[Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-21 Thread Putri yahya
mau nimbrung nich...

Salam Pramuka,

Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang 
sering dijual disetiap kegiatan.

Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.

Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul (oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria, inovatif 
dan meriah membuat kegiatan pramuka lebih menyenangkan.  

Jadi saya mendukung saran dari kak berthold agar para pinkon untuk membuat 
kontingen, sedikit-sedikit membuat perubahan yang inovatif gak apa-apa kaaan???

Selamat Berkreasi.

-Putri-



- Original Message 
From: "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]>
To: pramuka@yahoogroups.com
Sent: Saturday, September 20, 2008 19:06:01
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"



Ingat Pramuka itu hemat& bersahaja
Sudah ada badge kwartir apa perlu dbuat lagi badge kontingen kwartir
Kan tidak mungkin kontingen Riau pake Badge Kwartir Jawa Barat.
( ini bisa menjawab point 1 - 3 , Kecuali kalau Badge Kwartir sudah tidak jadi 
kebanggaan dan tidak ada nilai tukarnya. )

Salam
Tata

-E-mail d'origine--- --
De : Berthold Sinaulan 
A : [EMAIL PROTECTED] .com
Cc : [EMAIL PROTECTED] net.id; kwarnas.humas@ yahoo.co. id
Envoyé le : Samedi, 20 Septembre 2008 7:08
Sujet : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"

Salam Pramuka,
Ini ajakan pribadi berdasarkan pengalaman mengikuti berbagai jambore 
internasional. Saya mengajak kakak-kakak pimpinan Kwartir Daerah/Cabang atau 
pimpinan Kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia yang akan mengikuti 
Jambore Pramuka ASEAN (ASEAN Scout Jamboree) yang akan digelar di Bumi 
Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, 18-26 Oktober 2008, 
untuk 
MEMPERSIAPKAN dan MEMBUAT BADGE KONTINGEN masing-masing.
Badge itu berfungsi sebagai:
1.Dijahit di baju seragam, sebagai penanda seseorang merupakan bagian dari 
kontingen tertentu (bukan hanya peserta didik, tetapi juga para 
Pembina/pimpinan 
dan pembina pendamping kontingen).
2.Sebagai tanda kebanggaan bahwa kwartir (daerah/cabang) bersangkutan ikut 
berperan serta secara aktif dalam suatu jambore internasional.
3.Sebagai benda untuk tukar-menukar dengan peserta dari kontingen lain, baik 
dari dalam negeri maupun dari negara-negara ASEAN lainnya, untuk menjalin 
persahabatan dan persaudara
an pramuka yang universal.
Jadi, sekali lagi, saya mengajak kakak-kakak pimpinan Kwartir dan pembina 
pendamping kontingen yang akan berangkat ke Jambore Pramuka ASEAN untuk membuat 
badge kontingen masing-masing. Ayo berkreasi membuat badge yang desainnya unik 
dan menarik.
 
salam,
Berthold Sinaulan

Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail. com. 
http://mail. promotions. yahoo.com/ newdomains/ aa/

[Non-text portions of this message have been removed]

 - - --

 -
Be Prepared
Sekali Pramuka tetap Pramuka
 -

Pramuka email addresses:
Post message: [EMAIL PROTECTED] .com
Subscribe: Pramuka-subscribe@ yahoogroups. com
Unsubscribe: Pramuka-unsubscribe @yahoogroups. com

 - Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]




  New Email addresses available on Yahoo!
Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmail. 
Hurry before someone else does!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/aa/

[Non-text portions of this message have been removed]



Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-21 Thread Berthold Sinaulan
Salam Pramuka,
Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak 
perlu ada badge kontingen lagi. 
Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 
(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan). 
Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat 
lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.
Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.

--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

From: Putri yahya <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM






mau nimbrung nich...

Salam Pramuka,

Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang 
sering dijual disetiap kegiatan.

Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.

Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul (oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria, inovatif 
dan meriah membuat kegiatan pramuka lebih menyenangkan. 

Jadi saya mendukung saran dari kak berthold agar para pinkon untuk membuat 
kontingen, sedikit-sedikit membuat perubahan yang inovatif gak apa-apa kaaan???

Selamat Berkreasi.

-Putri-

- Original Message 
From: "[EMAIL PROTECTED] com" <[EMAIL PROTECTED] com>
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Sent: Saturday, September 20, 2008 19:06:01
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"

Ingat Pramuka itu hemat& bersahaja
Sudah ada badge kwartir apa perlu dbuat lagi badge kontingen kwartir
Kan tidak mungkin kontingen Riau pake Badge Kwartir Jawa Barat.
( ini bisa menjawab point 1 - 3 , Kecuali kalau Badge Kwartir sudah tidak jadi 
kebanggaan dan tidak ada nilai tukarnya. )

Salam
Tata

-E-mail d'origine--- --
De : Berthold Sinaulan 
A : [EMAIL PROTECTED] .com
Cc : [EMAIL PROTECTED] net.id; kwarnas.humas@ yahoo.co. id
Envoyé le : Samedi, 20 Septembre 2008 7:08
Sujet : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"

Salam Pramuka,
Ini ajakan pribadi berdasarkan pengalaman mengikuti berbagai jambore 
internasional. Saya mengajak kakak-kakak pimpinan Kwartir Daerah/Cabang atau 
pimpinan Kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia yang akan mengikuti 
Jambore Pramuka ASEAN (ASEAN Scout Jamboree) yang akan digelar di Bumi 
Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, 18-26 Oktober 2008, 
untuk 
MEMPERSIAPKAN dan MEMBUAT BADGE KONTINGEN masing-masing.
Badge itu berfungsi sebagai:
1.Dijahit di baju seragam, sebagai penanda seseorang merupakan bagian dari 
kontingen tertentu (bukan hanya peserta didik, tetapi juga para 
Pembina/pimpinan 
dan pembina pendamping kontingen).
2.Sebagai tanda kebanggaan bahwa kwartir (daerah/cabang) bersangkutan ikut 
berperan serta secara aktif dalam suatu jambore internasional.
3.Sebagai benda untuk tukar-menukar dengan peserta dari kontingen lain, baik 
dari dalam negeri maupun dari negara-negara ASEAN lainnya, untuk menjalin 
persahabatan dan persaudara
an pramuka yang universal.
Jadi, sekali lagi, saya mengajak kakak-kakak pimpinan Kwartir dan pembina 
pendamping kontingen yang akan berangkat ke Jambore Pramuka ASEAN untuk membuat 
badge kontingen masing-masing. Ayo berkreasi membuat badge yang desainnya unik 
dan menarik.

salam,
Berthold Sinaulan

Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail. com. 
http://mail. promotions. yahoo.com/ newdomains/ aa/

[Non-text portions of this message have been removed]

 - - --

 -
Be Prepared
Sekali Pramuka tetap Pramuka
 -

Pramuka email addresses:
Post message: [EMAIL PROTECTED] .com
Subscribe: Pramuka-subscribe@ yahoogroups. com
Unsubscribe: Pramuka-unsubscribe @yahoogroups. com

 - Yahoo! Groups Links

[Non-text portions of this message have been removed]

New Email addresses available on Yahoo!
Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmai

Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-21 Thread Dhanapala Scout
Menurut saya, masalah pembuatan Badge Kontingen di Indonesia adalah masalah 
kebiasaan/ kelaziman, bukan penghematan.

Lazim/ terbiasa untuk scouting? Ya!

Saat Jambori Pengakap Malaysia 2006 (Jamnas-nya Malaysia), saya punya beberapa 
badge kontingen negeri, diantaranya kontingen Johor, Kedah, KL, Negeri 9, 
Malaka, dll.
Bahkan dari teman di Philippines, ada juga badge kontingen JAMDUN dari 
Kontingen Manila.

Kalau dibandingkan dengan perlengkapan kontingen lainnya yang lebih mahal, 
* Jaket kontingen
* Topi kontingen
* Rompi kontingen
* Kaos, training olah raga, scraft, dll
Apalah arti sebuah badge?

Semua perlengkapan kontingen diatas punya fungsi yang sama dalam hal marketing 
di kontingennya. Tapi diantara sekian banyak item yang ada, hanya badge 
kontingen yang boleh dikenakan di seragam Pramuka kan?
Tinggal sekarang adalah adanya keinginan dan kreativitas masing-masing Pinkon.

Oya, Kontingen Jakarta Pusat sudah pernah memulainya untuk kegiatan Raimun 
Nasional 2008. Bentuknya oval berwarna oranye, dijahitkan di dada kiri seragam 
Pramuka. Saya sempat kebagian satu.

Nah... apakah Gerakan Pramuka akan memulai sebuah kebiasaan baru?
Nanti kita lihat di JAMBORE ASEAN 2008...

Salam...
FUAD

--- On Mon, 9/22/08, Berthold Sinaulan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
From: Berthold Sinaulan <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Monday, September 22, 2008, 3:21 AM











Salam Pramuka,

Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak 
perlu ada badge kontingen lagi. 

Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 

(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan) . 

Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat 
lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.

Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.



--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com> wrote:



From: Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com>

Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

To: [EMAIL PROTECTED] .com

Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM



mau nimbrung nich...



Salam Pramuka,



Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang 
sering dijual disetiap kegiatan.



Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.



Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul (oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria, inovatif 
dan meriah membuat kegiatan pramuka lebih menyenangkan. 



Jadi saya mendukung saran dari kak berthold agar para pinkon untuk membuat 
kontingen, sedikit-sedikit membuat perubahan yang inovatif gak apa-apa kaaan???



Selamat Berkreasi.



-Putri-



- Original Message 

From: "[EMAIL PROTECTED] com" <[EMAIL PROTECTED] com>

To: [EMAIL PROTECTED] .com

Sent: Saturday, September 20, 2008 19:06:01

Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"



Ingat Pramuka itu hemat& bersahaja

Sudah ada badge kwartir apa perlu dbuat lagi badge kontingen kwartir

Kan tidak mungkin kontingen Riau pake Badge Kwartir Jawa Barat.

( ini bisa menjawab point 1 - 3 , Kecuali kalau Badge Kwartir sudah tidak jadi 
kebanggaan dan tidak ada nilai tukarnya. )



Salam

Tata



-E-mail d'origine--- --

De : Berthold Sinaulan 

A : [EMAIL PROTECTED] .com

Cc : [EMAIL PROTECTED] net.id; kwarnas.humas@ yahoo.co. id

Envoyé le : Samedi, 20 Septembre 2008 7:08

Sujet : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"



Salam Pramuka,

Ini ajakan pribadi berdasarkan pengalaman mengikuti berbagai jambore 

internasional. Saya mengajak kakak-kakak pimpinan Kwartir Daerah/Cabang atau 

pimpinan Kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia yang akan mengikuti 

Jambore Pramuka ASEAN (ASEAN Scout Jamboree) yang akan digelar di Bumi 

Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, 18-26 Oktober 2008, 
untuk 

MEMPERSIAP

Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-21 Thread Dhanapala Scout
Menurut saya, masalah pembuatan Badge Kontingen di Indonesia adalah masalah 
kebiasaan/ kelaziman, bukan penghematan.

Lazim/ terbiasa untuk scouting? Ya!

Saat Jambori Pengakap Malaysia 2006 (Jamnas-nya Malaysia), saya punya beberapa 
badge kontingen negeri, diantaranya kontingen Johor, Kedah, KL, Negeri 9, 
Malaka, dll.
Bahkan dari teman di Philippines, ada juga badge kontingen JAMDUN dari 
Kontingen Manila.

Kalau dibandingkan dengan perlengkapan kontingen lainnya yang lebih mahal, 
* Jaket kontingen
* Topi kontingen
* Rompi kontingen
* Kaos, training olah raga, scraft, dll
Apalah arti sebuah badge?

Semua perlengkapan kontingen diatas punya fungsi yang sama dalam hal marketing 
di kontingennya. Tapi diantara sekian banyak item yang ada, hanya badge 
kontingen yang boleh dikenakan di seragam Pramuka kan?
Tinggal sekarang adalah adanya keinginan dan kreativitas masing-masing Pinkon.

Oya, Kontingen Jakarta Pusat sudah pernah punya untuk kegiatan Raimun Nasional 
2008. Bentuknya oval berwarna oranye, dijahitkan di dada kiri seragam Pramuka. 
Saya sempat kebagian satu.

Nah... apakah kita akan terbiasa?
Nanti kita lihat di JAMBORE ASEAN 2008...

Salam...
FUAD

--- On Mon, 9/22/08, Berthold Sinaulan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
From: Berthold Sinaulan <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Monday, September 22, 2008, 3:21 AM











Salam Pramuka,

Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak 
perlu ada badge kontingen lagi. 

Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 

(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan) . 

Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat 
lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.

Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.



--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com> wrote:



From: Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com>

Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

To: [EMAIL PROTECTED] .com

Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM



mau nimbrung nich...



Salam Pramuka,



Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang 
sering dijual disetiap kegiatan.



Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.



Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul (oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria, inovatif 
dan meriah membuat kegiatan pramuka lebih menyenangkan. 



Jadi saya mendukung saran dari kak berthold agar para pinkon untuk membuat 
kontingen, sedikit-sedikit membuat perubahan yang inovatif gak apa-apa kaaan???



Selamat Berkreasi.



-Putri-



- Original Message 

From: "[EMAIL PROTECTED] com" <[EMAIL PROTECTED] com>

To: [EMAIL PROTECTED] .com

Sent: Saturday, September 20, 2008 19:06:01

Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"



Ingat Pramuka itu hemat& bersahaja

Sudah ada badge kwartir apa perlu dbuat lagi badge kontingen kwartir

Kan tidak mungkin kontingen Riau pake Badge Kwartir Jawa Barat.

( ini bisa menjawab point 1 - 3 , Kecuali kalau Badge Kwartir sudah tidak jadi 
kebanggaan dan tidak ada nilai tukarnya. )



Salam

Tata



-E-mail d'origine--- --

De : Berthold Sinaulan 

A : [EMAIL PROTECTED] .com

Cc : [EMAIL PROTECTED] net.id; kwarnas.humas@ yahoo.co. id

Envoyé le : Samedi, 20 Septembre 2008 7:08

Sujet : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"



Salam Pramuka,

Ini ajakan pribadi berdasarkan pengalaman mengikuti berbagai jambore 

internasional. Saya mengajak kakak-kakak pimpinan Kwartir Daerah/Cabang atau 

pimpinan Kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia yang akan mengikuti 

Jambore Pramuka ASEAN (ASEAN Scout Jamboree) yang akan digelar di Bumi 

Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, 18-26 Oktober 2008, 
untuk 

MEMPERSIAPKAN dan MEMBUAT BADGE KONTINGEN masin

Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread tatanoers

 Kakak yang Pramuka

Kok sewot

Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga merupakan  
tanda peserta kontingen,
jadi kalau tidak mengerti kontingen  " dari mana " dari badge kwartirnya , dia  
kurang cermat.

HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya" badge 
kwartir sudah cukup.

BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang menurut 
hemat saya " sudah cukup penuh

Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )

Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara

Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat 
dan keiinginan kita

Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda 
peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan 
adalah  bab lain yaitu
Hemat - "cermat" - dan  bersahaja
coba baca sekali lagi komentar saya, dan jangan bersedih dan tidak ada yang 
bodoh,juga tidak ada yang lebih pintar,

terima kasih
Salam tiga jari
Salam Lima jari



 


 

-E-mail d'origine-
De : Berthold Sinaulan <[EMAIL PROTECTED]>
A : pramuka@yahoogroups.com
Envoyé le : Lundi, 22 Septembre 2008 5:21
Sujet : Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?










Salam Pramuka,
Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, 
cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak 
perlu 
ada badge kontingen lagi. 
Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 
(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan). 
Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat 
lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.
Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.

--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

From: Putri yahya <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM






mau nimbrung nich...

Salam Pramuka,

Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang 
sering 
dijual disetiap kegiatan.

Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu=2
0diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.

Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul (oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria, inovatif 
dan meriah membuat kegiatan pramuka lebih menyenangkan. 

Jadi saya mendukung saran dari kak berthold agar para pinkon untuk membuat 
kontingen, sedikit-sedikit membuat perubahan yang inovatif gak apa-apa kaaan???

Selamat Berkreasi.

-Putri-

- Original Message 
From: "[EMAIL PROTECTED] com" <[EMAIL PROTECTED] com>
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Sent: Saturday, September 20, 2008 19:06:01
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"

Ingat Pramuka itu hemat& bersahaja
Sudah ada badge kwartir apa perlu dbuat lagi badge kontingen kwartir
Kan tidak mungkin kontingen Riau pake Badge Kwartir Jawa Barat.
( ini bisa menjawab point 1 - 3 , Kecuali kalau Badge Kwartir sudah tidak jadi 
kebanggaan dan tidak ada nilai tukarnya. )

Salam
Tata

-E-mail d'origine--- --
De : Berthold Sinaulan 
A : [EMAIL PROTECTED] .com
Cc : [EMAIL PROTECTED] net.id; kwarnas.humas@ yahoo.co. id
Envoyé le : Samedi, 20 Septembre 2008 7:08
Sujet : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"

Salam Pramuka,
Ini ajakan pribadi berdasarkan pengalaman mengikuti berbagai jambore 
internasional. Saya mengajak kakak-kakak pimpinan Kwartir Daerah/Cabang atau 
pimpinan Kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia yang akan mengikuti 
Jambore Pramuka ASEAN (ASEAN Scout Jamboree) yang akan digelar di Bumi 
Perkemahan Pramuka Wila
datika, Cibubur, Jakarta Timur, 18-26 Oktober 2008, untuk 

MEMPERSIAPKAN dan MEMBUAT BADGE KONTINGEN masing-masing.
Badge itu berfungsi sebagai:
1.Dijahit di baju seragam, sebagai penanda seseorang merupakan bagian dari 
kontingen

RE: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread Aries Aprilian
Salam Pramuka,

Jujur, saya amati sekarang pramuka sudah kehilangan jati dirinya, bener kata
kak tata, Hemat Cermat dan bersahaja diantaranya adalah tidak perlu
membesar-besarkan yang kurang penting, apakah dengan tidak memakai badge
khusu prestasi kita jadi melorot?

Sekarang pramuka terkesan mahal, seragam aja ada yang harganya jutaan,
kemana semangat Dasa Darma nya?? Apakah sudah lupa akan kode kehormatan?

Sekian

Salam Pramuka

  _  

From: pramuka@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of
[EMAIL PROTECTED]
Sent: 22 September 2008 20:10
To: pramuka@yahoogroups.com
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

 


Kakak yang Pramuka

Kok sewot

Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga
merupakan  tanda peserta kontingen,
jadi kalau tidak mengerti kontingen  " dari mana " dari badge kwartirnya ,
dia  kurang cermat.

HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya"
badge kwartir sudah cukup.

BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang
menurut hemat saya " sudah cukup penuh

Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )

Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara

Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat
dan keiinginan kita

Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda
peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan
adalah  bab lain yaitu
Hemat - "cermat" - dan  bersahaja
coba baca sekali lagi komentar saya, dan jangan bersedih dan tidak ada yang
bodoh,juga tidak ada yang lebih pintar,

terima kasih
Salam tiga jari
Salam Lima jari

-E-mail d'origine-
De : Berthold Sinaulan mailto:bertholdsinaulan%40yahoo.com> yahoo.com>
A : [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
Envoyé le : Lundi, 22 Septembre 2008 5:21
Sujet : Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

Salam Pramuka,
Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, 
cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak
perlu 
ada badge kontingen lagi. 
Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai
badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 
(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan
bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan). 
Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga
disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat

lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.
Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.

--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya <[EMAIL PROTECTED]
<mailto:poe3lo3chu%40yahoo.com> com> wrote:

From: Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] <mailto:poe3lo3chu%40yahoo.com> com>
Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM

mau nimbrung nich...

Salam Pramuka,

Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge,
badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang
sering 
dijual disetiap kegiatan.

Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen
berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan
kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu=2
0diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.

Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul
(oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria,
inovatif 
dan meriah membuat kegiatan pramuka lebih menyenangkan. 

Jadi saya mendukung saran dari kak berthold agar para pinkon untuk membuat 
kontingen, sedikit-sedikit membuat perubahan yang inovatif gak apa-apa
kaaan???

Selamat Berkreasi.

-Putri-

- Original Message 
From: "[EMAIL PROTECTED] com" <[EMAIL PROTECTED] com>
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Sent: Saturday, September 20, 2008 19:06:01
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"

Ingat Pramuka itu hemat& bersahaja
Sudah ada badge kwartir apa perlu dbuat lagi badge kontingen kwartir
Kan tidak mungkin kontingen Riau pake Badge Kwartir Jawa Barat.
( ini bisa menjawab point 1 - 3 , Kecuali kalau Badge Kwartir sudah tidak
jadi 
kebanggaan dan tidak ada nilai t

Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread Putri yahya
wah kak aries, 

masalah seragam urusannya beda lagie...
saya malah gak setuju dengan seragam yang ada sekarang, esp Caterina yang 
dianggap paling Oke. bahanya mahal, panas, dan gak manfaat buat pramuka selain 
buat upacara bendera. menurut saya seharusnya seragam pramuka dari A-Z punya 
manfaat yang real buat penggunannya, contohnya aja Topi tikar Putri, apa 
gunannya? sering copot, susah pas di kepala, jadi rasanya kurang manfaat cuma 
ngeribetin doank... kenapa harus pake sepatu Pantofel u/ T/D? padahal mayoritas 
kegiatan kita dilapangan, dijamin lecet kan kalo pake sepatu itu kan?
Maaf kalo sebagai anak muda saya dianggap kurang memahami filosofi seragam, dll 
tapi menurut saya pramuka itu harusnya dinamis. disesuaikan dengan kebutuhan 
anggotanya saat ini. 

termasuk masalah badge, saat ini kan masalah grafic design kan lagi populer, 
kenapa gak para pramuka di rangsang untuk bisa kreative mendesign badge,... 

Balik lagi ke seragam, saya usul seragam pramuka diganti atau dimodifikasi agar 
penggunannya nyaman, terutama saat beraktifitas menjadi Pramuka. bisa untuk 
menjelajah, kerja bakti, diskusi, dll. jadi gak perlu ganti baju lapangan. 
malah gak bikin kita familiar di masyarakat karena baju lapangan kita beda-beda.
Pramuka kan buak buat upacara doank...

-putri-



- Original Message 
From: Aries Aprilian <[EMAIL PROTECTED]>
To: pramuka@yahoogroups.com
Sent: Monday, September 22, 2008 21:29:27
Subject: RE: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?


Salam Pramuka,

Jujur, saya amati sekarang pramuka sudah kehilangan jati dirinya, bener kata
kak tata, Hemat Cermat dan bersahaja diantaranya adalah tidak perlu
membesar-besarkan yang kurang penting, apakah dengan tidak memakai badge
khusu prestasi kita jadi melorot?

Sekarang pramuka terkesan mahal, seragam aja ada yang harganya jutaan,
kemana semangat Dasa Darma nya?? Apakah sudah lupa akan kode kehormatan?

Sekian

Salam Pramuka

_ 

From: [EMAIL PROTECTED] .com [mailto:[EMAIL PROTECTED] .com] On Behalf Of
[EMAIL PROTECTED] com
Sent: 22 September 2008 20:10
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

Kakak yang Pramuka

Kok sewot

Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga
merupakan  tanda peserta kontingen,
jadi kalau tidak mengerti kontingen  " dari mana " dari badge kwartirnya ,
dia  kurang cermat.

HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya"
badge kwartir sudah cukup.

BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang
menurut hemat saya " sudah cukup penuh

Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )

Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara

Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat
dan keiinginan kita

Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda
peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan
adalah  bab lain yaitu
Hemat - "cermat" - dan  bersahaja
coba baca sekali lagi komentar saya, dan jangan bersedih dan tidak ada yang
bodoh,juga tidak ada yang lebih pintar,

terima kasih
Salam tiga jari
Salam Lima jari

-E-mail d'origine--- --
De : Berthold Sinaulan mailto:bertholdsin aulan%40yahoo. com> yahoo.com>
A : [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka% 40yahoogroups. com> .com
Envoyé le : Lundi, 22 Septembre 2008 5:21
Sujet : Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

Salam Pramuka,
Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, 
cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak
perlu 
ada badge kontingen lagi. 
Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai
badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 
(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan
bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan) . 
Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga
disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat

lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.
Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.

--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya mailto:poe3lo3chu% 40yahoo.com> com> wrote:

From: Putri yahya mailto:poe3lo3chu% 40yahoo.com> com>
Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka% 40yahoogroups. com> .com
Date: Sunday, 21 Septemb

RE: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread Hendry Risjawan
Salam pramuka.

 

Saya setuju dgn yg dikatakan kak Aries, Pramuka mulai luntur jati dirinya,
Dasa Darma tdk sepenuhnya diamalkan, mungkin dgn setengah hati. Banyak
faktor yg membuat hal ini, kl saya ambil secara kasar dr faktor
Pembina/Pelatih & Kegiatan.

 

Banyak sdh Pembina2 kagetan/ paksaan di gudep2 dan mereka membuat kegiatan
yg tdk mengandung unsur pendidikan yg didalamnya ditanamkan nilai2 dasa
darma, permainan, kegiatan hanyalah sebatas kegiatan/permainan tidak
mengandung unsur pendidikan (Experiential Learning/ Education Learning).
Belum lagi motivasi yg menurun menjadi seorang Pramuka.

 

So kaitannya dgn badge, saya melihat badge itu sbg salah satu alat motivasi,
dpt membuat suatu kebanggaan bg peserta didik, bahkan dpt menginspirasi
rekan2 yg blm ikut Pramuka dpt ikut menjadi anggota Pramuka, krn paradigma
yg telah ditanamkan pakaian pramuka hanyalah spt dl, tdk ada yg dpt membuat
kebanggaan. Kl dikatakan kebanggaan ada didalam diri, itu benar & itu
menurut pribadi masing2, tetapi orang lain akan melihat secara visual
terlebih dahulu baru ia akan melihat ke pribadinya. Pembuatan badge adalah
hasil kreatifitas, dan kreatifitas itu sgt perlu utk meningkatkan fungsi
otak kanan, krn disekolah 95% yg difungsikan otak kiri sj, hal ini sgt
mengenaskan, apalagi jika kt mempelajari sejarah orang2 pintar spt einstein,
james watt, dll, mereka bukan termasuk org yg pintar tp mereka hebat dlm
merangsang otak kanan. Dan bagde yg bagus & kreatif sj tdk cukup, maka
kegiatan harus benar2 mengandung & menerapkan dasar darma utk menjadi orang
yg berkepribadian luhur, buat kegaiatn tdk hy sebatas pertemuan ttp
Education learning hrs dicapai, krn pd saat mereka pulang itulah yg diingat
sepanjang masa, buka senangnya sj.

 

Mengenai harga, kita bisa buat dgn harga murah, atau jika perlu kita buat
sendiri, toh di badge tdk hrs di bordir ttp di sablon jg bisa, apalagi di
pramuka sdh ada TKK sablon, jd kan ini sebagai wahana pelatihan utk
mengambil TKK, sekaligus bisa menjadi wirausaha. Banyak yg sdh kita dptkan
jika membuat badge sendiri, spt: TKK, kreatifitas, wirausaha.

 

Sekian & salam Pramuka

 

Trainers Club Indonesia 5th Anniversary

 

Life for Success

Salam Trainer

Regards, 

HENDRY RISJAWAN

  www.trainersclub.or.id <http://www.trainersclub.or.id/> 

  [EMAIL PROTECTED]

  _  

From: pramuka@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of
Aries Aprilian
Sent: Senin, 22 September 2008 21:29
To: pramuka@yahoogroups.com
Subject: RE: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

 

Salam Pramuka,

Jujur, saya amati sekarang pramuka sudah kehilangan jati dirinya, bener kata
kak tata, Hemat Cermat dan bersahaja diantaranya adalah tidak perlu
membesar-besarkan yang kurang penting, apakah dengan tidak memakai badge
khusu prestasi kita jadi melorot?

Sekarang pramuka terkesan mahal, seragam aja ada yang harganya jutaan,
kemana semangat Dasa Darma nya?? Apakah sudah lupa akan kode kehormatan?

Sekian

Salam Pramuka

_ 

From: [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com] On
Behalf Of
[EMAIL PROTECTED] <mailto:tatanoers%40aol.com> com
Sent: 22 September 2008 20:10
To: [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

Kakak yang Pramuka

Kok sewot

Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga
merupakan tanda peserta kontingen,
jadi kalau tidak mengerti kontingen " dari mana " dari badge kwartirnya ,
dia kurang cermat.

HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya"
badge kwartir sudah cukup.

BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang
menurut hemat saya " sudah cukup penuh

Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )

Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara

Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat
dan keiinginan kita

Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda
peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan
adalah bab lain yaitu
Hemat - "cermat" - dan bersahaja
coba baca sekali lagi komentar saya, dan jangan bersedih dan tidak ada yang
bodoh,juga tidak ada yang lebih pintar,

terima kasih
Salam tiga jari
Salam Lima jari

-E-mail d'origine-
De : Berthold Sinaulan mailto:bertholdsinaulan%40yahoo.com> yahoo.com>
A : [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
Envoyé le : Lundi, 22 Septembre 2008 5:21
Sujet : Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

Salam Pramuka,
Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah meng

RE: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread Aries Aprilian
@kak putri Maksud saya itu ya disana kak, seragam itu harus disesuaikan
dengan dasa darma, masa ada seragam jutaan...

 

  _  

From: pramuka@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of
Putri yahya
Sent: 23 September 2008 5:45
To: pramuka@yahoogroups.com
Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

 

wah kak aries, 

masalah seragam urusannya beda lagie...
saya malah gak setuju dengan seragam yang ada sekarang, esp Caterina yang
dianggap paling Oke. bahanya mahal, panas, dan gak manfaat buat pramuka
selain buat upacara bendera. menurut saya seharusnya seragam pramuka dari
A-Z punya manfaat yang real buat penggunannya, contohnya aja Topi tikar
Putri, apa gunannya? sering copot, susah pas di kepala, jadi rasanya kurang
manfaat cuma ngeribetin doank... kenapa harus pake sepatu Pantofel u/ T/D?
padahal mayoritas kegiatan kita dilapangan, dijamin lecet kan kalo pake
sepatu itu kan?
Maaf kalo sebagai anak muda saya dianggap kurang memahami filosofi seragam,
dll tapi menurut saya pramuka itu harusnya dinamis. disesuaikan dengan
kebutuhan anggotanya saat ini. 

termasuk masalah badge, saat ini kan masalah grafic design kan lagi populer,
kenapa gak para pramuka di rangsang untuk bisa kreative mendesign badge,... 

Balik lagi ke seragam, saya usul seragam pramuka diganti atau dimodifikasi
agar penggunannya nyaman, terutama saat beraktifitas menjadi Pramuka. bisa
untuk menjelajah, kerja bakti, diskusi, dll. jadi gak perlu ganti baju
lapangan. malah gak bikin kita familiar di masyarakat karena baju lapangan
kita beda-beda.
Pramuka kan buak buat upacara doank...

-putri-

- Original Message 
From: Aries Aprilian <[EMAIL PROTECTED] <mailto:kak_aries%40telkom.net.id>
net.id>
To: [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
Sent: Monday, September 22, 2008 21:29:27
Subject: RE: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

Salam Pramuka,

Jujur, saya amati sekarang pramuka sudah kehilangan jati dirinya, bener kata
kak tata, Hemat Cermat dan bersahaja diantaranya adalah tidak perlu
membesar-besarkan yang kurang penting, apakah dengan tidak memakai badge
khusu prestasi kita jadi melorot?

Sekarang pramuka terkesan mahal, seragam aja ada yang harganya jutaan,
kemana semangat Dasa Darma nya?? Apakah sudah lupa akan kode kehormatan?

Sekian

Salam Pramuka

_ 

From: [EMAIL PROTECTED] .com [mailto:[EMAIL PROTECTED] .com] On Behalf
Of
[EMAIL PROTECTED] com
Sent: 22 September 2008 20:10
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

Kakak yang Pramuka

Kok sewot

Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga
merupakan tanda peserta kontingen,
jadi kalau tidak mengerti kontingen " dari mana " dari badge kwartirnya ,
dia kurang cermat.

HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya"
badge kwartir sudah cukup.

BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang
menurut hemat saya " sudah cukup penuh

Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )

Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara

Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat
dan keiinginan kita

Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda
peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan
adalah bab lain yaitu
Hemat - "cermat" - dan bersahaja
coba baca sekali lagi komentar saya, dan jangan bersedih dan tidak ada yang
bodoh,juga tidak ada yang lebih pintar,

terima kasih
Salam tiga jari
Salam Lima jari

-E-mail d'origine--- --
De : Berthold Sinaulan mailto:bertholdsin aulan%40yahoo. com> yahoo.com>
A : [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka% 40yahoogroups. com> .com
Envoyé le : Lundi, 22 Septembre 2008 5:21
Sujet : Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

Salam Pramuka,
Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, 
cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak
perlu 
ada badge kontingen lagi. 
Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai
badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 
(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan
bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan) . 
Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga
disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat

lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga b

RE: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread Aries Aprilian
@ kak Hendry Risjawan

 

Bener kak, padahal Kode kehormatan itu nyawanya pramuka

 

  _  

From: pramuka@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of
Hendry Risjawan
Sent: 23 September 2008 10:32
To: pramuka@yahoogroups.com
Subject: RE: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

 

Salam pramuka.

Saya setuju dgn yg dikatakan kak Aries, Pramuka mulai luntur jati dirinya,
Dasa Darma tdk sepenuhnya diamalkan, mungkin dgn setengah hati. Banyak
faktor yg membuat hal ini, kl saya ambil secara kasar dr faktor
Pembina/Pelatih & Kegiatan.

Banyak sdh Pembina2 kagetan/ paksaan di gudep2 dan mereka membuat kegiatan
yg tdk mengandung unsur pendidikan yg didalamnya ditanamkan nilai2 dasa
darma, permainan, kegiatan hanyalah sebatas kegiatan/permainan tidak
mengandung unsur pendidikan (Experiential Learning/ Education Learning).
Belum lagi motivasi yg menurun menjadi seorang Pramuka.

So kaitannya dgn badge, saya melihat badge itu sbg salah satu alat motivasi,
dpt membuat suatu kebanggaan bg peserta didik, bahkan dpt menginspirasi
rekan2 yg blm ikut Pramuka dpt ikut menjadi anggota Pramuka, krn paradigma
yg telah ditanamkan pakaian pramuka hanyalah spt dl, tdk ada yg dpt membuat
kebanggaan. Kl dikatakan kebanggaan ada didalam diri, itu benar & itu
menurut pribadi masing2, tetapi orang lain akan melihat secara visual
terlebih dahulu baru ia akan melihat ke pribadinya. Pembuatan badge adalah
hasil kreatifitas, dan kreatifitas itu sgt perlu utk meningkatkan fungsi
otak kanan, krn disekolah 95% yg difungsikan otak kiri sj, hal ini sgt
mengenaskan, apalagi jika kt mempelajari sejarah orang2 pintar spt einstein,
james watt, dll, mereka bukan termasuk org yg pintar tp mereka hebat dlm
merangsang otak kanan. Dan bagde yg bagus & kreatif sj tdk cukup, maka
kegiatan harus benar2 mengandung & menerapkan dasar darma utk menjadi orang
yg berkepribadian luhur, buat kegaiatn tdk hy sebatas pertemuan ttp
Education learning hrs dicapai, krn pd saat mereka pulang itulah yg diingat
sepanjang masa, buka senangnya sj.

Mengenai harga, kita bisa buat dgn harga murah, atau jika perlu kita buat
sendiri, toh di badge tdk hrs di bordir ttp di sablon jg bisa, apalagi di
pramuka sdh ada TKK sablon, jd kan ini sebagai wahana pelatihan utk
mengambil TKK, sekaligus bisa menjadi wirausaha. Banyak yg sdh kita dptkan
jika membuat badge sendiri, spt: TKK, kreatifitas, wirausaha.

Sekian & salam Pramuka

Trainers Club Indonesia 5th Anniversary

Life for Success

Salam Trainer

Regards, 

HENDRY RISJAWAN

www.trainersclub.or.id <http://www.trainers <http://www.trainersclub.or.id/>
club.or.id/> 

trainersclub@ <mailto:trainersclub%40yahoogroups.com> yahoogroups.com

_ 

From: [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com] On
Behalf Of
Aries Aprilian
Sent: Senin, 22 September 2008 21:29
To: [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
Subject: RE: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

Salam Pramuka,

Jujur, saya amati sekarang pramuka sudah kehilangan jati dirinya, bener kata
kak tata, Hemat Cermat dan bersahaja diantaranya adalah tidak perlu
membesar-besarkan yang kurang penting, apakah dengan tidak memakai badge
khusu prestasi kita jadi melorot?

Sekarang pramuka terkesan mahal, seragam aja ada yang harganya jutaan,
kemana semangat Dasa Darma nya?? Apakah sudah lupa akan kode kehormatan?

Sekian

Salam Pramuka

_ 

From: [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com] On
Behalf Of
[EMAIL PROTECTED] <mailto:tatanoers%40aol.com> com
Sent: 22 September 2008 20:10
To: [EMAIL PROTECTED] <mailto:pramuka%40yahoogroups.com> .com
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
Enggak?

Kakak yang Pramuka

Kok sewot

Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga
merupakan tanda peserta kontingen,
jadi kalau tidak mengerti kontingen " dari mana " dari badge kwartirnya ,
dia kurang cermat.

HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya"
badge kwartir sudah cukup.

BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang
menurut hemat saya " sudah cukup penuh

Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )

Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara

Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat
dan keiinginan kita

Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda
peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan
adalah bab lain yaitu
Hemat - "cermat" - dan bersahaja
coba baca sekali lagi komentar saya, dan j

Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread ipunk lasut
ya...buat yang ga punya uang ga usah bikin badge kontingen, gitu aja kok repot, 
eh maaf, telat kali ya saya ikut nimbrung? cuma ingin cerita pengalaman 
aja, untuk tingkat jamnas 2006 kemaren saja, kita, kota bandung memprioritaskan 
badge dan pin kontingen kota bandung untuk di adakan, kenapa? karena kita 
menganggap bahwa itu adalah salah satu media bagi adik-adik kita untuk 
berinteraksi dengan teman-temannya yang berada jauh dari belahan negeri 
tercinta kita ini, ya... sekaligus salah satu identitas kebanggaan adik-adik 
kita telah mengikuti salah satu kegiatan, apa lagi ini melibatkan "calon teman 
baru" dari negara lain, jadi jangan di buat repot dan sewot-sewotan, ga prinsip 
yang di bahasnya.he...hehe oh iya, satu lagi mungkin satu lagi 
cerita, waktu ikut kegiatan jambore muhibah di kualalumpur 2007 kemarin, 
peserta pun antusias meminta badge kontingen kota bandung, saya dengan bangga 
membagikan badge kota bandung, dan saya pun meraup
 beberapa badge kontingen dari semua peserta yang hadir di sana jadi. 
gimana tah asyik pan ...? hehehehehehehe, ga usah di bikin repot 
lah asyik-asyik aja, pramuka itu bukan sesuatu yang harus di rumitkan, ga 
mampu??? ya jangan dikerjain, sanggup? ya bagus salam pramuka dari kota 
bandung..

--- On Sun, 9/21/08, Dhanapala Scout <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

From: Dhanapala Scout <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Sunday, September 21, 2008, 10:29 PM






Menurut saya, masalah pembuatan Badge Kontingen di Indonesia adalah masalah 
kebiasaan/ kelaziman, bukan penghematan.

Lazim/ terbiasa untuk scouting? Ya!

Saat Jambori Pengakap Malaysia 2006 (Jamnas-nya Malaysia), saya punya beberapa 
badge kontingen negeri, diantaranya kontingen Johor, Kedah, KL, Negeri 9, 
Malaka, dll.
Bahkan dari teman di Philippines, ada juga badge kontingen JAMDUN dari 
Kontingen Manila.

Kalau dibandingkan dengan perlengkapan kontingen lainnya yang lebih mahal, 
* Jaket kontingen
* Topi kontingen
* Rompi kontingen
* Kaos, training olah raga, scraft, dll
Apalah arti sebuah badge?

Semua perlengkapan kontingen diatas punya fungsi yang sama dalam hal marketing 
di kontingennya. Tapi diantara sekian banyak item yang ada, hanya badge 
kontingen yang boleh dikenakan di seragam Pramuka kan?
Tinggal sekarang adalah adanya keinginan dan kreativitas masing-masing Pinkon.

Oya, Kontingen Jakarta Pusat sudah pernah punya untuk kegiatan Raimun Nasional 
2008. Bentuknya oval berwarna oranye, dijahitkan di dada kiri seragam Pramuka. 
Saya sempat kebagian satu.

Nah... apakah kita akan terbiasa?
Nanti kita lihat di JAMBORE ASEAN 2008...

Salam...
FUAD

--- On Mon, 9/22/08, Berthold Sinaulan  wrote:
From: Berthold Sinaulan 
Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Date: Monday, September 22, 2008, 3:21 AM

Salam Pramuka,

Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak 
perlu ada badge kontingen lagi. 

Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 

(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan) . 

Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat 
lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.

Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.

--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya  wrote:

From: Putri yahya 

Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

To: [EMAIL PROTECTED] .com

Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM

mau nimbrung nich...

Salam Pramuka,

Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang 
sering dijual disetiap kegiatan.

Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.

Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul (oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria, inovatif 
dan meriah membuat kegiatan pramuka lebih menyenangkan. 

Jadi say

Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-23 Thread Nurul Yuliarsih
ikut nimbrung sedikit he..he..

salam kenal dan Salam Pramuka,

saya setuju dengan pendapat kak ipunk lasut, bahwa tukar-menukar  bedge 
kontingen merupakan media belajar bagi adik-adik untuk berinteraksi dengan 
anggota pramuka lainnya. jangankan peserta didik, pembina-pembina pramuka 
(betulan) maksudnya yang betul-betul seorang pramuka juga sangat tertarik 
dengan tukar-menukar bedge. 

Karena saya dari Jawa Timur, maka saya akan menyampaikan tentang Jatim. 
Tukar-menukar bedge ini sudah kami terapkan mulai jambore Daerah Jatim tahun 
2005. sebenarnya beberapa orang sudah melakukannya di berbagai kegiatan 
sebelumnya sejak lama, namun secara resmi masuk dalam jadwal aktivitas kegiatan 
baru pada jambore Daerah 2005, karena pertimbangan proses pendidikanlah kami 
memandang pentingnya sesi ini diadakan. Sampai sekarang masih berlanjut setiap 
kali ada kegiatan harus ada bedge kontingen untuk di tukar-tukar dan masing 
masing anak harus membawa minimal tiga buah.  Justru disitu keunikan dan 
serunya tukar menukar ini, karena tidak hanya berlaku bagi peserta didik saja 
tetapi orang dewasa juga bahkan panitia juga ikut berburu. Sehingga terjadi 
interaksi yang semakin seru. Sayangnya Pramuka Indonesia tidak mulai 
membiasakan kebiasaan baik ini, Kalau tidak salah pramuka secara international 
sudah membiasakannya, malah tukar-menukarnya berdasarkan
 bobot kegiatan. semakin tinggi level dan lama (tahunnya) maka semakin tinggi 
nilai bedge tersebut. Nah, semakin seru bukan, kalau hal ini baik dan menarik 
kenapa tidak???

oh ya, merusak bedge yang ada di baju itu tidak diperkenankan, sebaiknya 
membawa bedge lebih dengan tujuan untuk di tukar-tukarkan. 

salam pramuka,

--- On Tue, 9/23/08, ipunk lasut <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
From: ipunk lasut <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Tuesday, September 23, 2008, 12:20 AM











ya...buat yang ga punya uang ga usah bikin badge kontingen, gitu 
aja kok repot, eh maaf, telat kali ya saya ikut nimbrung? cuma ingin cerita 
pengalaman aja, untuk tingkat jamnas 2006 kemaren saja, kita, kota bandung 
memprioritaskan badge dan pin kontingen kota bandung untuk di adakan, kenapa? 
karena kita menganggap bahwa itu adalah salah satu media bagi adik-adik kita 
untuk berinteraksi dengan teman-temannya yang berada jauh dari belahan negeri 
tercinta kita ini, ya... sekaligus salah satu identitas kebanggaan adik-adik 
kita telah mengikuti salah satu kegiatan, apa lagi ini melibatkan "calon teman 
baru" dari negara lain, jadi jangan di buat repot dan sewot-sewotan, ga prinsip 
yang di bahasnya .he...he. ...he oh iya, satu lagi mungkin satu lagi 
cerita, waktu ikut kegiatan jambore muhibah di kualalumpur 2007 kemarin, 
peserta pun antusias meminta badge kontingen kota bandung, saya dengan bangga 
membagikan badge kota bandung, dan
 saya pun meraup

 beberapa badge kontingen dari semua peserta yang hadir di sana jadi. 
gimana tah asyik pan ...? hehehehehehehe, ga usah di bikin repot 
lah asyik-asyik aja, pramuka itu bukan sesuatu yang harus di rumitkan, ga 
mampu??? ya jangan dikerjain, sanggup? ya bagus salam pramuka dari kota 
bandung. .



--- On Sun, 9/21/08, Dhanapala Scout  wrote:



From: Dhanapala Scout 

Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

To: [EMAIL PROTECTED] .com

Date: Sunday, September 21, 2008, 10:29 PM



Menurut saya, masalah pembuatan Badge Kontingen di Indonesia adalah masalah 
kebiasaan/ kelaziman, bukan penghematan.



Lazim/ terbiasa untuk scouting? Ya!



Saat Jambori Pengakap Malaysia 2006 (Jamnas-nya Malaysia), saya punya beberapa 
badge kontingen negeri, diantaranya kontingen Johor, Kedah, KL, Negeri 9, 
Malaka, dll.

Bahkan dari teman di Philippines, ada juga badge kontingen JAMDUN dari 
Kontingen Manila.



Kalau dibandingkan dengan perlengkapan kontingen lainnya yang lebih mahal, 

* Jaket kontingen

* Topi kontingen

* Rompi kontingen

* Kaos, training olah raga, scraft, dll

Apalah arti sebuah badge?



Semua perlengkapan kontingen diatas punya fungsi yang sama dalam hal marketing 
di kontingennya. Tapi diantara sekian banyak item yang ada, hanya badge 
kontingen yang boleh dikenakan di seragam Pramuka kan?

Tinggal sekarang adalah adanya keinginan dan kreativitas masing-masing Pinkon.



Oya, Kontingen Jakarta Pusat sudah pernah punya untuk kegiatan Raimun Nasional 
2008. Bentuknya oval berwarna oranye, dijahitkan di dada kiri seragam Pramuka. 
Saya sempat kebagian satu.



Nah... apakah kita akan terbiasa?

Nanti kita lihat di JAMBORE ASEAN 2008...



Salam...

FUAD



--- On Mon, 9/22/08, Berthold Sinaulan  wrote:

From: Berthold Sinaulan 

Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

To: [EMAIL PROTECTED] .com

Date: Monday, September 22, 2008, 3:21 AM



Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-23 Thread Dhanapala Scout
Tah kitu... Asik pan...??? 

Hayu atuh semangat bikin badge kontingen... 

Kalau ada Kontingen DHANAPALA (ga mungkin lah ya...), PASTI kami bikin tuh kak..

Atau mungkin perlu dibuat semacam "kompetisi" untuk memilih badge terbaik di 
Jambore ASEAN. 
Gimana Kak Berthold?

--- On Tue, 9/23/08, ipunk lasut <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
From: ipunk lasut <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Tuesday, September 23, 2008, 5:20 AM











ya...buat yang ga punya uang ga usah bikin badge kontingen, gitu 
aja kok repot, eh maaf, telat kali ya saya ikut nimbrung? cuma ingin cerita 
pengalaman aja, untuk tingkat jamnas 2006 kemaren saja, kita, kota bandung 
memprioritaskan badge dan pin kontingen kota bandung untuk di adakan, kenapa? 
karena kita menganggap bahwa itu adalah salah satu media bagi adik-adik kita 
untuk berinteraksi dengan teman-temannya yang berada jauh dari belahan negeri 
tercinta kita ini, ya... sekaligus salah satu identitas kebanggaan adik-adik 
kita telah mengikuti salah satu kegiatan, apa lagi ini melibatkan "calon teman 
baru" dari negara lain, jadi jangan di buat repot dan sewot-sewotan, ga prinsip 
yang di bahasnya .he...he. ...he oh iya, satu lagi mungkin satu lagi 
cerita, waktu ikut kegiatan jambore muhibah di kualalumpur 2007 kemarin, 
peserta pun antusias meminta badge kontingen kota bandung, saya dengan bangga 
membagikan badge kota bandung, dan
 saya pun meraup

 beberapa badge kontingen dari semua peserta yang hadir di sana jadi.. 
gimana tah asyik pan ...? hehehehehehehe, ga usah di bikin repot 
lah asyik-asyik aja, pramuka itu bukan sesuatu yang harus di rumitkan, ga 
mampu??? ya jangan dikerjain, sanggup? ya bagus salam pramuka dari kota 
bandung. .



--- On Sun, 9/21/08, Dhanapala Scout  wrote:



From: Dhanapala Scout 

Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

To: [EMAIL PROTECTED] .com

Date: Sunday, September 21, 2008, 10:29 PM



Menurut saya, masalah pembuatan Badge Kontingen di Indonesia adalah masalah 
kebiasaan/ kelaziman, bukan penghematan.



Lazim/ terbiasa untuk scouting? Ya!



Saat Jambori Pengakap Malaysia 2006 (Jamnas-nya Malaysia), saya punya beberapa 
badge kontingen negeri, diantaranya kontingen Johor, Kedah, KL, Negeri 9, 
Malaka, dll.

Bahkan dari teman di Philippines, ada juga badge kontingen JAMDUN dari 
Kontingen Manila.



Kalau dibandingkan dengan perlengkapan kontingen lainnya yang lebih mahal, 

* Jaket kontingen

* Topi kontingen

* Rompi kontingen

* Kaos, training olah raga, scraft, dll

Apalah arti sebuah badge?



Semua perlengkapan kontingen diatas punya fungsi yang sama dalam hal marketing 
di kontingennya. Tapi diantara sekian banyak item yang ada, hanya badge 
kontingen yang boleh dikenakan di seragam Pramuka kan?

Tinggal sekarang adalah adanya keinginan dan kreativitas masing-masing Pinkon.



Oya, Kontingen Jakarta Pusat sudah pernah punya untuk kegiatan Raimun Nasional 
2008. Bentuknya oval berwarna oranye, dijahitkan di dada kiri seragam Pramuka. 
Saya sempat kebagian satu.



Nah... apakah kita akan terbiasa?

Nanti kita lihat di JAMBORE ASEAN 2008...



Salam...

FUAD



--- On Mon, 9/22/08, Berthold Sinaulan  wrote:

From: Berthold Sinaulan 

Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

To: [EMAIL PROTECTED] .com

Date: Monday, September 22, 2008, 3:21 AM



Salam Pramuka,



Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak 
perlu ada badge kontingen lagi. 



Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 



(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan) . 



Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat 
lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.



Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.



--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya  wrote:



From: Putri yahya 



Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?



To: [EMAIL PROTECTED] .com



Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM



mau nimbrung nich...



Salam Pramuka,



Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bis

Re: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread Putri yahya
hohoho

wadoooh nadanya jadi pada tinggi neeech...
Ayooo kakak-kakak cool aja...

Yang mau bikin biar lebih creative hay
yang mau gak bikin biar lebih hemat hay...

santaaaiii aja...

Oke??
Salam damai...

tapi kalo saya setuju bikin hehehe...
seperti kata kak Fuad dari pada tiap kegiatan bikin jaket dan atribut lain??? 
mending cukup bikin badge terus ditempel dimana-mana gak harus di Baju pramuka 
kan??
tuker-tukerannya juga lebih seru, dari pada nuker jaket??? hehehe

Peace
sekerdar ber opini
Putri



- Original Message 
From: "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]>
To: pramuka@yahoogroups.com
Sent: Monday, September 22, 2008 20:10:04
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?



Kakak yang Pramuka

Kok sewot

Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga merupakan  
tanda peserta kontingen,
jadi kalau tidak mengerti kontingen  " dari mana " dari badge kwartirnya , dia  
kurang cermat.

HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya" badge 
kwartir sudah cukup.

BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang menurut 
hemat saya " sudah cukup penuh

Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )

Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara

Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat 
dan keiinginan kita

Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda 
peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan adalah 
 bab lain yaitu
Hemat - "cermat" - dan  bersahaja
coba baca sekali lagi komentar saya, dan jangan bersedih dan tidak ada yang 
bodoh,juga tidak ada yang lebih pintar,

terima kasih
Salam tiga jari
Salam Lima jari

-E-mail d'origine--- --
De : Berthold Sinaulan 
A : [EMAIL PROTECTED] .com
Envoyé le : Lundi, 22 Septembre 2008 5:21
Sujet : Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

Salam Pramuka,
Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, 
cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak 
perlu 
ada badge kontingen lagi. 
Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 
(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan) . 
Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat 
lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.
Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.

--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com> wrote:

From: Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com>
Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM

mau nimbrung nich...

Salam Pramuka,

Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang 
sering 
dijual disetiap kegiatan.

Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu=2
0diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.

Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul (oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria, inovatif 
dan meriah membuat kegiatan pramuka lebih menyenangkan. 

Jadi saya mendukung saran dari kak berthold agar para pinkon untuk membuat 
kontingen, sedikit-sedikit membuat perubahan yang inovatif gak apa-apa kaaan???

Selamat Berkreasi.

-Putri-

- Original Message 
From: "[EMAIL PROTECTED] com" <[EMAIL PROTECTED] com>
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Sent: Saturday, September 20, 2008 19:06:01
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"

Ingat Pramuka itu hemat& bersahaja
Sudah ada badge kwartir apa perlu dbuat lagi badge kontingen kwartir
Kan tidak mungkin kontingen Riau pake Badge Kwartir Jawa Barat.
( ini bisa menjawab point 1 - 3 , Kecuali kalau Badge Kwartir sudah tidak jadi 
kebanggaan dan tidak ada nilai tukarnya. )

Salam
Tata

-E-mail d'origine--- --
De : Berthold Sinaulan 
A : [EMAIL PROTECTED] .com
Cc 

Re: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread Berthold Sinaulan
Salam Pramuka,
Kak Tata yang saya hormati, siapa sih yang sewot (jangan-jangan kakak yang 
sewot..hehe.he..becanda).
Masa sih di Prancis nggak ada Badge Kwartir? 
Kok di eBay beberapa kali ditawarkan? Juga saya pernah lihat sendiri waktu 
Jambore Dunia dan Konferensi Dunia beberapa waktu lalu. Rasanya ada kok badge 
kwartir dan region-regionnya. 
Soal bikin badge pakai dana dari mana, ya nggak perlu dari pemerintah dong. Kan 
bisa usaha sendiri. Gudep saya dari ngumpulin barang-barang bekas pakai tapi 
masih berguna (mainan anak, majalah, buku dll), berhasil ngumpulin uang cukup 
banyak tuh. Bukan cuma bisa buat ongkos badge, tapi juga bisa beli tenda lagi 
(made in Indonesia, tapi kualitas nggak kalah lho).
OK kak. BTW, terima kasih untuk nasehat dan anjurannya.
 
salam dari Tanah Air

--- On Mon, 22/9/08, [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

From: [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Monday, 22 September, 2008, 8:10 PM







Kakak yang Pramuka

Kok sewot

Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga merupakan  
tanda peserta kontingen,
jadi kalau tidak mengerti kontingen  " dari mana " dari badge kwartirnya , dia  
kurang cermat.

HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya" badge 
kwartir sudah cukup.

BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang menurut 
hemat saya " sudah cukup penuh

Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )

Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara

Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat 
dan keiinginan kita

Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda 
peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan 
adalah  bab lain yaitu
Hemat - "cermat" - dan  bersahaja
coba baca sekali lagi komentar saya, dan jangan bersedih dan tidak ada yang 
bodoh,juga tidak ada yang lebih pintar,

terima kasih
Salam tiga jari
Salam Lima jari

-E-mail d'origine--- --
De : Berthold Sinaulan 
A : [EMAIL PROTECTED] .com
Envoyé le : Lundi, 22 Septembre 2008 5:21
Sujet : Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

Salam Pramuka,
Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, 
cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak 
perlu 
ada badge kontingen lagi. 
Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 
(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan) . 
Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat 
lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.
Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.

--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com> wrote:

From: Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com>
Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM

mau nimbrung nich...

Salam Pramuka,

Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang 
sering 
dijual disetiap kegiatan.

Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu=2
0diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.

Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul (oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria, inovatif 
dan meriah membuat kegiatan pramuka lebih menyenangkan. 

Jadi saya mendukung saran dari kak berthold agar para pinkon untuk membuat 
kontingen, sedikit-sedikit membuat perubahan yang inovatif gak apa-apa kaaan???

Selamat Berkreasi.

-Putri-

- Original Message 
From: "[EMAIL PROTECTED] com" <[EMAIL PROTECTED] com>
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Sent: Saturday, September 20, 2008 19:06:01
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"

Ingat Pramuka itu hemat& bersahaja
Sudah ada badge kwartir apa perlu dbuat lag

Re: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread andi azka az_zahra'
beginilah kondisi kita, bukannya meributkan apa yang akan dilakukan nanti
pada saat Jambore malah diskusikan hal-hal yang sepele yang harusnya menjadi
sampingan kegiatan saja...
2008/9/22 Berthold Sinaulan <[EMAIL PROTECTED]>

>   Salam Pramuka,
> Kak Tata yang saya hormati, siapa sih yang sewot (jangan-jangan kakak yang
> sewot..hehe.he..becanda).
> Masa sih di Prancis nggak ada Badge Kwartir?
> Kok di eBay beberapa kali ditawarkan? Juga saya pernah lihat sendiri waktu
> Jambore Dunia dan Konferensi Dunia beberapa waktu lalu. Rasanya ada kok
> badge kwartir dan region-regionnya.
> Soal bikin badge pakai dana dari mana, ya nggak perlu dari pemerintah dong.
> Kan bisa usaha sendiri. Gudep saya dari ngumpulin barang-barang bekas pakai
> tapi masih berguna (mainan anak, majalah, buku dll), berhasil ngumpulin uang
> cukup banyak tuh. Bukan cuma bisa buat ongkos badge, tapi juga bisa beli
> tenda lagi (made in Indonesia, tapi kualitas nggak kalah lho).
> OK kak. BTW, terima kasih untuk nasehat dan anjurannya.
>
> salam dari Tanah Air
>
>
> --- On Mon, 22/9/08, [EMAIL PROTECTED]  <
> [EMAIL PROTECTED] > wrote:
>
> From: [EMAIL PROTECTED]  <[EMAIL 
> PROTECTED]
> >
> Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
> Enggak?
> To: pramuka@yahoogroups.com 
> Date: Monday, 22 September, 2008, 8:10 PM
>
>
> Kakak yang Pramuka
>
> Kok sewot
>
> Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
> saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga
> merupakan  tanda peserta kontingen,
> jadi kalau tidak mengerti kontingen  " dari mana " dari badge kwartirnya ,
> dia  kurang cermat.
>
> HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya"
> badge kwartir sudah cukup.
>
> BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang
> menurut hemat saya " sudah cukup penuh
>
> Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )
>
> Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
> Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara
>
> Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan
> pendapat dan keiinginan kita
>
> Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda
> peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan
> adalah  bab lain yaitu
> Hemat - "cermat" - dan  bersahaja
> coba baca sekali lagi komentar saya, dan jangan bersedih dan tidak ada yang
> bodoh,juga tidak ada yang lebih pintar,
>
> terima kasih
> Salam tiga jari
> Salam Lima jari
>
> -E-mail d'origine--- --
> De : Berthold Sinaulan 
> A : [EMAIL PROTECTED] .com
> Envoyé le : Lundi, 22 Septembre 2008 5:21
> Sujet : Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa
> Enggak?
>
> Salam Pramuka,
> Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata
> mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat,
> cermat,
> dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak
> perlu
> ada badge kontingen lagi.
> Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai
> badge
> Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen
> masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak.
> (Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan
> bahwa
> kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan
> asal-asalan) .
> Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga
> disebutkan
> Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping
> manfaat
> lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara
>
> lainnya.
> Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.
>
> --- On Sun, 21/9/08, Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com> wrote:
>
> From: Putri yahya <[EMAIL PROTECTED] com>
> Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
> To: [EMAIL PROTECTED] .com
> Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM
>
> mau nimbrung nich...
>
> Salam Pramuka,
>
> Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge,
> badge
> kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan
> kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang
> sering
> dijual disetiap kegiatan.
>
> Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen
> berlomba-lomba
> membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan
> kita
> bisa jadi lebih kreatif kalo perlu=2
> 0d

Re: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

2008-09-22 Thread Berthold Sinaulan
Cool, ya iya lah
masa sih iya dong
bakul aja bisa nyimpan pecah belah
masa sih nyimpan pecah bedong
(hehehe, nyambung gak ya ?)
 
Nada tinggi nada rendah
jadi manis kalau berpadu
nada tinggi nada rendah
gak perlu sewot dan beradu
(hehehe, nyambung lagi gak ya...?)
 
BTW, saya sih cool cool aja, kul kul makan nasi (tapi gak) sebakul
Di Gudep saya memang anak-anaknya paling seneng main komputer, apalagi game 
komputer, mungkin memang baik kalau diarahkan supaya jadi senang main yang 
lebih bermanfaat, misalnya menggambar atau mewarnai dengan software komputer 
yang mudah, murah dan sedapat mungkin asli (jangan bajakan ah...hehehe). 

--- On Tue, 23/9/08, Putri yahya <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

From: Putri yahya <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa 
Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Tuesday, 23 September, 2008, 5:20 AM






hohoho

wadoooh nadanya jadi pada tinggi neeech...
Ayooo kakak-kakak cool aja...

Yang mau bikin biar lebih creative hay
yang mau gak bikin biar lebih hemat hay...

santaaaiii aja...

Oke??
Salam damai...

tapi kalo saya setuju bikin hehehe...
seperti kata kak Fuad dari pada tiap kegiatan bikin jaket dan atribut lain??? 
mending cukup bikin badge terus ditempel dimana-mana gak harus di Baju pramuka 
kan??
tuker-tukerannya juga lebih seru, dari pada nuker jaket??? hehehe

Peace
sekerdar ber opini
Putri

- Original Message 
From: "[EMAIL PROTECTED] com" <[EMAIL PROTECTED] com>
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Sent: Monday, September 22, 2008 20:10:04
Subject: Re : [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

Kakak yang Pramuka

Kok sewot

Saya katakan hemat,cermat, dan bersahaja
saya sebut CERMAT, sebab menurut hemat saya, badge kwartir itu juga merupakan 
tanda peserta kontingen,
jadi kalau tidak mengerti kontingen " dari mana " dari badge kwartirnya , dia 
kurang cermat.

HEMAT , mengapa mengeluarkan lagi dana, padahal " menurut pendapat saya" badge 
kwartir sudah cukup.

BERSAHAJA , perlukah seragam Pramuka ditambah tambah lagi badge " yang menurut 
hemat saya " sudah cukup penuh

Memang di Prancis ada badge kontingen di setiap kegiatan (besar )

Mereka tidak mempunyai badge Kwartir
Dana Mereka cukup kuat dan tidak meminta pada negara

Sekai lagi jangan sewot kalau ada pendapat yang bertentangan dengan pendapat 
dan keiinginan kita

Toh Saya tidak melarang , dan saya mengerti bahwa pembuatan badge/tanda 
peserta/ apa saja itu adalah bentuk sebuah kreasi, yang saya ketengahkan adalah 
bab lain yaitu
Hemat - "cermat" - dan bersahaja
coba baca sekali lagi komentar saya, dan jangan bersedih dan tidak ada yang 
bodoh,juga tidak ada yang lebih pintar,

terima kasih
Salam tiga jari
Salam Lima jari

-E-mail d'origine--- --
De : Berthold Sinaulan 
A : [EMAIL PROTECTED] .com
Envoyé le : Lundi, 22 Septembre 2008 5:21
Sujet : Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?

Salam Pramuka,
Saya sedih dengan orang yang saya hormati seperti Kak Tata ternyata 
mentah-mentah mengambil alih kata-kata dari Dasa Darma Pramuka "hemat, 
cermat, 
dan bersahaja" (bukan hemat&bersahaja ya, Kak), untuk pembenaran bahwa tak 
perlu 
ada badge kontingen lagi. 
Ini asal komentar atau apa ya? Ya, jelas tidak mungkin pramuka Riau pakai badge 
Jawa Barat. Ya tiap-tiap kontingen harus memakai badge dari kontingen 
masing-masing dong. Kok kesannya yang ikut milis ini bodoh semua ya, Kak. 
(Maaf agak keras dan mungkin terkesan kasar, tapi saya ingin menjelaskan bahwa 
kalau tidak setuju sesuatu ungkapkanlah dengan alasan yang baik, bukan 
asal-asalan) . 
Alasan pembuatan badge kontingen itu macam-macam, seperti yang juga disebutkan 
Dik Putri bisa untuk merangsang kreativitas para pramuka. Di samping manfaat 
lain-lain. Saya pikir di Prancis sana juga begitu dan juga di negara-negara 
lainnya.
Salam hormat selalu untuk Kak Tata yang tetap saya hormati.

--- On Sun, 21/9/08, Putri yahya  wrote:

From: Putri yahya 
Subject: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: [EMAIL PROTECTED] .com
Date: Sunday, 21 September, 2008, 11:15 PM

mau nimbrung nich...

Salam Pramuka,

Memang belum sepertinya belum lazim bagi kita tentang penggunaan badge, badge 
kurang populer di setiap kegiatan, padahal badge itu bisa dijadikan 
kenang-kenangan yang awet dari pada pin atau gantungan kunci seperti yang 
sering 
dijual disetiap kegiatan.

Tidak ada salahnya jika setiap kegiatan Pramuka tiap kontingen berlomba-lomba 
membuat badge kontingen daerah masing-masing. selain buat kenang-kenangan kita 
bisa jadi lebih kreatif kalo perlu=2
0diadakan juga pemilihan badge kontingen 
terfavorit.

Coba kita perhatikan, logo-logo kegiatan Pramuka biasanya terkesan jadul (oopss 
maaf) dan formil siapa tahu dengan terbiasa membuat badge yang ceria, inovatif 
dan meriah membu