan itu membuktikan apa? Bahwa budaya Tionghoa boleh dilecehkan? 
> > > Ataukah
> > > > > menurut anda, Hartati Murdaya sedang melecehkan budaya Tionghoa?
> > > > > Saya juga bingung dengan klaim anda, benarkah perayaan Imlek tidak
> > > > > dirayakan di Vihara Mahayana? Benarkah di Vihara Mahayana tidak 
> > > pernah ada
> > > > > pertunjukan barongsai?
> > > > >
> > > > > Mohon petunjuk yang lebih cerdas dan sederhana. Sekali lagi, 
> > > garuk-garuk
> > > > > kepala.
> > > > >
> > > > > Salam,
> > > > >
> > > > > Chen Gui Xin
> > > > >
> > > > > kaitan komentar anda dengan
> > > > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> > >  
> > > ,
> > > > > BUD'S 1  wrote:
> > > > > >
> > > > > > He he he, Ente cuma taunya ngerocos doang, Apa yang dikatakan 
> > > ABS benar,
> > > > > disalah satu milis posting ente tidak diladeni sama sekali 
> > > sehingga Unsur
> > > > > provokasinya tidak berhasil.
> > > > > > Nih untuk buka mata ente. Apakah ente pernah tau kasus dibawah 
> > > ini ??
> > > > > >
> > > > > > " Walubi melalui Dewan Pimpinan Pusatnya pun ikut-ikutan 
> > > mengeluarkan
> > > > > surat edaran No 07/DPP-WALUBI/KU

[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-16 Terurut Topik ikkyosensei_ym
Untuk tes wawasan bersejarah dan kecerdasan berdeduksi anda, Buds.
Bagaimana memisahkan budaya Arab dan Ramadhan?
Bagaimana memisahkan budaya Arab dan Islam?
Bagaimana memisahkan budaya China dan Imlek?
Bagaimana memisahkan budaya Tionghoa dan Konghucu atau Tao?

Kalau ada bisa menjawab 4 pertanyaan saya di atas, maka kedua pertanyaan anda 
juga sudah terjawab oleh anda sendiri.

Btw, kenapa tidak anda sekalian jawab saja dari kemarin pertanyaan2 saya?

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, BUD'S 1  wrote:
>
> Sebelum saya menaggapi ente, saya mau tau dulu Menurut Ente Perayaan 
> Imlek itu adalah perayaan Agama atau perayaan Kebudayaan Tionghua. ???
> 
> Disamping itu saya kutip tulisan ente " Dear Djoko: Jadi saran anda 
> bagaimana, untuk menghentikan pelecehan budaya/agama  Tionghoa mingguan 
> di gereja kristen ini? " ( Aslinya bisa dilihat dibawah ) Pertanyaan 
> saya : Ente mau bicara Pelecehan Budaya atau Agama atau Budaya Plus 
> Agama ?? Tolong Pertegas.
> 
> Salam
> 
> ikkyosensei_ym wrote:
> >  
> >
> > Wah, saya masih bingung, koh.
> >
> > Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di vihara 
> > atau masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda 
> > memahami istilah "penghinaan" seperti itu yach?
> >
> > Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang 
> > ajar" tersebut.
> > Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal 
> > adalah memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan 
> > memang itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan 
> > orang muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, 
> > tanpa mengerti simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, 
> > sekali lagi, itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> >
> > Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. Benarkan?
> >
> > Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan di 
> > vihara Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih 
> > ikut perayaan imlek di sana loh, koh.
> >
> > Salam,
> >
> > Chen Gui Xin
> >
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> > , "BUD'S 1"  
> > wrote:
> > >
> > > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang Selain Agama
> > > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK segala
> > > lagi.
> > >
> > > Salam,
> > > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
> > >
> > > >
> > > >
> > > > Garuk-garuk kepala.
> > > > Maaf, saya tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kaitan komentar anda
> > > > dengan tema/tujuan posting ini.
> > > >
> > > > Btw, saya kira, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk tahu bahwa
> > > > Imlek tidak ada kaitannya dengan agama Buddha, serta Toa Pe Kong 
> > bukanlah
> > > > sesembahan dalam agama Buddha.
> > > > Dan itu membuktikan apa? Bahwa budaya Tionghoa boleh dilecehkan? 
> > Ataukah
> > > > menurut anda, Hartati Murdaya sedang melecehkan budaya Tionghoa?
> > > > Saya juga bingung dengan klaim anda, benarkah perayaan Imlek tidak
> > > > dirayakan di Vihara Mahayana? Benarkah di Vihara Mahayana tidak 
> > pernah ada
> > > > pertunjukan barongsai?
> > > >
> > > > Mohon petunjuk yang lebih cerdas dan sederhana. Sekali lagi, 
> > garuk-garuk
> > > > kepala.
> > > >
> > > > Salam,
> > > >
> > > > Chen Gui Xin
> > > >
> > > > kaitan komentar anda dengan
> > > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> >  
> > ,
> > > > BUD'S 1  wrote:
> > > > >
> > > > > He he he, Ente cuma taunya ngerocos doang, Apa yang dikatakan 
> > ABS benar,
> > > > disalah satu milis posting ente tidak diladeni sama sekali 
> > sehingga Unsur
> > > > provokasinya tidak berhasil.
> > > > > Nih untuk buka mata ente. Apakah ente pernah tau kasus dibawah 
> > ini ??
> > > > >
> > > > > " Walubi melalui Dewan Pimpinan Pusatnya pun ikut-ikutan 
> > mengeluarkan
> > > > surat edaran No 07/DPP-WALUBI/KU/93, tertanggal 11 Januari 1993
> > > > > menyatakan bahwa Imlek bukanlah merupakan hari raya agama Budha, 
> > sehingga
> > > > Vihara Mahayana tidak boleh merayakan tahun baru Imlek dengan
> > > > > menggotong Toapekong, Barongsai dll. Pada masa itu bisa 
> > dikatakan semua
> > > > fenomena yang mengidap culture shock itu berbondong-bondong menyerang
> > > > Imlek."
> > > > >
> > > > > Ente tau apa yang terjadi di Tahun 2007 ??
> > > > >
> > > > > Mendekati Imlek 2007 kemarin, mengapa Walubi begitu ngototnya ingin
> > > > > mengambil alih perayaan "Imlek Nasional" dari Matakin (Majelis 
> > Tinggi
> > > > > Agama Khonghucu Indonesia)?
> > > > >
> > > > > Padahal:
> > > > > Ketika Surjadi Sudirdja menjadi Gubernur Jakarta dikatakan bahwa 
> > Imlek
> > > > > dilarang dirayakan, Imlek hanya boleh dirayakan di rumah-rumah saja
> > > > > secara tertutup, hal ini pun diperkuat Direktur Urusan Agama 
> > Budha Depag
> > > > > Drs Budi Setyawan yang dida

[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-15 Terurut Topik ikkyosensei_ym
Yup.. benar-benar. Anda benar. Terima kasih telah diingatkan

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "east_road"  wrote:
>
> vihara ekayana graha itu bukan mahayana tapi Aliran Budhayana anda harus 
> bedakan itu, vihara ekayana graha tidak memandang sekte aliran Buddha, dalam 
> satu vihara bisa banyak aliran. Anda salah paham soal itu.
> 
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ikkyosensei_ym"  wrote:
> >
> > Wah, saya masih bingung, koh.
> > 
> > Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di vihara atau 
> > masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda memahami istilah 
> > "penghinaan" seperti itu yach?
> > 
> > Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang ajar" 
> > tersebut. 
> > Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal adalah 
> > memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan memang itulah 
> > yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan orang 
> > muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, tanpa 
> > mengerti simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, sekali lagi, 
> > itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > 
> > Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. Benarkan?
> > 
> > Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan di 
> > vihara Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih ikut 
> > perayaan imlek di sana loh, koh.
> > 
> > Salam,
> > 
> > Chen Gui Xin
> > 
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "BUD'S 1"  wrote:
> > >
> > > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang  Selain Agama
> > > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK segala
> > > lagi.
> > > 
> > > Salam,
> > > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
> > > 
> > > >
> > > >
> > > > Garuk-garuk kepala.
> > > > Maaf, saya tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kaitan komentar anda
> > > > dengan tema/tujuan posting ini.
> > > >
> > > > Btw, saya kira, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk tahu bahwa
> > > > Imlek tidak ada kaitannya dengan agama Buddha, serta Toa Pe Kong 
> > > > bukanlah
> > > > sesembahan dalam agama Buddha.
> > > > Dan itu membuktikan apa? Bahwa budaya Tionghoa boleh dilecehkan? Ataukah
> > > > menurut anda, Hartati Murdaya sedang melecehkan budaya Tionghoa?
> > > > Saya juga bingung dengan klaim anda, benarkah perayaan Imlek tidak
> > > > dirayakan di Vihara Mahayana? Benarkah di Vihara Mahayana tidak pernah 
> > > > ada
> > > > pertunjukan barongsai?
> > > >
> > > > Mohon petunjuk yang lebih cerdas dan sederhana. Sekali lagi, garuk-garuk
> > > > kepala.
> > > >
> > > > Salam,
> > > >
> > > > Chen Gui Xin
> > > >
> > > > kaitan komentar anda dengan
> > > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> > > > ,
> > > > BUD'S 1  wrote:
> > > > >
> > > > > He he he, Ente cuma taunya ngerocos doang, Apa yang dikatakan ABS 
> > > > > benar,
> > > > disalah satu milis posting ente tidak diladeni sama sekali sehingga 
> > > > Unsur
> > > > provokasinya tidak berhasil.
> > > > > Nih untuk buka mata ente. Apakah ente pernah tau kasus dibawah ini ??
> > > > >
> > > > > " Walubi melalui Dewan Pimpinan Pusatnya pun ikut-ikutan mengeluarkan
> > > > surat edaran No 07/DPP-WALUBI/KU/93, tertanggal 11 Januari 1993
> > > > > menyatakan bahwa Imlek bukanlah merupakan hari raya agama Budha, 
> > > > > sehingga
> > > > Vihara Mahayana tidak boleh merayakan tahun baru Imlek dengan
> > > > > menggotong Toapekong, Barongsai dll. Pada masa itu bisa dikatakan 
> > > > > semua
> > > > fenomena yang mengidap culture shock itu berbondong-bondong menyerang
> > > > Imlek."
> > > > >
> > > > > Ente tau apa yang terjadi di Tahun 2007 ??
> > > > >
> > > > > Mendekati Imlek 2007 kemarin, mengapa Walubi begitu ngototnya ingin
> > > > > mengambil alih perayaan "Imlek Nasional" dari Matakin (Majelis Tinggi
> > > > > Agama Khonghucu Indonesia)?
> > > > >
> > > > > Padahal:
> > > > > Ketika Surjadi Sudirdja menjadi Gubernur Jakarta dikatakan bahwa Imlek
> > > > > dilarang dirayakan, Imlek hanya boleh dirayakan di rumah-rumah saja
> > > > > secara tertutup, hal ini pun diperkuat Direktur Urusan Agama Budha 
> > > > > Depag
> > > > > Drs Budi Setyawan yang didasari oleh surat dari Dirjen Bimas Hindhu 
> > > > > dan
> > > > > Budha Depag No H/BA.00/29/1/1993, di pelbagai surat kabar menyatakan
> > > > > larangan merayakan Imlek di Vihara dan Cetya.
> > > > > Walubi melalui Dewan Pimpinan Pusatnya pun ikut-ikutan mengeluarkan
> > > > > surat edaran No 07/DPP-WALUBI/KU/93, tertanggal 11 Januari 1993
> > > > > menyatakan bahwa Imlek bukanlah merupakan hari raya agama Budha,
> > > > > sehingga Vihara Mahayana tidak boleh merayakan tahun baru Imlek dengan
> > > > > menggotong Toapekong, Barongsai dll.
> > > > >
> > > > > Silakan ente boleh tanya sama orang2 Matakin yang ada disini.
> > > > >
> > > > > Salam,
> > > > > Bud's
> > > > >
> > > > > ikk

[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-15 Terurut Topik east_road
dahulu vihara teravada menentang soal itu, karena perjuangan, dari orang 
beragama Buddha, mengklarivikasi hal tersebut akhirnya sekarang vihara 
Dhamachaka yang beraliran teravada sudah merayakan imlek sama seperti vihara 
lainnnya, saya rasa jaman orde baru memang tidak diperbolehkan, masalah imlek 
di kristen baru pelopornya agama katolik, protestan, mungkin Pak tan loo kay :)

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "joao_kho"  wrote:
>
> Benar sekali, sepegetahuan saya, Vihara Ekayana Graha merupakan Pusat 
> Budhayana, yang mana pembicara/ceramah bisa dari berbagai aliran Buddha. Nah 
> untuk masalah pernyataan vihara buddhis yang dulunya punya desas-desus atau 
> himbauan bagi umatnya supaya tidak merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di 
> lingkungan vihara, memang pernah ada beritanya dimilis/email, kalo ga salah 
> adalah Vihara Dhammacakka di Sunter yang beraliran Theravada. CMIIW
> 
> Masalahnya berita ini benar atau hanya kabar angin tidak jelas. Cuma pernah 
> bahas dibeberapa milis agama. Yang mana mengatakan Gereja Khatolik aja oleh 
> yang pembimbing nya seorang Pastor aja mengajak umatnya yang mayoritas orang 
> Tionghua untuk merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di Gereja, karena 
> menganggap itu adalah kekayaan dan menjaga kelestarian buddaya suatu etnis.
> 
> Bukan hanya perayaan Tahun Baru Imlek, dimana daerah ada etnis mayoritas 
> digereja katolik selalu membuat acara-acara budaya setempat. Saya rasa itu 
> justru menyegarkan dan membina kebersamaan dan kerukunan sesama.
> 
> Jadi kalo ada Vihara Buddha yg pernah melakukan himbauan untuk tidak 
> merayakan Tahun Baru Imlek atau acara budaya lain yg belon tentu adalah 
> budaya dari negeri asalnya yaitu dari India. Itu justru harus dipertimbangkan 
> kembali oleh lembaga maupun segenap Pembinanya di Vihara tersebut.
> 
> Karena agama adalah kepercayaan, Budaya adalah budaya, dan boleh dikatakan 
> agama adalah bagian/sub dari suatu Budaya. Jika dgn agama untuk menghapus 
> budaya umatnya/identitas umatnya. Saya rasa sangat tidak cocok dgn program 
> pemerintah untuk melestarikan dan menonjolkan kekayaan budaya di Negeri 
> tercinta ini.
> 
> Dimana kita ketahui dengan jelas Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal 
> Ika. Terima kasih.
> 
> JK  
> 
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "east_road"  wrote:
> >
> > vihara ekayana graha itu bukan mahayana tapi Aliran Budhayana anda harus 
> > bedakan itu, vihara ekayana graha tidak memandang sekte aliran Buddha, 
> > dalam satu vihara bisa banyak aliran. Anda salah paham soal itu.
> > 
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ikkyosensei_ym"  
> > wrote:
> > >
> > > Wah, saya masih bingung, koh.
> > > 
> > > Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di vihara 
> > > atau masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda memahami 
> > > istilah "penghinaan" seperti itu yach?
> > > 
> > > Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang 
> > > ajar" tersebut. 
> > > Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal adalah 
> > > memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan memang 
> > > itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > > Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan 
> > > orang muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, tanpa 
> > > mengerti simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, sekali 
> > > lagi, itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > > 
> > > Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. Benarkan?
> > > 
> > > Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan di 
> > > vihara Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih ikut 
> > > perayaan imlek di sana loh, koh.
> > > 
> > > Salam,
> > > 
> > > Chen Gui Xin
> > > 
> > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "BUD'S 1"  wrote:
> > > >
> > > > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang  Selain Agama
> > > > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK segala
> > > > lagi.
> > > > 
> > > > Salam,
> > > > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
> > > > 
> > > > >
> > > > >
> > > > > Garuk-garuk kepala.
> > > > > Maaf, saya tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kaitan komentar anda
> > > > > dengan tema/tujuan posting ini.
> > > > >
> > > > > Btw, saya kira, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk tahu bahwa
> > > > > Imlek tidak ada kaitannya dengan agama Buddha, serta Toa Pe Kong 
> > > > > bukanlah
> > > > > sesembahan dalam agama Buddha.
> > > > > Dan itu membuktikan apa? Bahwa budaya Tionghoa boleh dilecehkan? 
> > > > > Ataukah
> > > > > menurut anda, Hartati Murdaya sedang melecehkan budaya Tionghoa?
> > > > > Saya juga bingung dengan klaim anda, benarkah perayaan Imlek tidak
> > > > > dirayakan di Vihara Mahayana? Benarkah di Vihara Mahayana tidak 
> > > > > pernah ada
> > > > > pertunjukan barongsai?
> > > > >
> > > > > Mohon petunjuk yang lebih cerdas dan

Re: [budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-15 Terurut Topik jackson_yahya
Ga semua gereja kok yg menyerang budaya china. Katolik dan kristen non 
kharismatik tidak seperti itu. 

Tidak jauh dari cinteyen (vihara dharma bakti) di petak 9 ada gereja katolik 
yang bangunan nya dan dalamnya seperti klenteng
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-Original Message-
From: "joao_kho" 
Date: Wed, 16 Dec 2009 03:02:54 
To: 
Subject: [budaya_tionghua] Re: Penghinaan

Benar sekali, sepegetahuan saya, Vihara Ekayana Graha merupakan Pusat 
Budhayana, yang mana pembicara/ceramah bisa dari berbagai aliran Buddha. Nah 
untuk masalah pernyataan vihara buddhis yang dulunya punya desas-desus atau 
himbauan bagi umatnya supaya tidak merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di 
lingkungan vihara, memang pernah ada beritanya dimilis/email, kalo ga salah 
adalah Vihara Dhammacakka di Sunter yang beraliran Theravada. CMIIW

Masalahnya berita ini benar atau hanya kabar angin tidak jelas. Cuma pernah 
bahas dibeberapa milis agama. Yang mana mengatakan Gereja Khatolik aja oleh 
yang pembimbing nya seorang Pastor aja mengajak umatnya yang mayoritas orang 
Tionghua untuk merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di Gereja, karena menganggap 
itu adalah kekayaan dan menjaga kelestarian buddaya suatu etnis.

Bukan hanya perayaan Tahun Baru Imlek, dimana daerah ada etnis mayoritas 
digereja katolik selalu membuat acara-acara budaya setempat. Saya rasa itu 
justru menyegarkan dan membina kebersamaan dan kerukunan sesama.

Jadi kalo ada Vihara Buddha yg pernah melakukan himbauan untuk tidak merayakan 
Tahun Baru Imlek atau acara budaya lain yg belon tentu adalah budaya dari 
negeri asalnya yaitu dari India. Itu justru harus dipertimbangkan kembali oleh 
lembaga maupun segenap Pembinanya di Vihara tersebut.

Karena agama adalah kepercayaan, Budaya adalah budaya, dan boleh dikatakan 
agama adalah bagian/sub dari suatu Budaya. Jika dgn agama untuk menghapus 
budaya umatnya/identitas umatnya. Saya rasa sangat tidak cocok dgn program 
pemerintah untuk melestarikan dan menonjolkan kekayaan budaya di Negeri 
tercinta ini.

Dimana kita ketahui dengan jelas Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal 
Ika. Terima kasih.

JK  

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "east_road"  wrote:
>
> vihara ekayana graha itu bukan mahayana tapi Aliran Budhayana anda harus 
> bedakan itu, vihara ekayana graha tidak memandang sekte aliran Buddha, dalam 
> satu vihara bisa banyak aliran. Anda salah paham soal itu.
> 
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ikkyosensei_ym"  wrote:
> >
> > Wah, saya masih bingung, koh.
> > 
> > Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di vihara atau 
> > masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda memahami istilah 
> > "penghinaan" seperti itu yach?
> > 
> > Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang ajar" 
> > tersebut. 
> > Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal adalah 
> > memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan memang itulah 
> > yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan orang 
> > muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, tanpa 
> > mengerti simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, sekali lagi, 
> > itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > 
> > Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. Benarkan?
> > 
> > Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan di 
> > vihara Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih ikut 
> > perayaan imlek di sana loh, koh.
> > 
> > Salam,
> > 
> > Chen Gui Xin
> > 
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "BUD'S 1"  wrote:
> > >
> > > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang  Selain Agama
> > > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK segala
> > > lagi.
> > > 
> > > Salam,
> > > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
> > > 
> > > >
> > > >
> > > > Garuk-garuk kepala.
> > > > Maaf, saya tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kaitan komentar anda
> > > > dengan tema/tujuan posting ini.
> > > >
> > > > Btw, saya kira, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk tahu bahwa
> > > > Imlek tidak ada kaitannya dengan agama Buddha, serta Toa Pe Kong 
> > > > bukanlah
> > > > sesembahan dalam agama Buddha.
> > > > Dan itu membuktikan apa? Bahwa budaya Tionghoa boleh dilecehkan? Ataukah
> > >

[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-15 Terurut Topik joao_kho
Benar sekali, sepegetahuan saya, Vihara Ekayana Graha merupakan Pusat 
Budhayana, yang mana pembicara/ceramah bisa dari berbagai aliran Buddha. Nah 
untuk masalah pernyataan vihara buddhis yang dulunya punya desas-desus atau 
himbauan bagi umatnya supaya tidak merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di 
lingkungan vihara, memang pernah ada beritanya dimilis/email, kalo ga salah 
adalah Vihara Dhammacakka di Sunter yang beraliran Theravada. CMIIW

Masalahnya berita ini benar atau hanya kabar angin tidak jelas. Cuma pernah 
bahas dibeberapa milis agama. Yang mana mengatakan Gereja Khatolik aja oleh 
yang pembimbing nya seorang Pastor aja mengajak umatnya yang mayoritas orang 
Tionghua untuk merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di Gereja, karena menganggap 
itu adalah kekayaan dan menjaga kelestarian buddaya suatu etnis.

Bukan hanya perayaan Tahun Baru Imlek, dimana daerah ada etnis mayoritas 
digereja katolik selalu membuat acara-acara budaya setempat. Saya rasa itu 
justru menyegarkan dan membina kebersamaan dan kerukunan sesama.

Jadi kalo ada Vihara Buddha yg pernah melakukan himbauan untuk tidak merayakan 
Tahun Baru Imlek atau acara budaya lain yg belon tentu adalah budaya dari 
negeri asalnya yaitu dari India. Itu justru harus dipertimbangkan kembali oleh 
lembaga maupun segenap Pembinanya di Vihara tersebut.

Karena agama adalah kepercayaan, Budaya adalah budaya, dan boleh dikatakan 
agama adalah bagian/sub dari suatu Budaya. Jika dgn agama untuk menghapus 
budaya umatnya/identitas umatnya. Saya rasa sangat tidak cocok dgn program 
pemerintah untuk melestarikan dan menonjolkan kekayaan budaya di Negeri 
tercinta ini.

Dimana kita ketahui dengan jelas Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal 
Ika. Terima kasih.

JK  

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "east_road"  wrote:
>
> vihara ekayana graha itu bukan mahayana tapi Aliran Budhayana anda harus 
> bedakan itu, vihara ekayana graha tidak memandang sekte aliran Buddha, dalam 
> satu vihara bisa banyak aliran. Anda salah paham soal itu.
> 
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ikkyosensei_ym"  wrote:
> >
> > Wah, saya masih bingung, koh.
> > 
> > Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di vihara atau 
> > masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda memahami istilah 
> > "penghinaan" seperti itu yach?
> > 
> > Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang ajar" 
> > tersebut. 
> > Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal adalah 
> > memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan memang itulah 
> > yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan orang 
> > muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, tanpa 
> > mengerti simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, sekali lagi, 
> > itulah yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> > 
> > Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. Benarkan?
> > 
> > Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan di 
> > vihara Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih ikut 
> > perayaan imlek di sana loh, koh.
> > 
> > Salam,
> > 
> > Chen Gui Xin
> > 
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "BUD'S 1"  wrote:
> > >
> > > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang  Selain Agama
> > > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK segala
> > > lagi.
> > > 
> > > Salam,
> > > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
> > > 
> > > >
> > > >
> > > > Garuk-garuk kepala.
> > > > Maaf, saya tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kaitan komentar anda
> > > > dengan tema/tujuan posting ini.
> > > >
> > > > Btw, saya kira, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk tahu bahwa
> > > > Imlek tidak ada kaitannya dengan agama Buddha, serta Toa Pe Kong 
> > > > bukanlah
> > > > sesembahan dalam agama Buddha.
> > > > Dan itu membuktikan apa? Bahwa budaya Tionghoa boleh dilecehkan? Ataukah
> > > > menurut anda, Hartati Murdaya sedang melecehkan budaya Tionghoa?
> > > > Saya juga bingung dengan klaim anda, benarkah perayaan Imlek tidak
> > > > dirayakan di Vihara Mahayana? Benarkah di Vihara Mahayana tidak pernah 
> > > > ada
> > > > pertunjukan barongsai?
> > > >
> > > > Mohon petunjuk yang lebih cerdas dan sederhana. Sekali lagi, garuk-garuk
> > > > kepala.
> > > >
> > > > Salam,
> > > >
> > > > Chen Gui Xin
> > > >
> > > > kaitan komentar anda dengan
> > > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> > > > ,
> > > > BUD'S 1  wrote:
> > > > >
> > > > > He he he, Ente cuma taunya ngerocos doang, Apa yang dikatakan ABS 
> > > > > benar,
> > > > disalah satu milis posting ente tidak diladeni sama sekali sehingga 
> > > > Unsur
> > > > provokasinya tidak berhasil.
> > > > > Nih untuk buka mata ente. Apakah ente pernah tau kasus dibawah ini ??
> > > > >
> > > > > " Walubi melalui Dewan Pimpinan Pusatnya pun ikut-ikutan mengeluarkan
> > > > surat ed

[budaya_tionghua] Re: Penghinaan

2009-12-15 Terurut Topik east_road
vihara ekayana graha itu bukan mahayana tapi Aliran Budhayana anda harus 
bedakan itu, vihara ekayana graha tidak memandang sekte aliran Buddha, dalam 
satu vihara bisa banyak aliran. Anda salah paham soal itu.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ikkyosensei_ym"  
wrote:
>
> Wah, saya masih bingung, koh.
> 
> Sepertinya anda berpendapat kalau Toa Pe Kong tidak dipajang di vihara atau 
> masjid atau gereja, berarti terjadi penghinaan. Jadi anda memahami istilah 
> "penghinaan" seperti itu yach?
> 
> Mungkin anda salah paham maksud saya dengan "penghinaan" atau "kurang ajar" 
> tersebut. 
> Kalau saya sebut memajang foto mama/papa anda yang sudah meninggal adalah 
> memajang foto iblis,itulah baru saya sebut "kurang ajar". Dan memang itulah 
> yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> Kalau saya mencibir/mentertawakan/mengajarkan kepada publik berkenaan orang 
> muslim yang sedang nyekar ke makam orang tuanya saat lebaran, tanpa mengerti 
> simbol budaya mereka, itu namanya "kurang ajar". Dan, sekali lagi, itulah 
> yang dikotbahkan pendeta "kurang ajar" tersebut.
> 
> Saya kira sampai di sini, kita sudah mencapai kesepahaman, koh. Benarkan?
> 
> Btw, saya menolak klaim spekulatif anda bahwa Imlek tidak dirayakan di vihara 
> Mahayana seperti Ekayana Grha. Hingga tahun ini, saya masih ikut perayaan 
> imlek di sana loh, koh.
> 
> Salam,
> 
> Chen Gui Xin
> 
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "BUD'S 1"  wrote:
> >
> > Jelas dan Terang Benderang Bahwa ada Orang Tionghua yang  Selain Agama
> > Kristen yang melarang merayakan Budaya Tionghua. jelas ?? Pake SK segala
> > lagi.
> > 
> > Salam,
> > 2009/12/15 ikkyosensei_ym 
> > 
> > >
> > >
> > > Garuk-garuk kepala.
> > > Maaf, saya tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kaitan komentar anda
> > > dengan tema/tujuan posting ini.
> > >
> > > Btw, saya kira, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk tahu bahwa
> > > Imlek tidak ada kaitannya dengan agama Buddha, serta Toa Pe Kong bukanlah
> > > sesembahan dalam agama Buddha.
> > > Dan itu membuktikan apa? Bahwa budaya Tionghoa boleh dilecehkan? Ataukah
> > > menurut anda, Hartati Murdaya sedang melecehkan budaya Tionghoa?
> > > Saya juga bingung dengan klaim anda, benarkah perayaan Imlek tidak
> > > dirayakan di Vihara Mahayana? Benarkah di Vihara Mahayana tidak pernah ada
> > > pertunjukan barongsai?
> > >
> > > Mohon petunjuk yang lebih cerdas dan sederhana. Sekali lagi, garuk-garuk
> > > kepala.
> > >
> > > Salam,
> > >
> > > Chen Gui Xin
> > >
> > > kaitan komentar anda dengan
> > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com 
> > > ,
> > > BUD'S 1  wrote:
> > > >
> > > > He he he, Ente cuma taunya ngerocos doang, Apa yang dikatakan ABS benar,
> > > disalah satu milis posting ente tidak diladeni sama sekali sehingga Unsur
> > > provokasinya tidak berhasil.
> > > > Nih untuk buka mata ente. Apakah ente pernah tau kasus dibawah ini ??
> > > >
> > > > " Walubi melalui Dewan Pimpinan Pusatnya pun ikut-ikutan mengeluarkan
> > > surat edaran No 07/DPP-WALUBI/KU/93, tertanggal 11 Januari 1993
> > > > menyatakan bahwa Imlek bukanlah merupakan hari raya agama Budha, 
> > > > sehingga
> > > Vihara Mahayana tidak boleh merayakan tahun baru Imlek dengan
> > > > menggotong Toapekong, Barongsai dll. Pada masa itu bisa dikatakan semua
> > > fenomena yang mengidap culture shock itu berbondong-bondong menyerang
> > > Imlek."
> > > >
> > > > Ente tau apa yang terjadi di Tahun 2007 ??
> > > >
> > > > Mendekati Imlek 2007 kemarin, mengapa Walubi begitu ngototnya ingin
> > > > mengambil alih perayaan "Imlek Nasional" dari Matakin (Majelis Tinggi
> > > > Agama Khonghucu Indonesia)?
> > > >
> > > > Padahal:
> > > > Ketika Surjadi Sudirdja menjadi Gubernur Jakarta dikatakan bahwa Imlek
> > > > dilarang dirayakan, Imlek hanya boleh dirayakan di rumah-rumah saja
> > > > secara tertutup, hal ini pun diperkuat Direktur Urusan Agama Budha Depag
> > > > Drs Budi Setyawan yang didasari oleh surat dari Dirjen Bimas Hindhu dan
> > > > Budha Depag No H/BA.00/29/1/1993, di pelbagai surat kabar menyatakan
> > > > larangan merayakan Imlek di Vihara dan Cetya.
> > > > Walubi melalui Dewan Pimpinan Pusatnya pun ikut-ikutan mengeluarkan
> > > > surat edaran No 07/DPP-WALUBI/KU/93, tertanggal 11 Januari 1993
> > > > menyatakan bahwa Imlek bukanlah merupakan hari raya agama Budha,
> > > > sehingga Vihara Mahayana tidak boleh merayakan tahun baru Imlek dengan
> > > > menggotong Toapekong, Barongsai dll.
> > > >
> > > > Silakan ente boleh tanya sama orang2 Matakin yang ada disini.
> > > >
> > > > Salam,
> > > > Bud's
> > > >
> > > > ikkyosensei_ym wrote:
> > > > >
> > > > >
> > > > > Dear Djoko:
> > > > > Jadi saran anda bagaimana, untuk menghentikan pelecehan budaya/agama
> > > > > Tionghoa mingguan di gereja kristen ini?
> > > > > Dialihkan kepada budaya/agama yang lainkah? Ataukah dihadapi, seperti
> > > > > yang diajarkan oleh para leluhur kita, agar tidak menjadi konflik yang
> > > > > semakin membesar dan kronis?
> > > > > Ataukah