JJ.KUSNI:

IA HANYALAH JIWA GELANDANGAN MABUK BERBINTANG

1.
dari amsterdam kembali ke paris salju gerimis menyambutku
kuhitung-hitung, sebulan lebih sudah tanahair kutinggal di timur
segalanya mengalir dan mengalir
demikianlah selalu arus waktu entah ke mana tapi terus mengalir
usiapun bertambah memperbesar jumlah sekalipun kita tidur
bangun pagi-pagi kita tinggal geleng-geleng di depan kaca
--hah! hari ini satu helai rambut jadi kelabu

2.
sadar benar waktu sering mengobah warna cakrawala
merah, hitam, kelabu atau dengan warna campur baur sesukanya
dugaan hanya bisa meraba-raba bukan menangkap kepastian
lalu saban membuka pintu atau jendela
tak pernah aku terperangah di hadapan warna menyepuh angkasa
sehingga aku geli terpingkel sendiri saban mendengar kepongahan kata
entah jendral, entah presiden, entah siapapun
yang mengira cakrawala itu hanya berjarak dari mata cuma sejengkal
kemudian bagai bocah lepas susu ibu meraung menghentak kaki
menghentak bumi ketika waktu menjungkirkan- balik kehidupan

3.
keangkuhan melamurkan mata
trahum yang menggrowoti penglihatan
sedang kekuasaan itu sejenis arak
bagai tuak dayak
keras, gampang memabukkan
yang lamur, yanga mabuk mana bisa mengukur menduga
mana bisa bertanya, mana tahu makna
mereka kira dua-tiga bintang di pundak
bumi sudah digenggaman
mereka kira senapan itu adalah segala
hingga mampu menjadi dewa
mengganti tuhan

lantas apa yang diherankan, dik
mengapa mesti ternganga
kalau ada jendral picisan
--ya jendral apa lagi namanya
jendral tentara yang tak tahu perang
hanya bisa membunuh rakyat tak bersenapang--
menangis dituding presiden ditunjuk rakyatnya
basah kolornya
basah kolornya dituding
basah kolornya ia kencing

tanpa bintang dipundakpun ia, jiwanya
lama kukenal sudah jiwanya, inti dirinya
sebagai gelandangan mabuk pegang senapang
sungguh bahaya memang
jangan main-main
harus dihitung baik-baik
si jiwa gelandangan mabuk menguasai memerintah negri
jangan biarkan
di rt pun jangan biarkan!

Perjalana, Nopember 1999

SiaR WEBSITE: http://apchr.murdoch.edu.au/minihub/siarlist/maillist.html