Re: [iagi-net] Menteri EDM Malu 40% Geothermal Dunia Ada Di Indonesia Namun Yang Baru Dikembangkan 4% Saja

2013-06-17 Terurut Topik ginanjar . nugraha





Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: bandon...@gmail.com
Sender: iagi-net@iagi.or.id
Date: Sun, 16 Jun 2013 03:08:51 
To: Iagiiagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net] Menteri EDM Malu 40% Geothermal Dunia Ada Di Indonesia 
Namun Yang Baru Dikembangkan 4% Saja
Seteju, jangan lupa juga aneka energi alternaf.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: taufik.ma...@gmail.com
Sender: iagi-net@iagi.or.id
Date: Sun, 16 Jun 2013 00:48:47 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net] Menteri EDM Malu 40% Geothermal Dunia Ada Di Indonesia 
Namun Yang Baru Dikembangkan 4% Saja
Marilah kita yang masih peduli dengan masalah dan prospek Geothermal untuk 
melakukan langkah proaktif secara bersama sesuai bidang kita masing-masing, 
untuk membangun dan mengembangkan industri Geothermal secara maksimal untuk 
kesejahteraan rakyat Indonesia.


Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.


Semoga bangkit dan berjaya, Indonesia.


Salam akhir pekan



Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Shofiyuddin shofiyud...@gmail.com
Sender: iagi-net@iagi.or.id
Date: Sun, 16 Jun 2013 06:57:59 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net] Menteri EDM Malu 40% Geothermal Dunia Ada Di Indonesia
 Namun Yang Baru Dikembangkan 4% Saja
oh maaf kalo tidak berkenan.
saya pikir kalimat saya biasa, tapi ternyata enggak.
sekali lagi maaf.




2013/6/16 hadiyanto.sapa...@vale.co.id

 Sampeyan jangan waton suloyo kang. Ora apik!
 Powered by Telkomsel BlackBerry®

 -Original Message-
 From: bandon...@gmail.com
 Sender: iagi-net@iagi.or.id
 Date: Sat, 15 Jun 2013 22:58:38
 To: Iagiiagi-net@iagi.or.id
 Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
 Subject: Re: [iagi-net] Menteri EDM Malu 40% Geothermal Dunia Ada Di
 Indonesia Namun Yang Baru Dikembangkan 4% Saja
 Expressi supaya orang tidak banyajk ngomong.
 Pemerintah tidak punya rencana untuk kembangkan geotermal maupun energi
 terbarukan.
 Tidak mendatangkan keuntungan buat pejabat negara.
 Powered by Telkomsel BlackBerry®

 -Original Message-
 From: lia...@indo.net.id
 Sender: iagi-net@iagi.or.id
 Date: Sat, 15 Jun 2013 18:40:51
 To: iagi-net@iagi.or.id
 Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
 Subject: [iagi-net] Menteri EDM Malu 40% Geothermal Dunia Ada Di Indonesia
 Namun Yang Baru Dikembangkan 4% Saja
 Lho  malu kepada siapa...

 ISM

 Menteri ESDM : Malu Saya, 40% Geothermal Dunia Ada Di Indonesia
 Namun Yang Baru Dikembangkan 4% SajaKAMIS, 13 JUNI 2013 00:00 WIB

 JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik,
 akan berupaya dengan keras untuk mendorong pengembangan energy
 baru terbarukan khususnya panas bumi. Dengan potensi 29 GW atau
 sekitar 40% dari potensi panasbumi dunia, merupakan  negara
 dengan potensi panas bumi terbesar di dunia. Namun pemanfaatan
 potensi panas bumi Indonesia saat ini masih kecil, yaitu
 sebesar 1.341 MW, atau kurang dari 5% saja dari total
 potensinya.
  “Salah satu pesan Presiden kepada saya adalah pengembangan
  energi  baru terbarukan. Energi geothermal yang dimiliki
  Indonesia adalah yang terbesar didunia tidak kurang dari 40%
  geothermal dunia ada di Indonesia dan yang baru dikembangkan
  hanya 4% saja,” Ujar Menteri ESDM mengawali sambutannya di
  acara Indonesia International Geothermal Convention 
  Exhibition (IIGCE), Rabu (12/6/2013).
 Pemanfaatan geothermal sebagai sumber energy yang masih minim
 tersebut menurut Menteri semestinya membuat malu. “Karena
 kalimat itu sudah berlaku sekian puluh tahun, maka tentu saya
 sebagai Menteri yang baru merasa malu, 40% geothermal dunia ada
 di Indonesia namun yang baru dikembangkan 4% persen saja,” ujar
 Menteri.
 “Masa terus kalimatnya terus seperti itu, 40% geothermal dunia
 ada di Indonesia dan yang baru dikerjakan hanya 4%. saya tidak
 mau di era pemerintahan sekarang kalimatnya hingga nanti 2014
 masih seperti itu, dan nanti kabinet yang berikutnya sampai
 2019 kalimatnya masih seperti itu juga. Karena itu, maka
 program 100 hari saya yaitu adalah mendorong geothermal,”
 lanjut Menteri.
 Pengembangan panas bumi sebagai sumber energi akan terus
 diupayakan dengan keras karena itu selain menginimalisir
 hambatan-hamabtan yang ada Menteri ESDM mempersilahkan Dirjen
 EBTKE untuk menghubunginya kapan saja. “ Pa Dirjen boleh
 mengetuk pintu saya setiap hari, 24 jam untuk memajukan
 geothermal, dan itu juga yang saya minta kepada dirjen yang
 sekarang, dirjen yang lebih muda yang energik yang keras
 kerjanya untuk memajukan panas bumi di Indonesia,” imbuh Wacik.
 Menteri menegaskan, saat ini ada banyak pilihan untuk
 mengembangankan energy baru terbarukan untuk mengganti energy
 fosil dan geothermal merupakan salah satunya yang prospektif. 
 Tidak banyak pilihan kecuali kita memajukan energi baru
 terbarukan, geothermal salah satunya,” ujar Menteri.
 Lokasi Indonesia yang berada di ”ring of fire” dunia dengan
 

Re: [iagi-net] PETISI 34 : SITUS GUNUNG PADANG TERSELAMATKAN

2013-05-02 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Bad news..

Saya pikir akan ada pertemuan antara tim TTMTGP dan kelompok petisi 34 untuk 
re-cheking, re-pengamatan dan re-interpretasi data data dan fakta yg ada 
sebelum memutuskan lanjut tidaknya penelitian G. Padang. 

Sayang sekali...




Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Yanto R. Sumantri yrs_...@yahoo.com
Sender: iagi-net@iagi.or.id
Date: Thu, 2 May 2013 09:01:38 
To: iagi-net@iagi.or.idiagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net] PETISI 34 : SITUS GUNUNG PADANG TERSELAMATKAN
Good news .
Cuma setelah membaca sekilas UU mengenai cagar budaya , rupanya kewenangan 
pengelolaan cagar budaya itu ber-tigkat2 sesuai dengan jenjang pemerintahan yi 
Pemerintah Pusat , Propinsi dam Kabupaten/Kota.

si Abah



 From: Sujatmiko m...@cbn.net.id
To: iagi-net@iagi.or.id 
Cc: MGEI economicgeol...@yahoogroups.com 
Sent: Thursday, May 2, 2013 10:40 PM
Subject: RE: [iagi-net] PETISI 34 : SITUS GUNUNG PADANG TERSELAMATKAN
 


 
Rekan-rekan
IAGI yang budiman,
 
Puji
syukur ke hadlirat Tuhan YMK bahwa kemaren , Rabu 1 Mei 2013, mang Okim diundang
oleh Pusat Survey Geologi untuk mendampingi Prof. Sutikno Bronto dalam melakukan
 peninjauan ke Situs Punden Berundak Gunung Padang  ( pasca terbitnya
Petisi Penyelamatan Situs Gunung Padang 26 April 2013 ). Untuk mengoptimalkan
hasil peninjauan ,  Prof Sutikno Bronto mengajak juga Ir. Pudjo  Asmoro
MSc , Vulkanolog di PSG,  dan Drs.Lutfi Yondri M.Hum., Arkeolog
di Balar Bandung (peneliti utama Situs Gunung Padang ). Berkat kehadiran Pak
Lutfi alhamdulilah kami diterima oleh Kepala Dinas Budpar Cianjur dan
dipertemukan dengan Direktur Cagar Budaya dan Permuseuman , Drs. Surya Helmi . 
Dari diskusi yang berkembang, kedatangan Drs.Surya Helmi dan timnya  dari
Jakarta ternyata dalam rangka persiapan  MORATORIUM Penelitian
Situs Gunung Padang. Siang harinya, 14 Kepala UPT Balai Cagar Budaya dari 14 
wilayah di Indonesia bergabung di Gunung Padang.
 
Di
sepanjang perjalanan dari Cianjur ke Gunung Padang ,  kami berempat yang 
sama-sama
ikut menanda-tangani  Petisi 26 April 2013 mendiskusikan banyak hal
antara lain tentang reaksi keras Pak Andi Arief yang sebagai Staf Khusus
Presiden RI dianggap  tidak sepatutnya  mengeluarkan
pernyataan-pernyataan yang begitu emosional, apalagi sampai meminta 3 Menteri 
Kabinet
dan 1 Wakil Menteri mengundurkan diri karena dianggap ikut berperan dalam
keluarnya petisi 26 April 2013. Selain dari itu kami mendiskusikan juga tentang
 temuan-temuan Tim Terpadu Mandiri Penelitian  Gunung Padang ( TTMPGP
) yang secara luas diumumkan di media cetak, elektronik dan maya antara lain
tentang pasir ayakan, semen perekat batu, gumpalan besi sisa pekerjaan
metalurgi prasejarah, ekskavasi yang dilakukan di luar area situs, dan
lain-lain.
 
Pengamatan
di kawasan Situs Gunung Padang
 
Perjalanan
dari Cianjur ke Gunung Padang memakan waktu sekitar 1,5 jam, melewati jalanan
yang rusak cukup berat sepanjang hampir 20 km. Di lokasi parkir mobil pertama di
kawasan Gunung Padang, terlihat  bengkel pemrosesan bijih emas dengan
mesin glundung/ tromol dimana batuan bijih emasnya diambil dari Gunung Rosa /
Cikondang yang terletak agak jauh di selatan. Di lokasi parkir atas,  terlihat
singkapan batuan terubah dengan struktur pemangkasan dan top soil yang
mengindikasikan sebagai hasil longsoran lama. Fenomena geologi lainnya yang
kami amati antara lain sumur berair jernih yang struktur dindingnya
sederhana, susunan tangga dari kekar tiang yang terletak  di atas
batuan lapuk atau terubah  yang di beberapa bagian terancam longsor , semen
perekat antara kekar tiang yang kemungkinan besar  merupakan sedimen
alamiah sebagai hasil dari proses  pelapukan atau leaching, Teras IV danTeras V 
yang didominasi oleh batuan klastik yang telah lapuk  dimana  di
atasnya tersusun  batuan andesit punden yang ukurannya relatif kecil (
diduga diambil dari Teras III atau Teras di bawahnya). 
 
Klimaks
dari peninjauan kami adalah bekas ekskavasi pertama TTMPGP di lereng
timur  Teras III yang luasnya 3 X 9 m2 dengan kedalaman 4 meter. Ekskavasi
yang dinilai oleh beberapa arkeolog di tempat  inapropriate karena menyimpang
dari SOP , ternyata lokasinya berada di lereng/tebing bersudut kritis, sekitar 
40
derajat. Jaraknya yang    hanya sekitar 30 meteran di bawah
struktur Teras III yang telah mengalami pergelinciran , jelas  sangat
membahayakan keselamatan situs. Kurang dari 10 meteran di bawah ekskavasi
pertama, TTMPGP melakukan juga ekskavasi kedua  yang tidak tuntas.
Di ekskavasi kedua ini terlihat adanya beberapa balok andesit yang bercampur
dengan tanah lempungan. Hal ini memberikan indikasi bahwa balok-balok andesit
tersebut yang sumbunya tegak lurus terhadap arah tebing timur merupakan  bawaan
longsoran.  Lokasi ekskavasi TTMPGP yang diumumkan terletak di tanah
masyarakat , ternyata merupakan satu kesatuan dengan bangunan punden berundak. 
 
Moratorium
adalah langkah yang tepat
 
Hasil
re-checking dan 

[iagi-net-l] OOT - Guru Besar FHUI Hikmahanto Pertanyakan Pembubaran BP Migas oleh MK

2012-11-18 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Setidaknya masih ada pundit seleb nasional yg bingung sama MK..:)


Hikmahanto Juwana - detikFinance 

Jakarta - Bila menelaah secara cermat putusan MK yang menyatakan BP Migas 
inkonstitusional, menjadi pertanyaan apakah hal tersebut telah sesuai dengan 
apa yang diinginkan oleh pemohon dalam permohonan uji materi UU Nomor 22 Tahun 
2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (UU Migas).

Permohonan uji materi terhadap UU Migas oleh pemohon terfokus pada tiga hal.

Pertama memohon MK untuk membatalkan ketentuan tentang Kontrak Kerja Sama (KKS) 
atau kontrak lainnya terkait dengan Migas. Alasannya karena Negara yang 
berkontrak.

Menurut pemohon seharusnya bukan negara yang berkontrak, tetapi Badan Usaha 
Milik Negara meskipun BUMN yang berkontrak ini tidak harus tunggal (satu BUMN 
saja).

Kedua menyatakan batal ketentuan yang mengatur keberadaan pelaku yang melakukan 
kegiatan Migas di Hulu dan Hilir, yaitu BP Migas, Badan Usaha dan Badan Usaha 
Tetap.

Pemohon menghendaki agar disektor Migas, BUMN yang mendapat kuasa dari negara 
sebagaimana diatur dalam UU Migas lama yaitu Pasal 3 ayat (2) dan Pasal 5 ayat 
(1) UU Nomor 44/Prp/1960. Tentu yang dimaksud adalah Pertamina sebagaiman 
diatur dalam UU 8 Tahun 1971.

Selanjutnya pemohon menghendaki agar BUMN diberi prioritas dalam pengelolaan 
sektor Migas mengingat para kontraktor saat ini lebih banyak berasal dari luar 
negeri.

Permohonan terakhir dari pemohon adalah menyatakan batal pasal yang mengatur 
kewajiban pemerintah untuk memberitahu KKS yang telah ditandatangani kepada 
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Para pemohon menginginkan agar KKS harus mendapat persetujuan terlebih dahulu 
dari DPR, bukan sekedar memberitahu setelah ditandatangani.

Atas permohonan ini MK mengabulkan permohonan kedua.

Hanya saja MK sepertinya tidak merespons esensi dari permohonan kedua dari 
pemohon yaitu agar pelaku usaha disektor Migas dilakukan oleh BUMN dan tidak 
didominasi oleh pelaku usaha asing.

Memang betul dalam permohonan pemohon, BP Migas diminta untuk dinyatakan tidak 
konstitusional. Pemohon sepertinya menghendaki Pertamina diberi kewenangan 
seperti sebelum UU Migas.

Padahal Pertamina saat ini berbeda dengan Pertamina masa sebelum UU Migas. 
Pertamina saat ini merupakan sebuah perseroan terbatas yang dimiliki oleh 
negara dan masuk katagori BUMN.

Sementara Pertamina sebelum masa UU Migas merupkan perusahaan negara yang 
khusus diatur dalam UU yaitu UU Nomor 8 Tahun 1971.

Disini kekeliruan pemohon yang meminta agar BP Migas digantikan dengan BUMN. 
Bila BUMN yang dikehendaki maka BUMN tersebut tunduk pada UU BUMN, bahkan bila 
dalam bentuk perseroan tunduk pada UU Perseroan Terbatas.

Pertamina berdasarkan UU 8/1971 bukanlan perusahaan negara yang tunduk pada UU 
No. 9 Tahun 1969 tentang Bentuk-bentuk Perusahaan Negara yang kemudian pada 
tahun 2003 diganti dengan UU BUMN.

Pertamina merupakan perusahaan negara yang khusus dan istimewa.

Disamping itu agar peran BP Migas tergantikan maka pemohon mengargurmentaskan 
bahwa BP Migas tidak efisien dan dapat melakukan penyalahgunaan kekuasaan.

Salah satu contohnya terkait dengan masalah cost recovery dari perusahaan asing 
dengan mudah disetujui.

Bila mencermati putusan MK, MK sebenarnya tidak mengabulkan permohonan kedua 
dari pemohon.

MK justru membuat penilaian sendiri bahwa keberadaan BP Migas tidak 
konstitusional. Sebagai alasannya adalah BP Migas tidak efisien dan memiliki 
potensi untuk menyalahgunakan kekuasaan.

Padahal soal tidak efisien dan potensi penyalahgunaan kekuasaan, lembaga yang 
berwenang menangani adalah Kepolisian, Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan 
Korupsi.

Disini terjadi ketidak-konsistensian antara permohonan dari pemohon dengan 
putusan yang dibuat oleh MK.

Pembubaran BP Migas oleh MK justru bertentangan dengan apa yang diinginkan oleh 
pemohon.

Kedudukan negara oleh MK, dalam istilah pemohon, telah “sangat direndahkan 
martabatnya.” Ini mengingat sekarang negara secara langsung yang berkontrak 
dengan kontraktor.

Bila terjadi sengketa, baik di pengadilan maupun arbitrase, maka negara yang 
menjadi pihak dan berhadapan dengan kontraktor.

Padahal yang dikehendaki oleh pemohon adalah negara ataupun BP Migas sebagai 
pihak yang mewakili negara tidak berkontrak langsung dengan kontraktor.

Pemohon menginginkan agar BUMN-lah yang berkontrak dengan kontraktor dalam KKS.

Bila ditelaah lebih jauh permohonan pemohon juga janggal. Janggal karena bila 
KKS dilakukan oleh BUMN dengan kontraktor maka menjadi pertanyaan, mengapa DPR 
harus memberikan persetujuan dalam proses tersebut sebagaimana dimohonkan dalam 
permohonan ketiga pemohon?

Bukankan entitas BUMN dan entitas DPR merupakan dua entitas yang berada dalam 
lapangan hukum yang berbeda? Satu perdata dan satu lagi ketatanegaraan.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Re: [iagi-net-l] FW: Transkrip: DR. Rizal Ramli - MK Pengujian UU Migas (18 Juli 2012)

2012-11-17 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Bener lin che wei bilang...yg meng-proses/ approve dan menggugat UU Migas 2001 
orang/kelompoknya nya itu2 juga!

Yg pasti bukan genk demokrat, secara belum dilahirkan taun 2001 itu*cmiww

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Danu Widhisiadji dwidhid...@yahoo.com
Date: Sat, 17 Nov 2012 17:35:44 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: [iagi-net-l] FW: Transkrip: DR. Rizal Ramli - MK Pengujian UU Migas 
(18 Juli 2012)

Meskipun panjang namun tetap menarik dibaca.

Benar dan Salah, tergantung dari sisi mana latar belakang pembaca melihat-nya.
Perdebatan-pun akan terlihat dari pola pikir pembaca (dalam melihatnya), 
sehingga bukan Benar atau Salah, tapi dari sisi mana kita melihatnya.

Salam,
Danu Widhisiadji


--
FW dari pakdhe Agus Djamil di milis seberang.

Transkrip: DR. Rizal
Ramli - MK Pengujian UU Migas (18 Juli 2012)



DR. RIZAL RAMLI 
Saksi Ahli PERKARA NOMOR
36/PUU-X/2012 PERIHAL PENGUJIAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2001. 

Mahkamah
Konstitusi, Rabu, 18 Juli 2012.

 

Yang Mulia Bapak Ketua
dan Anggota Mahkamah Konstitusi, Pak Din Syamsudin Ketua Muhammadiyah, Pak
Amidhan dari MUI, dan kawan-kawan dari Muhammadiyan dan NU, dan para tim
pembela. Inisiatif untuk meminta judicial review tentang Undang-Undang Migas
ini menurut saya ini suatu hal yang historis yang diminta oleh kawan-kawan
organisasi sosial kemasyarakatan paling besar di Indonesia.



Saya ingin menyampaikan
beberapa hal. 

Yang pertama adalah proses pembuatan Undang-Undang Migas ini.
Undang-Undang Migas ini dibiayai dan disponsori oleh USAID dengan motif: 
1.
Agar sektor migas diliberalisasi. 
2. Agar terjadi internasionalisasi harga,
agar harga-harga domestik migasdisesuaikan dengan harga internasional. 
3. Agar
asing boleh masuk sektor hiliryang sangat menguntungkan dan bahkan risikonya
lebih kecildibandingkan sektor hulu.


Pertama kali draft
undang-undang ini diajukan oleh Menteri Pertambangan Kuntoro Mangunsubroto pada
masa pemerintahan Habibie, ditolak oleh DPR atas saran kami karena kami pada
waktu itu adalah penasihat DPR untuk keempat Fraksi, Fraksi Angkatan
Bersenjata, Fraksi Golkar, dan PPP dan PDIP.



Kemudian selama
pemerintahan Gus Dur Undang-Undang ini nyaris stak tidak ada kemajuan karena
tidak mungkin dilewatkan jika Menkonya itu Pak Kwik Kian Gie dan kemudian
dilanjutkan oleh saya. 

Begitu pemerintahan Gus Dur jatuh, undang-undang ini
kemudian diajukan dengan sangat cepat oleh Pak Boediono sama Pak Purnomo kawan
saya dan diproses di DPR dengan sangat cepat.



Setelah itu, Kedutaan
Besar Amerika dan USAID mengirim laporan ke Washington telah berhasil
menggolkan undang-undang ini yang sangat penting untuk kepentingan bisnis
Amerika di sektor migas di Indonesia. Pembuatan undang-undang yang dibiayai
oleh asing biasanya banyak prasyarat, dan conditionalities-nya, dan sering
diiming-imingi dengan pinjaman, apa yang dikenal sebagai loan-tied laws,
undang-undang yang dikaitkan dengan pinjaman.



Dalam sejarah
Indonesia, itu banyak sekali kasusnya. 

Saya berikan contoh, ADB menawarkan
U$300.000.000,00 dengan syarat Pemerintah Indonesia membuat Undang- Undang
Privatisasi BUMN. Jadi, Undang-Undang Privatisasi BUMN ini dipesan oleh ADB dan
ditukar dengan pinjaman sebesar U$300.000.000,00. 

Undang-Undang Privatisasi Air
dipesan oleh Bank Dunia dengan memberikan pinjaman U$400.000.000,00. Jadi, air
yang di dalam Undang-Undang Dasar kita dinyatakan sebagai dikuasai oleh negara
untuk kepentingan rakyat sebesar-besarnya, itu pun mau diswastanisasikan. Dan
untuk itu, Pemerintah Indonesia diberikan pinjaman U$400.000.000,00,
Undang-Undang Migas termasuk. 

Jadi undang-undang yang dikaitkan dengan pinjaman
luar negeri, penuh prasyarat, itu tidak mungkin tujuannya betul-betul untuk
menyejahterakan rakyat dan negara Indonesia. Sudah pasti ada kepentingan
strategis, kepentingan bisnis di belakangnya yang ikut dompleng persyaratan
daripadaundang-undang tersebut.



Ini semuanya
kebanyakan bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945, banyak sekali
undang-undang begini. Dan ini adalah pintu masuk dari liberalisasi dan
neoliberalisasi di dalam bidang ekonomi.Jadi, kalau zaman Belanda dulu, Belanda
mau berkuasa di Indonesia, itu harus pakai senjata, harus pakai pasukan. Kalau
sekarang itu tidak perlu, siapa saja boleh jadi presiden ya, siapa saja, partai
apa saja boleh berkuasa. Yang penting, undang-undang dalam bidang ekonominya
itu merupakan pesanan dari kepentingan asing. 

Dari situlah Indonesia dipaksa
mengambil langkah-langkah dan undang-undang yang bertentangan dengan Undang-
Undang Dasar 1945 dan bertentangan dengan itikad untuk memanfaatkan semua
sumber daya alam itu untuk kesejahteraan rakyat dan bangsa.

Seharusnya, pembuatan
undang-undang tidak boleh dibiayai oleh asing, harus dibiayai sendiri oleh
APBN, sehingga undang-undang betul-betul mencerminkan kepentingan rakyat dan
bangsa kita. Tidak mungkin asing 

Re: Bls: Re: [iagi-net-l] Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah banyak BERUBAH --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!

2012-11-15 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Pandangan saya justru berubah 100% mengenai  BPMIGAS setelah saya terlibat lsg 
proses pre WPnB dan mengurus proses tender kontrak Formation Evaluationsaya 
respect dan salut terhadap personel BPMIGAS!

10th sebelumnya saya pekerja kontrak di RIG pemboran..dan ngga ngeh dimana 
persisnya kantor BPMIGAS

Pernah terlibat meeting di bogor (hotel novotel), hotel sheraton 
bandara...ternyata isinya memang FULL meeting menbicarakan hal2 teknis! Dari 
jam 9 pagi sampe 9 malem!! Sampe kagum saya sama energy dan fokus mereka 
(personel BPMIGAS)! Terus mencecar semua slide presentasi... 

Komen dari rekan senior expat dikantor (yg ternyata atasan saya..bukan 
rekan-red) mengenai proses pre WPnB awalnya buruk bgt...tapi tahun ke dua dia 
berubah persepsi..they're doing their jobs! And we have to follow the rule! 
(Contohnya keharusan memakai kontraktor dalam negri - kalau tersedia di 
indonesia) 

Pre WPnB dan Proses tender E-line, dua hal yg menunjukan ke saya bahwa BPMIGAS 
doing their jobs seriously and accountable! 

Hanya berbagi kesan kedua tentang BPMIGAS,
Ginanjar N
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Nugrahani nugrah...@bpmigas.go.id
Date: Thu, 15 Nov 2012 23:08:22 
To: iagi-net@iagi.or.idiagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: Bls: Re: [iagi-net-l] Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah banyak
 BERUBAH --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!

Setuju agar menggunakan kalimat yang santun, tidak memojokkan, tidak memfitnah.

Namun ini juga harus disetujui oleh semua orang di milis ini, termasuk Sdr. 
Avianto Rakhmadi itu... Supaya beliau setuju juga untuk menjaga mulutnya eh.. 
Tangannya dari menulis/mengemukakan pendapat yang ngawur dan menyakitkan hati.
Contohnya di e-mail terakhir.. Dalam pembahasan WPnB, misalnya, yang kami bahas 
adalah usulan kerja (teknisnya, projeknya) dan anggarannya. Ada memang bagian 
dalam WPnB yg membahas administrasi yaitu adm umum (general admin) dan juga 
admin eksplorasi, yg isinya antara lain ya biaya gaji, training, dll dari para 
pekerja di oil company. Soal survey seismik, ya kami bahas teknisnya dan 
anggarannya serta kendala2nya. Apanya sih yg dimaksud dgn cuma mengurus 
administrasi itu ?
Beberapa kali tulisannya cak Avi itu menyudutkan kami di Bpmigas dengan 
tuduhan2 yg tidak mendasar dan menyakitkan hati, cenderung ke fitnah.

Dan bila kami mengemukakan hal yg sebenarnya, kami akan dibilang membela diri, 
gak mau terima kritik, gak mau berubah, dll.

Bisa gak dibayangkan Kami dihajar kanan kiri, dituduh menekan KKKS 
sementara oleh MK dituduh terlalu pro asing.

Khusus untuk teman2 yg punya hobi menghina BPMIGAS (eks BPMIGAS) seperti Cak 
Avi, sdr. Nathaniel Mangiwa, saya sarankan utk setuju dengan tidak menggunakan 
milis ini untuk menghajar, memfitnah dan menghina BPMIGAS atau kantor manapun 
atau pribadi siapapun, dengan alasan apapun. Bila ini tidak disetujui, maka 
kami akan memikirkan suatu upaya hukum utk menuntut anda dgn pasal pencemaran 
nama baik, atau paling tidak, saya akan mengundurkan diri dari milis ini dan 
bisa jadi akan mengundurkan diri dari keanggotaan IAGI.



Salam,
Nuning
(Bangga menjadi pekerja BPMIGAS)















Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: syawa...@gmail.com
Date: Thu, 15 Nov 2012 14:27:18 +
To: iagi-net@iagi.or.id
ReplyTo: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Bls: Re: [iagi-net-l] Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah banyak BERUBAH 
--- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!

Dear Iagi-net
Yg saya hormati ...

Di Tahun baru 1434 H , semoga jadi tahun yang lebih baik kedepannya .
Jikalau permasalahan menyangkut atau menyudutkan komunitas/pribadi tertentu 
sebaiknya bisa di Japri saja, tidak etis tampaknya perdebatan ini terbawa 
kemana-mana, tak ada yg perlu di salahkan, mungkin jadi bahan pelajaran bersama 
kedepannya, . . . .
Sebagai saintis semestinya diselesaikan dengan cara2 Ilmiah, dan berbicara dari 
data ke data,
Putusan MK juga bukan sekedar sekali atau dua kali pertemuan lalu memutuskan 
tentunya ada tahap tahap di sana, kesalahan dan ketidak perhatian juga yg hanya 
menjadi pengamat 
Kalau mau ngikut didalam keputusan sepertinya harus ikut ke sistemnya dan 
tentunya mempunyai nilai tawar di dalam keputusan tersebut?
Jikalau terus-terusan dibahas tentunya akan saling jatuh menjatuhkan dan tak 
akan ada hasilnya ..
Saya sebagai yang muda hanya bisa berpikir positif, ikuti alur saja, karena toh 
sekarang kita tak tahu persis mana kawan mana lawan 

Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: airmas...@yahoo.co.id
Date: Thu, 15 Nov 2012 13:15:36 +
To: iagi-net@iagi.or.id
ReplyTo: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah banyak BERUBAH --- 
BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!

Waduuuh...
Koq jd gini ya..? Dah merembet kemana2 nih..jadi bola liar.
Benar2 dah merusak susu sebelanga..
Gimana nih pak RDP (ketua)
Jd sediiih..
:(
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Re: [iagi-net-l] (discussed closed) Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah banyak BERUBAH --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!

2012-11-15 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Setuju! Lagian ini bukan debat mengenai hal SARA juga, tapi tentang 
konstitusionalitas dan profesionalitas dari BPMIGAS

GN
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: mufar...@gmail.com
Date: Fri, 16 Nov 2012 05:53:34 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] (discussed closed) Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah 
banyak BERUBAH --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!
Setuju dgn pak OK, 

Biarlah teman2 ex-BP Migas klarifikasi dulu, biar jelas masalahnya. 

Salam
Razi 

Sent from my BlackBerry® smartphone from Omantel.

-Original Message-
From: Ok Taufik ok.tau...@gmail.com
Date: Fri, 16 Nov 2012 12:50:35 
To: iagi-netiagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] (discussed closed) Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah
 banyak BERUBAH --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!
sungguh tak adil buat teman-teman di BPMIGAS, setelah babak belur merasa di
prejudice, di fitnah malah tak dikasi kesempatan untuk menjelaskan...sangat
tak fair.


2012/11/16 airmas...@yahoo.co.id

 Maaf bu shinta, apa yg dikatakan pak sekjend sudah benar.
 Jd tdk perlu dipanjangkan dan dilebarkan nanti akan jadi bola liar bahkan
 mungkin boomerang.

 Maaf kalo tdk berkenan
 Salam
 Powered by Telkomsel BlackBerry®
 --
 *From: * Shinta Damayanti Gumelar shinta_damayant...@hotmail.com
 *Date: *Fri, 16 Nov 2012 12:08:49 +0700
 *To: *milis IAGIiagi-net@iagi.or.id
 *ReplyTo: * iagi-net@iagi.or.id
 *Subject: *RE: [iagi-net-l] (discussed closed) Re: TATAPOLITIK Indonesia
 sudah banyak BERUBAH --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!


 kenapa harus disudahi? apa karena tdk bicara tektonik lempeng? apa karena
 tidak bicara kitchen, migrasi dan trap? apa karena tidak bicara
 petrophysist analysis?
 kalau ternyata di milis ini saja masih ada yang bingung gedung bpmigas itu
 dimana? ya gk heran kan kalau awam dan pers pemberitaannya kacau balau.

 saya setuju kalau kita harus memperhatikan neticket.
 tapi justru milis ini adalah wadah yg tepat bagi saya sebagai praktisi
 migas untuk sharing. baik mengenai teknisnya atau bisnisnya

 salam,
 shinta damayanti
 (bangga menjadi pegawai BPMIGAS)


  To: iagi-net@iagi.or.id
  From: ajis...@ymail.com
  Date: Fri, 16 Nov 2012 04:59:39 +
  Subject: Re: [iagi-net-l] (discussed closed) Re: TATAPOLITIK Indonesia
 sudah banyak BERUBAH --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!
 
  Bapak2 dan Ibu2 anggota IAGI netters,
 
  Diskusi tentang BP Migas kita cukupkan sampai disini. Mari kita saling
 menghargai dan memaafkan. Perjalanan migas Indonesia masih jauh kedepan.
  Kita sebagai putra bangsa alangkah baiknya untuk terus berpikir positif
 dan membantu secara aktif untuk lebih memajukan industri migas ini.
 
  Marilah kita kembali berdiskusi yang sehat dan sesuai kaidah2 milis.
 
  Salam hormat
  Atas nama pengurus pusat
  Seno Aji
  Sekjen IAGI
 
  Sent from my @smartmail
 
  -Original Message-
  From: Yudie Iskandar yudieiskan...@gmail.com
  Date: Fri, 16 Nov 2012 04:07:29
  To: iagi-net@iagi.or.id
  Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
  Subject: Re: [iagi-net-l] Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah banyak BERUBAH
 --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!
 
  Sudahlah Ning dan temen temen bpmigas (alm) lainnya. Ada banyak kritik
 terkait kinerja terdahulu. Mudahan itu bisa menjadi bahan introspeksi dan
 memacu kinerja satker.
 
  Selamat kerja
 
  Salam
 
  Yudie (belum pernah ditugaskan ke bpmigas)
  “_^
 
  -Original Message-
  From: nugraha...@yahoo.com
  Date: Fri, 16 Nov 2012 03:52:44
  To: iagi-net@iagi.or.id
  Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
  Subject: Re: [iagi-net-l] Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah banyak BERUBAH
 --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!
 
  Saya sama sekali tidak pernah membaca pernyataan maaf dari Sdr.
 Nathaniel Mangiwa ini.
  Ya sudahlah, ybs juga sudah mengundurkan diri dari milis ini. Syukurlah.
 
 
  Salam,
  Nuning
 
 
 
  Powered by Telkomsel BlackBerry®
 
  -Original Message-
  From: airmas...@yahoo.co.id
  Date: Fri, 16 Nov 2012 03:27:43
  To: iagi-net@iagi.or.id
  Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
  Subject: Re: [iagi-net-l] Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah banyak BERUBAH
 --- BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!
 
  Pak Bro, Bu Bro, Mas Bro, Mba Bro..
  Saya kira masalah ini dah selesai krn masing2 sudah meminta maaf. Pak
 Ketua sudah mengklarifikasi.
  Jadi, tdk perlu lg diungkit2 atau dibahas.
  Moho maaf jika tdk berkenan.
  Salam.
  Powered by Telkomsel BlackBerry®
 
  -Original Message-
  From: Nataniel Mangiwa nataniel.mang...@gmail.com
  Date: Fri, 16 Nov 2012 10:10:31
  To: iagi-net@iagi.or.id
  Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
  Subject: Re: [iagi-net-l] Re: TATAPOLITIK Indonesia sudah banyak BERUBAH
 ---
  BREAKING NEWS :BP MIGAS BUBAR!!
 
  wah kalau sudah main2 hukum saya mundur teratur, lebih baik tidak
  menyentuh sedikitpun kata2 Bpmigas.
 
 
 
  2012/11/16 nugraha...@yahoo.com:
  
   Setuju.
   Terima kasih Mino.
  
   Setuju agar menggunakan kalimat yang 

Re: [iagi-net-l] TOTAL BALIKPAPAN : PERPISAHAN PAK AUSSIE GAUTAMA

2012-09-22 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Pernah singgah juga di Total balikpapan dan berkesempatan mengenal dari dekat 
sosok Pak Aussie, seorang sosok manager yg hebat 
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Ok Taufik ok.tau...@gmail.com
Date: Sat, 22 Sep 2012 15:02:44 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] TOTAL BALIKPAPAN : PERPISAHAN PAK AUSSIE GAUTAMA
wah saya tak di undang pak?..kan pernah liwat juga di Total:))
Selamat buat Mas Aussie..semoga sukses di tempat baru dan
Selamat Buat rekan Noor, VP termuda yang pernah ada di total kali ya.

2012/9/22 Sujatmiko m...@cbn.net.id

 Rekan-rekan IAGI yang budiman,



 Dua minggu yang lalu, tak diduga tak dinyana, mang Okim ditelpon oleh Pak
 Aussie Gautama dari Total Balikpapan yang maksudnya  ingin mengundang mang
 Okim dan neng Ai untuk hadir di acara perpisahan  Pak Aussie yang konon
 akan
 menempati pos baru di BP Migas. Alasan mengundang  karena Pak Aussie ingin
 agar acara penting tersebut disaksikan oleh mang Okim yang 30 tahunan yang
 lalu ( 1982 ) merekrutnya masuk ke Total Balikpapan. Mendapat undangan
 tulus
 tersebut mang Okim merasa  terharu, tersanjung, dan sekaligus bangga,
 sehingga langsung  menerimanya - - - apalagi bisa  tinggal sampai hari
 Sabtunya di kota Balikpapan yang bagi mang Okim dan keluarga  merupakan
 kota
 yang penuh dengan kenangan manis.



 Peristiwa perekrutan Pak Aussie di tahun 1982 masih segar terbayang dalam
 ingatan mang Okim. Geologist yang dibutuhkan saat itu bukan hanya yang
 academic recordnya hebat tetapi juga yang punya keberanian berargumentasi
 dengan  expatriates dalam rangka Indonesianisasi. Dengan  CV Pak Aussie
 yang
 luar biasa bobotnya antara lain sebagai mantan Ketua DM ITB, penerjun bebas
 , anggota Wanadri, pendaki puncak Pegunungan Carzten di Irja, pemenang
 karya
 ilmiah mahasiswa ITB, dan lain-lain, maka rekruitmennya harus segera
 diproses. Prosedurnya potong kompas, tidak pakai technical test , cukup
 interview dengan expatriates tentang  keluarga, hobbi, dan  kegiatan
 sehari-harinya. Interviewnya tidak saja  di kantor tetapi juga di meja
 makan
 di rumah, dimana  Pak Aussie diapit oleh dua expatriates yang
 diinstruksikan
 untuk mengajak ngobrol Pak Aussie. Setelah mendapatkan nilai positif dari
 rekan-rekan expatriates, hari itu juga Pak Aussie diterima di Total
 Balikpapan.



 Alangkah bangganya mang Okim bahwa 30 tahun kemudian, Pak Aussie dengan
 jabatannya yang begitu presticious di Total Balikpapan yaitu sebagai Vice
 President  Geo-Science and Reservoir / GSR dengan sekitar 270 personel
 Indonesia dan expatriates di bawah koordinasinya ,  akan meninggalkan
 posnya
 demi meningkatkan pengabdiannya kepada nusa dan bangsanya  melalui  BP
 Migas. Dengan segudang pengalaman internasionalnya di Total antara lain di
 Kantor Pusat Paris sebagai koordinator  proyek-proyek Total di
 Kanada,Pakistan, Norwegia, Myanmar ( 1991-93 ), GG Manager di Libya (
 1998-2000 ), Head Geosciences di Paris yang menangani project deep water
 offshore di Nigeria ( 2005-2007 ), mang Okim berharap dan mendo'akan semoga
 peran dan tanggung jawab Pak Aussie di BP Migas  akan meningkat lagi.



 Acara perpisahan  yang  aduhai



 Acara perpisahan Pak Aussie - Bu Hilda  di Novotel ( ex Hotel Balikpapan )
 pada Kamis malam 13 September sungguh luar biasa. Sekitar 500 undangan
 termasuk banyak expatriates memenuhi meja-meja bundar yang ditata rapih di
 ball-room Novotel. Back-drop nya didesain khusus dengan gambar Pak Aussie -
 Bu Hilda dalam dua versi, yang satu versi  jenaka dan yang satunya lagi
 bernuansa religi. Mang Okim dan neng Ai mendapat kehormatan luar biasa,
 ditempatkan di meja VIP bersama bos Total Balikpapan Pak Hardy Pramono dan
 pasangan Pak Aussie, Pak Dicky ( Eddy Sudigdjo ), serta dua expatriates (
 Vice VP Drilling ). Pak Noor Syarifuddin dan Ibu yang akan menggantikan
 posisi Pak Aussie sebagai VP GSR  menempati meja di  samping meja VIP 1.
 Program acaranya dikemas sedemikian rupa sehingga setiap orang yang hadir
 dapat merasakan betapa berhasilnya Pak Aussie dalam human relationnya
 dengan
 subordinates dan rekan-rekan lintas jabatannya. Seluruh yang hadir terkesan
 cinta dan sekaligus respect kepada pasangan Pak Aussie dan Bu Hilda.



 Keberhasilan acara perpisahan Pak Aussie - Bu Hilda  tentunya tidak
 terlepas
 dari peran serta Pak Dicky yang mengkoordinir  band musik yang mengiringi
 hampir seluruh acara. Seusai penyampaian  sambutan oleh Pak Hardy Pramono
 dan Pak Aussie ( keduanya menyinggung tentang mang Okim - - - sampai malu
 deeh ),  acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama
 dengan personel beberapa divisi di bawah koordinasi Pak Aussie. Sebelum
 acara ditutup, Pak Aussie secara mengejutkan menunjukkan kebolehannya dalam
 meniup flute dan menyanyi solo, membawakan lagu romantis yang menyentuh
 hati
 yaitu  Setangkai Bunga ciptaan The Rollies (  diiringi guitar   Pak Eddy
 Sudigdjo, Sr. Geologist yang juga direkrut di masa mang Okim 

Re: [iagi-net-l] TOTAL BALIKPAPAN : PERPISAHAN PAK AUSSIE GAUTAMA

2012-09-22 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Pernah singgah juga di Total balikpapan dan berkesempatan mengenal dari dekat 
sosok Pak Aussie, seorang sosok manager hebat secara karir dan yg jauh lebih 
hebat lagi adalah kemampuan human relationnya, beliau tidak segan segan 
mendatangi dan menyalami semua staf, mendengar dan berbagi pengalaman beliau.

Salam dan hormat saya untuk pak Aussie dan selamat bertugas di tempat baru, 
semoga selalu dalam lindungan Allah SWT.

Salam,
Ginanjar Nugraha
 
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Ok Taufik ok.tau...@gmail.com
Date: Sat, 22 Sep 2012 15:02:44 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] TOTAL BALIKPAPAN : PERPISAHAN PAK AUSSIE GAUTAMA
wah saya tak di undang pak?..kan pernah liwat juga di Total:))
Selamat buat Mas Aussie..semoga sukses di tempat baru dan
Selamat Buat rekan Noor, VP termuda yang pernah ada di total kali ya.

2012/9/22 Sujatmiko m...@cbn.net.id

 Rekan-rekan IAGI yang budiman,



 Dua minggu yang lalu, tak diduga tak dinyana, mang Okim ditelpon oleh Pak
 Aussie Gautama dari Total Balikpapan yang maksudnya  ingin mengundang mang
 Okim dan neng Ai untuk hadir di acara perpisahan  Pak Aussie yang konon
 akan
 menempati pos baru di BP Migas. Alasan mengundang  karena Pak Aussie ingin
 agar acara penting tersebut disaksikan oleh mang Okim yang 30 tahunan yang
 lalu ( 1982 ) merekrutnya masuk ke Total Balikpapan. Mendapat undangan
 tulus
 tersebut mang Okim merasa  terharu, tersanjung, dan sekaligus bangga,
 sehingga langsung  menerimanya - - - apalagi bisa  tinggal sampai hari
 Sabtunya di kota Balikpapan yang bagi mang Okim dan keluarga  merupakan
 kota
 yang penuh dengan kenangan manis.



 Peristiwa perekrutan Pak Aussie di tahun 1982 masih segar terbayang dalam
 ingatan mang Okim. Geologist yang dibutuhkan saat itu bukan hanya yang
 academic recordnya hebat tetapi juga yang punya keberanian berargumentasi
 dengan  expatriates dalam rangka Indonesianisasi. Dengan  CV Pak Aussie
 yang
 luar biasa bobotnya antara lain sebagai mantan Ketua DM ITB, penerjun bebas
 , anggota Wanadri, pendaki puncak Pegunungan Carzten di Irja, pemenang
 karya
 ilmiah mahasiswa ITB, dan lain-lain, maka rekruitmennya harus segera
 diproses. Prosedurnya potong kompas, tidak pakai technical test , cukup
 interview dengan expatriates tentang  keluarga, hobbi, dan  kegiatan
 sehari-harinya. Interviewnya tidak saja  di kantor tetapi juga di meja
 makan
 di rumah, dimana  Pak Aussie diapit oleh dua expatriates yang
 diinstruksikan
 untuk mengajak ngobrol Pak Aussie. Setelah mendapatkan nilai positif dari
 rekan-rekan expatriates, hari itu juga Pak Aussie diterima di Total
 Balikpapan.



 Alangkah bangganya mang Okim bahwa 30 tahun kemudian, Pak Aussie dengan
 jabatannya yang begitu presticious di Total Balikpapan yaitu sebagai Vice
 President  Geo-Science and Reservoir / GSR dengan sekitar 270 personel
 Indonesia dan expatriates di bawah koordinasinya ,  akan meninggalkan
 posnya
 demi meningkatkan pengabdiannya kepada nusa dan bangsanya  melalui  BP
 Migas. Dengan segudang pengalaman internasionalnya di Total antara lain di
 Kantor Pusat Paris sebagai koordinator  proyek-proyek Total di
 Kanada,Pakistan, Norwegia, Myanmar ( 1991-93 ), GG Manager di Libya (
 1998-2000 ), Head Geosciences di Paris yang menangani project deep water
 offshore di Nigeria ( 2005-2007 ), mang Okim berharap dan mendo'akan semoga
 peran dan tanggung jawab Pak Aussie di BP Migas  akan meningkat lagi.



 Acara perpisahan  yang  aduhai



 Acara perpisahan Pak Aussie - Bu Hilda  di Novotel ( ex Hotel Balikpapan )
 pada Kamis malam 13 September sungguh luar biasa. Sekitar 500 undangan
 termasuk banyak expatriates memenuhi meja-meja bundar yang ditata rapih di
 ball-room Novotel. Back-drop nya didesain khusus dengan gambar Pak Aussie -
 Bu Hilda dalam dua versi, yang satu versi  jenaka dan yang satunya lagi
 bernuansa religi. Mang Okim dan neng Ai mendapat kehormatan luar biasa,
 ditempatkan di meja VIP bersama bos Total Balikpapan Pak Hardy Pramono dan
 pasangan Pak Aussie, Pak Dicky ( Eddy Sudigdjo ), serta dua expatriates (
 Vice VP Drilling ). Pak Noor Syarifuddin dan Ibu yang akan menggantikan
 posisi Pak Aussie sebagai VP GSR  menempati meja di  samping meja VIP 1.
 Program acaranya dikemas sedemikian rupa sehingga setiap orang yang hadir
 dapat merasakan betapa berhasilnya Pak Aussie dalam human relationnya
 dengan
 subordinates dan rekan-rekan lintas jabatannya. Seluruh yang hadir terkesan
 cinta dan sekaligus respect kepada pasangan Pak Aussie dan Bu Hilda.



 Keberhasilan acara perpisahan Pak Aussie - Bu Hilda  tentunya tidak
 terlepas
 dari peran serta Pak Dicky yang mengkoordinir  band musik yang mengiringi
 hampir seluruh acara. Seusai penyampaian  sambutan oleh Pak Hardy Pramono
 dan Pak Aussie ( keduanya menyinggung tentang mang Okim - - - sampai malu
 deeh ),  acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama
 dengan personel beberapa divisi di bawah

Re: [iagi-net-l] Re: hallo

2012-07-06 Terurut Topik ginanjar . nugraha
 
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Yanto R. Sumantri yrs_...@yahoo.com
Date: Wed, 4 Jul 2012 23:30:52 
To: mardhan abdullahmardha...@yahoo.com; 
iagi-net@iagi.or.idiagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: [iagi-net-l] Re: hallo


 Mardhan
Yh begitulah kehidupan  , akhirnya hehehe

Tlg doneng dongeng dari KL dong ,karena sejak RDP pindah ke Jarata , dongeng 
dongenG dari KL ( kecuali mengenai TKI)kok sangat deikit !!!
si Abah



 From: mardhan abdullah mardha...@yahoo.com
To: Yanto R. Sumantri yrs_...@yahoo.com 
Sent: Thursday, July 5, 2012 10:42 AM
Subject: Re: hallo
 

Assalammualaikum,
kangYanto, alhamdulillah kami seklg baik-2 saja.  Saya lagi sendirian di KL 
karena Atih lagi pulang ke Jakarta karena Ihsan lagi libur sekolah dan barusan 
saja tanggal 29 June kemaren ke Jakarta.  Memang aneh kedengarannya kalau 
dipanggil pak Mardhan oleh kang Yanto.  Mudah-2an dan insyaAllah akan kami 
sempatkan untuk hadir dalam pernikahan dr.Resta and Ir.Frieska di Bandung pada 
tanggal-2 tersebut. Kalau Ihsan dia ngambil jurusan Geophysical dan insyAllah 
selesai akhir tahun ini.  Katanya dia mau kerja dulu di State.  Mungkin akan 
mantu lagi tahun 2013 atau 2014 terserah Ihsan, kapan dia mau berkeluarga.  
InsyaAllah Lebaran ini kami akan ke Bandung terutama untuk hadir di rumahnya 
mang Ipin dan tentunya kerumah kang Yanto.  Jadi ayeuna tos aya penggantinya 
almh ceu Nenden, nuhun and congratulate, selamat.  Nuhun 
Wassalam
Mardhan

From: Yanto R. Sumantri yrs_...@yahoo.com
To: mardhan abdullah mardha...@yahoo.com 
Sent: Thursday, July 5, 2012 10:31 AM
Subject: hallo





Hallo Mardhan 

Apak kabar pak Mardhan , hehehehe aneh ya kedengarannya .
Ada kabar keluarga yaitu dua orng keponakan (cewe cewe) ti , Resta (dr , anak 
Erry) mau kawin 1 September 2012 , Frieska ( Arsitek , anak Yanti kawin nanti 
Januari 2013). Kapan Anda mantu lagi ? Di Banding /Jakarta aja ya , jangan di 
KL , kitanya ongkosnya mahal.
Kalau Lebaran ke Indonesia , datang dong kerumah ku , biar kebal dengan istri 
aku .

si Abah


Re: [iagi-net-l] Yth Pak Ong dan Prof. Sukendar Asikin

2012-06-27 Terurut Topik ginanjar . nugraha
   R
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Yustinus Suyatno Yuwono yuw...@gc.itb.ac.id
Date: Wed, 27 Jun 2012 14:36:59 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net-l] Yth Pak Ong dan Prof. Sukendar Asikin
He..he.. Mas Yanto Abah yg semakin bijak, trimakasih atas atensinya, gimana
kalau ada yang buka paguyuban pensiunan geologi Indonesia??

Salam hangat,

YSY

 

From: Yanto R. Sumantri [mailto:yrs_...@yahoo.com] 
Sent: Wednesday, June 27, 2012 1:23 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Yth Pak Ong dan Prof. Sukendar Asikin

 

Sdr Yatno sang Mahaguru yang baik hati.

 

Selamat atas tercapainya masa bakti sampai ke jenjang purna bakti , semoga
tetap berkiprah dan tetap berjiwa guru sehingga tidak berhenti untuk
menebarkan ilmu yang Anda miliki.

 

 

Selamat.

 

si Abah

 

  _  

From: Yustinus Suyatno Yuwono yuw...@gc.itb.ac.id
To: iagi-net@iagi.or.id 
Sent: Tuesday, June 26, 2012 5:26 PM
Subject: [iagi-net-l] Yth Pak Ong dan Prof. Sukendar Asikin





Trimakasih Pak Ong dan Prof Sukendar Asikin atas attensinya yang adalah
guru- guru saya di luar maupun di dalam kelas. Pak Kendar sory, waktu itu
yang bikin undangan panitia seminar, mungkin Bp. terlewatkan. Sekali- kali
saya tidak akan pernah melupakan Bp yang adalah salah satu guru teladan
favorit saya. Ternyata kita telah sama- sama tua, sudah pada pension. Terima
kasih atas encouragement-nya Pak, semoga saya masih punya kesempatan berbagi
ilmu, amin.

Salam,

Yatno.

 

From: Ong Han Ling [mailto:wim...@singnet.com.sg] 
Sent: Tuesday, June 12, 2012 8:13 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net-l] Buku petrologi gratis

 

Pak Yatno,

 

Saya ingin mengucapkan selamat atas masa purnabakti Anda. Maaf sekali saya
waktu itu tidak buka internet hingga tidak tahu. Memang saya jarang bertemu
akir-akir ini. Tapi saya masih ingat akan keuletan Anda untuk memberi ilmu
ke siapa saya yang memerlukan. Kegigihan ini harap diteruskan. Sekarang
banyak data bisa diperoleh dari internet. Jadi moga-moga Anda terus
menyumbangkan pengetahuan Anda.

 

Salam untuk keluarga Anda.

 

HL Ong.

 

 

 

From: Yustinus Suyatno Yuwono [mailto:yuw...@gc.itb.ac.id] 
Sent: Monday, June 11, 2012 3:27 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net-l] Buku petrologi gratis

 

Rekan-2 semua yth.

Maaf, buku memoir petrologi sudah habis terkirim, maaf yang tidak kebagian.

Trimakasih atas tanggapannya yang positif.

Salam,

YSY.

 

From: Yustinus Suyatno Yuwono [mailto:yuw...@gc.itb.ac.id] 
Sent: Wednesday, May 30, 2012 12:06 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: [iagi-net-l] Buku petrologi gratis

 

Rekan-2  yth.

Saya mencetak buku memoir purnabakti 300 hal berjudul : Petrologi dan
magmatisme Sulawesi Selatan dan Jawa serta implikasi Tektoniknya, dibagikan
pada tgl 16 Mei yl di Sabuga pada saat seminar sehari pelepasan purnabakti
saya dan P Theo. Masih ada sisa buku, siapa yang berminat bidang petrologi
maupun tektonik, juga para mhs bekas bimbingan saya (S1, S2, maupun S3) yang
berminat nanti saya kirim via pos, tolong kirim alamat lengkap sms kan ke no
HP saya No 081220328909. Prinsipnya buku tidak dijual, tetapi kalo ada yang
mo nyumbang ongkos cetak dan ongkos kirim akan diterima dengan senang.

Salam,

YSY (Yatno)

 




Re: [iagi-net-l] kenaikan (harga) BBM...

2012-03-26 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Sepakat pak!

Selogis apapun penjelasan pemerintah tentang urgensi dari kenaikan BBM saat ini 
tetap akan sulit diterima oleh masyarakat pada umumya.

Rencana kenaikan BBM ini mungkin hanya jadi pemicu akan aksi2 demonstrasi yg 
pada essensinya menyuarakan ketidakpuasan terhadap pemerintah dalam menyikapi 
kasus2 kejahatan korupsi dan dinamika politik nasional pada umumnya.

Benyamin mangkudilaga dalam acara ILC di TVone sempat menyatakan.. Masyarakat 
akan cukup terhibur dari kenaikan BBM ini kalau penegakan hukum atas kasus2 
korupsi besar itu ada! 

Aksi demo pada awal tahun 1997 pun kalau tidak salah awalnya menyuarakan aksi 
menuntut penurunan harga sembako dan pada akhirnya bereskalasi menjadi aksi 
perubahan kepemimpinan nasional! 

Semoga hal itu tidak terjadi lagi, pemerintah bertahan sampai 2013 dan 
presiden/kepemimpinan baru yg jauh lebih bersih, tegas dan rasional terpilih.

Insya allah.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Agus Budiluhur agus.budilu...@gmail.com
Date: Tue, 27 Mar 2012 11:03:22 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] kenaikan (harga) BBM...
Rekans

Fenomena yang terjadi saat ini, sangat kemungkinan dipicu oleh kondisi
psikologis masyarakat, dimana masyarakat (atau setidaknya terwakili oleh
saya) hampir setiap hari disuguhuin oleh berita-berita yang menggambarkan
betapa tidak efesien-nya penyelenggaraan administrasi (kekuasaan) negara
sekarang ini (baik yang di eksekutif, legislatif atau bahkan yudikatif),
yaitu dengan banyaknya kebocoran keuangan negara, dan problem yang
menyakitkan adalah hal-hal tersebut tidak pernah tuntas terselesaikan
tetapi malah ditimpa dengan penyimpangan (kasus2 korupsi) yang lain! Dan
kita sudah terlalu muak untuk melihat kondisi ini, tanpa bisa melakukan
apa-apa hanya bengong2 aja menyaksikan para badut2 tersebut bermain di
panggung sandiwara. Maka tidak heran, logika para antidemonstran hanyalah
suatu penolakan yang recessive, lebih2 kalau kemudian ditunggangi oleh
badut2 politisi yang saat tidak kebagian kue...

Kalau dibilang bahwa waktunya (untuk menaikkan harga BBM) tidak tepat,
terus kapan? Kapan republik ini bisa membenahi administrasinya (regardless
mereka berasal dari existing partai manapun)? Belum lagi masalah
pembangunan nasional yang tak tahu arah (tak jelas) di hampir semuuuaa
sektor.

Kalau mau melogikakan kondisi saat ini apakah harga BBM atau tidak perlu,
sebaiknya jangan pakai logika!

Salam

-abl- (rakyat kecil yang berharap situasi ini tetap dalam koridor damai dan
tidak mengganggu kepentingan umum)
NPA 2156
2012/3/27 PRAKOSO, Anton prakoso.an...@gmail.com

  sebenarnya subsidi BBM itu bisa ditekan kalau sarana dan prasarana yang
 ada itu nyaman, aman dan efisien; misalkan public transportation contohnya

 kalau ini bisa dibikin nyaman, aman dan efisien (tepat waktu), banyak
 mungkin yang nggak ke kantor bawa kendaraan pribadi tetapi naik public
 transport; berapa konsumsi BBM yang bisa dikurangi/ditekan

 lhah di jakarta yang nggak lihat jam dan hari; dimana-mana macet, bahkan
 sempat denger ada yang bilang bahwa jakarta sudah bukan 'macet' lagi
 istilahnya, tapi 'kendaraan parkir di jalan' plus mesin dan AC yang hidup
 terus, berapa konsumsi BBM yg terbuang sia-sia hanya untuk diam di jalan
 ataupun kalau jalan hanya 10 meter/jam apalagi klo hujan

 jalanan sempit dan rusak pun mengakibatkan konsumsi BBM yang tinggi juga,
 truk2 pengangkut sembako yang harusnya bisa sampe tujuan 10 jam, molor jadi
 17 jam; kan sudah agenda rutin tahunan sebelum Lebaran kalau pantura itu
 selalu diperbaiki karena jalan yg banyak lubang, rusak, bocel sana sini

 jadi hemat saya kalau cuman lihat big picture nya bahwa BBM naik karena
 harga minyak mentah naik kok ya kurang pas juga; karena komponen2 lain yang
 membuat subsidi BBM melonjak itu nggak coba diurut satu2, karena nggak cuma
 di jakarta saja tetapi hampir disemua daerah lebarnya ruas jalan
 nggak/kurang berkembang cepat yang mengakibatkan lambatnya perjalanan dari
 satu tempat ke tempat lain, efeknya ke BBM

 pertanyaannya, apakah dengan naikkan BBM ini solusi sesaat atau jangka
 panjang ? ataukah benang kusut konsumsi BBM yang meningkat ini perlu
 dilihat lebih jernih lagi sebabnya...

 monggo kerso


 On 26 Mar 2012, at 21:56, Ok Taufik ok.tau...@gmail.com wrote:

  Harga BBM di dunia akan naik terus untuk negara yang kecil cadangannya
 seperti Indonesia dan tergantung atas import, waktu kenaikan BBM juga tak
 bisa di tolak lagi kapan akan dinaikkan, bisa tiap semester. setiap tahun
 sampai negara ini sudah tak mampu mengontrolnya lagi.
 Selama kebanyakan dari bangsa ini life stylenya boros BBM maka kesulitan
 tersebut lebih terasa. Sampai waktunya negara tak bisa lagi mengontrol
 tingkat konsumsi BBM maka swasta akan mengambil alih sepenuhnya harga BBM
 sesuai permintaan. Akankah harga BBM akan bisa lebih tinggi dari saat ini?,
 sangat mungkin bisa 2x lipat dan seterusnya karena pemerintah tak punya
 cadangan 

Re: [iagi-net-l] Terimakasih ---Re: [iagi-net-l] Kabar duka

2011-08-13 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Amin yaa rabbal alamin

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: abacht...@cbn.net.id
Date: Tue, 9 Aug 2011 21:33:15 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: [iagi-net-l] Terimakasih ---Re: [iagi-net-l] Kabar duka
Terimakasih buat semua sahabat IAGI yg langsung atau tdk langsung telah 
mendoakan dan memberi penguatan pada saat sakit, kritis, sampai meninggalnya 
ibuku 5 agustus 2011 20:33, dan pemakaman almarhumah 6 agustus 2011 11:00 di 
Malang, Jawa Timur, minggu lalu

Ratusan ucapan belasungkawa tak terbalaskan satu persatu, tak sempat juga 
bicara pada dinding2 atau saling menatap dari wajah ke wajah.

Tapi percayalah: sedekah sapaan tuan adlh angin semangat yg mengangkat sayap2 
kesedihan, yg sempat terkulai lemah, krn perginya ibu memenuhi janji dg Allah.

Di kuburan muslim, Malang, Sumbersari, jasad ibu kini terbaring sendiri. Di 
surga di pelukan Allah, sukma ibu kini berumah. Insyaallah, amin, doa kita 
semua diijabah.

Kematian adlh rahasia Allah,
kesedihan dan rasa kehilangan adlh anugrah: untuk kita semua bersiap menyusul 
ibu ke sana.

Ya Allah, ampunilah ibu dan kasihilah ibu sebagaimana ibu telah mengasihi kami 
di waktu kecil.

Amin

ADB dan keluarga besar Prof. H.M.A. Icksan, Malang
--Original Message--
From: anto sugiharto
To: iagi-net@iagi.or.id
ReplyTo: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Kabar duka
Sent: Aug 8, 2011 20:26

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Allahumaghfirlahu warhamhu wa afihi wa'fu 
anhu. Pak Andang. Turut berduka cita atas wafatnya ibunda tercinta. Wassalam,   
Pada 6 Agustus 2011 02:05, zainal_suw...@yahoo.co.id menulis: Innalillahi wa 
inna ilaihi rojiun,             Turut berbelasungkawa atas berpulangnya ibunda 
pak andang ke rahmatullah, turut mendoakan semoga almarhumah mendapatkan tempat 
terbaik disisi-Nya, diterima semua amal ibadahnya diampuni segala dosanya. 
Amiin.                        Salam Powered by Telkomsel BlackBerry® 
-Original Message- From: Nyoto ssoena...@gmail.com Date: Sat, 6 Aug 
2011 05:54:16 To: iagi-net@iagi.or.idiagi-net@iagi.or.id Reply-To: 
iagi-net@iagi.or.id Cc: IAGIiagi-net@iagi.or.id Subject: Re: [iagi-net-l] 
Kabar duka Inna Lillahi Wainna Illahi Rodji'uun Kami turut berduka atas 
wafatnya ibu Padmi, ibunda tercinta dr pak Andang Bachtiar tadi malam. Semoga 
arwah almarhumah diterima disisiNya, diampuni dosa2nya, dilipatgandakan 
pahalanya serta dilapangkan alam kuburnya sampai ke akherat kelak, aameeen. Dan 
kpd kelg yg ditinggalkan mendapatkan kekuatan, ketabahan  kesabarannya ... 
YRA. Wass, Nyotokelg Sent from my iPhone 3GS Powered by Maxis On Aug 5, 2011, 
at 22:02, Rovicky Dwi Putrohari rovi...@gmail.com wrote:  Innalillahi wa 
innailaihi rojiun, ibu Lastri Padmi (ibunya Andang  Bachtiar), telah menghadap 
sempurna ke hadiratnya 5 agustus 2011 20:33  di Malang,..mohon maafkan semua 
kesalahan,..mohon doanya..   Turut berduka  Rovicky dan keluarga.   --  
Sent from my mobile device   *Everybody is safety leader, You can stop any 
unsafe operation !*   

  PP-IAGI 2008-2011:  ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id  
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com  * 2 sekretariat (Jkt  
Bdg), 5 departemen, banyak biro...  

  Ayo siapkan diri!  Hadirilah Joint Convention Ma
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Re: Bls: [iagi-net-l] perturbation of elisional venting system

2010-03-02 Terurut Topik ginanjar . nugraha
Betul pak Andri, saya lebih nyaman berkutat untuk memahami suatu penjelasan 
daripada 'loncat' ke suatu kesimpulan tanpa mengerti atau paham proses yg 
mendasarinya.

Wass.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Andri Geo andri...@yahoo.com
Date: Tue, 2 Mar 2010 22:19:46 
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: Bls: [iagi-net-l] perturbation of elisional venting system
saya tidak malas bacanya... justru yg bikin saya malas comment2 gak mutu kayak 
gini

--- On Tue, 3/2/10, nyoto - ke-el ssoena...@gmail.com wrote:

From: nyoto - ke-el ssoena...@gmail.com
Subject: Re: Bls: [iagi-net-l] perturbation of elisional venting system
To: iagi-net@iagi.or.id
Date: Tuesday, March 2, 2010, 9:29 PM

Pak Awang ini memang senengnya yang panjang2, semua emailnya pak Awang
selalu panjng sekaleee  yg kadang2 bikin kita jadi males membacanya
... soalnya utk nyari kesimpulannya nggak mudah.

wass,
nyoto





2010/3/3 Awang Satyana awangsaty...@yahoo.com

 Panjang Pak ceritanya, nanti saya tuliskan tersendiri; itu kesimpulan saya
 terakhir soal penyebab Lusi berdasarkan analisis2 terakhir. Tidak semua bisa
 dicari di google he2..

 salam,
 Awang

 --- Pada Rab, 3/3/10, Rovicky Dwi Putrohari rovi...@gmail.com menulis:


 Dari: Rovicky Dwi Putrohari rovi...@gmail.com
 Judul: [iagi-net-l] perturbation of elisional venting system
 Kepada: IAGI iagi-net@iagi.or.id
 Tanggal: Rabu, 3 Maret, 2010, 11:30 AM


  hukum geologi bernama perturbation of elisional venting system;
 kayaknya ada yg terlewat ketika aku belajar geologi dasar.

 Pak Awang ... Apa sih hukum geologi yg satu ini ?
 Saya coba gugling kok ndak ketemu.

 RDP



      Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya
 sekarang! http://id.mail.yahoo.com






RE: [iagi-net-l] Challenging! Drilling dengan mudweight tinggi

2006-05-04 Terurut Topik Ginanjar . NUGRAHA
Analogi nya sama dengan mud enggineer yang melakukan filtrate loss test di
Mudlab di Rig.

Ketika 'paper filter'  yang berbeda ukuran nya nya (mesh). diberi tekanan
yang sama (dengan media fluid - Mud). Maka:

Paper filter yang berukuran mesh lebih besar akan menghasilkan mud cake
yang lebih tebal  dan lebih cepat (time) terbentuk.  sehingga dapat
menghentikan 'filtrate loss' (relatif  - 0).  Sebaliknya terjadi dengan
paper filter yg berukuran mesh lebih kecil.


GN





   
  Arief Budiman
  [EMAIL PROTECTED]To:   
'iagi-net@iagi.or.id' iagi-net@iagi.or.id
  .comcc: 
   Subject:  RE: [iagi-net-l] 
Challenging! Drilling dengan mudweight tinggi
  05/04/2006 01:00 
  PM   
  Please respond to
  iagi-net 
   
   




Kalau tight samasekali (= clay) itu benar mas, tidak ada mud invasion,
tidak
ada mud cake karena tidak ada aliran fluida antara bore hole dgn formation.

Tapi kalau ada K, tapi kecil sekali maka akan ada mud invasion, namun
karena
v.low K maka differential pressure yg ada antara mud dg formation tidak
efektif dalam pembentukan mud cake (aliran fluida antar borehole dg
formation tidak lancar sehingga solid content of mud tidak dapat nempel di
dinding), sehingga mud invasion (walaupun perlahan) tetap berlangsung
terus.

Untuk reservoir dg K yg cukup, mud invasion berlangsung secara cepat
(volum/waktu nya tinggi), namun segera berhenti sesaat setelah ada mud cake
terbentuk secara cepat pula karena pada K yg cukup differential pressure
sangat efektif untuk pembentukan mud cake (solid content nya mud terhisap
kuat oleh formation dan menempel/menyumbat dinding sumur) 
A R I E F   B U D I M A N
Pertamina - Eksplorasi Sumatra
Phone: (021) 350 2150 ext.1782
Mobile   : 0813 1770 4257 / (021) 70 23 73 63


-Original Message-
From: Iman Argakoesoemah [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, May 04, 2006 11:40 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net-l] Challenging! Drilling dengan mudweight tinggi

Bisa dijelaskan lebih jauh kenapa reservoirnya v.low K bisa terjadi mud
invasion berlangsung terus ? Bukannya reservoir yang tight akan lebih
sulit
dilalui oleh mud filtrate ?

Thanks. Iman

-Original Message-
From: Arief Budiman [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, May 04, 2006 11:15 AM
To: 'iagi-net@iagi.or.id'
Subject: RE: [iagi-net-l] Challenging! Drilling dengan mudweight tinggi


Supercharge lain lagi ceritanya Fer.
Peristiwa itu terjadi karena reservoirnya v.low K, sehingga Mud cake tidak
terbentuk secara sempurna yg berakibat mud invasion berlangsung terus
sehigga saat diukur (pressure test) pressure naik terus secara perlahan dan
kalau kita pantheng sampe lama akhirnya akan sama (mendekati) mud
pressure. 
A R I E F   B U D I M A N
Pertamina - Eksplorasi Sumatra
Phone: (021) 350 2150 ext.1782
Mobile   : 0813 1770 4257 / (021) 70 23 73 63


-Original Message-
From: [EMAIL PROTECTED]
[mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, May 03, 2006 3:29 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Cc: 'iagi-net@iagi.or.id'
Subject: RE: [iagi-net-l] Challenging! Drilling dengan mudweight tinggi

kalau makin sedikit fluid yang dihisap , sementara drilling pakai high MW ,
apa enggak  malah  banyak pengukuran yang jadi supercharge...?
jangan - jangan malah enggak valid.
ada yang pernah bandingkan hasilnya xpt dan mdt...?

Regards

Kartiko-Samodro
Telp : 3852



|-+
| |   Arief Budiman|
| |   [EMAIL PROTECTED]|
| |   .com|
| ||
| |   03/05/2006 03:58 |
| |   PM   |
| |   Please respond to|
| |   iagi-net |
| ||
|-+

---

--|
  |
|
  |   To:   'iagi-net@iagi.or.id' iagi-net@iagi.or.id
|
  |   cc:
|
  |   Subject:  RE: [iagi-net-l] Challenging! Drilling dengan mudweight
tinggi  |

---

--|




Dalam hal pengukuran di low K, keunggulan mdt ke xpt kurang lebih analog
dari rft ke mdt.

Yaitu dalam teknologi penghisapan 

Re: [iagi-net-l] SPBU Shell

2005-11-16 Terurut Topik Ginanjar . NUGRAHA
Regards,
Ginanjar Nugraha

DKS/OPG/WGO- Total EP Indonesie
Office   : 0542-534036
Mobile : 0812-5416477
 0811-592772 (2250)








   
  Ariadi Subandrio  
   
  ariadisubandrio@To:   iagi-net@iagi.or.id
   
  yahoo.com   cc:  
   
   Subject:  Re: [iagi-net-l] SPBU 
Shell   
  11/16/2005 05:59  
   
  PM
   
  Please respond to 
   
  iagi-net  
   

   

   




  deleted.

  Tulisan TAF dengan analisanya yang sangat canggih dan komprehensif serasa
advetorial terselubung untuk segment market yang tepat : masyarakat milis
dari golongan masyarakat makmur.

  Beberapa dari promosi TAF dalam tulisan yang menyanjung tinggi tersebut
sayangnya tanpa dukungan data konfirmasi dari lembaga berkompeten seperti
Sucofindo atau YLKI atau Metrologi. TAF yang kini katanya merdeka, seolah
merasa dirugikan selama hidupnya di Indonesia selama ini oleh Pertamax atau
pun P+ (namun gak pernah dan gak bisa komplain) menjadikan tulisannya
sebagai model marketing : Pembunuhan Karakter. Mirip dengan polanya Batavia
Air (batavia air connection?).

  Opininya TAF juga tanpa pemahaman mana yang seharusnya menjadi wilayah
disiplinnya Pertamina, mana disiplinnya Penegak Hukum, mana disiplinnya
pengusaha SPBU dsb. digebyah uyah seolah semuanya menjadi tanggung jawab e
Pertamina, digoreng menjadi tulisan promosional. salut.

  deleted.

Mas Ar, sekarang malah saya jadi yakin tulisan TAF ini memang advetorial
terselubung, karena saya menerima email/tulisan yg persis sama tapi nama
pengirimnya sama sekali berbeda berbeda (dan bukan suatu reply atau forward
email)

  ar-.
  (Terpesona sih boleh-boleh aja, tapi gak perlu berlama-lama apalagi
sampai menggoda mental kita untuk jadi terjajah, .




This e-mail (including any attached documents) is intended only for the
recipient(s) named above.  It may contain confidential or legally
privileged information and should not be copied or disclosed to, or
otherwise used by, any other person. If you are not a named recipient,
please contact the sender and delete the e-mail from your system.


-
To unsubscribe, send email to: iagi-net-unsubscribe[at]iagi.or.id
To subscribe, send email to: iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
Visit IAGI Website: http://iagi.or.id
IAGI-net Archive 1: http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/
IAGI-net Archive 2: http://groups.yahoo.com/group/iagi
Komisi Sedimentologi (FOSI) : Ratna Asharina 
(Ratna.Asharina[at]santos.com)-http://fosi.iagi.or.id
Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau [EMAIL PROTECTED]), 
Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)
-