JJ.KUSNI :

MENYAMBUT PERNYATAAN PRESIDEN NEGERI KEPADA PUTRA-PUTRI YANG TERHALAU

berhembus angin dan selalu berhembus
seperti sungai juga selalu mengalir
demikianpun terang gelap silih berganti
inilah sayang, dua sisi kehidupan anak bumi

kau kenal aku, kau kenal kawan-kawanku
anak-anak negeri yang tiga puluhan tahun
terhalau dan diburu, kucing-kucingan selalu
dengan ajal dari tanjung dan rantau

tak ada yang patut disesalkan dengan duka demi duka
dengan tantangan dan bantingan jika memilih hidup
karena itu kaupun betapa kuhargai
yang masih saja tak goyah menyayangi pengembara

ketika di ujung tahun ini datang berita presiden negeri
mencari dan memanggil putra-putri terhalau sudah menahun
sudah lama kuhitung di tengah segala duka kembara ini
matahari akan kembali bercahaya betapapun hitamnya kelam

boleh jadi pengembara akan kembali, orang-orang kembali
bagai bangau kembali ke danau, enggang balik ke hutan
tapi ini cuma akhir dari satu perjalanan
sedang aku kau tahu tetap saja masih pencari dan mencari

tanahair adalah tepian bagi perahu
pelabuhan bagi pelaut
di mana kapal singgah sejenak
karena aku yang pinisi adalah anak laut diasuh badai

Perjalanan, Desember 1999

SiaR WEBSITE: http://apchr.murdoch.edu.au/minihub/siarlist/maillist.html

Kirim email ke