Assaamu'alaikum....

  Sekedar sharing aja nih temen-temen. Beberapa bulan lalu saya sempet
ditugaskan ke Hongkong dan pada pagi hari Minggu saya sempatkan olahraga di
lapangan Victoria Park di daerah Causewaybay. Dan saya sangat takjub dengan
kondisi di taman tersebut, karena begitu banyak yang berolahraga di sana, dari
mulai anak kecil sampai kakek/nenek yang usianya saya taksir lebih dari 70
tahun. Dari bermanca-macam olah raga yang dilakukan saya melihat terdapat satu
jenis olah raga yang paling banyak peminatnya yaitu Tai Chi. Hampir semua sudut
lapangan terdapat kelompok orang yang sedang melakukan gerakan Tai Chi, ada
yang tangan kosong, pakai pedang, pakai kipas, dll. Kalau dilihat dari gerakan
ada yang lembut dan juga ada yang keras. Dan pesertanya juga beragam ada yang
tua dan ada yang muda. Dan sepanjang pengetahuan saya tidak ada yang belajar
beladiri lain, mungkin belajarnya di tempat tertutup.

  Dari hal di atas saya menarik pelajaran, sebuah negara yang maju dan identik
dengan negara bisnis, mereka masih menjaga budaya mereka dengan baik dan
menjadikannya sekaligus menjadi olah raga terbanyak peminatnya. Nah kita ini
punya budaya silat, yang tentunya sama-sama olah raga beladiri, seharusnya kita
mampu berbuat lebih baik dari Hongkong, menjadikan silat sebagai olah raga
favorit dan olah raga massal yang  bisa diikuti oleh seluruh usia.

  Mungkin itu sekedar cerita, mungkin ada yang bisa diambil manfaatnya

  Wassalamu'alaikum

  Herman