salam bang Amal....
  sebenernya mungkin secara umum berbagai macam aliran beladiri memang banyak
yang berpatokan ato mengikut pada alam.... kita juga mungkin pernah denger ada
istilah " alam terkembang nan jadi guru..."
  kira kira sama seperti apa dijabarin sama bang Amal, saya juga pernah baca
buku ttg taichi ( kbetulan bacanya di gramed grogol sambil ngumpet2 biar gak
ketauan penjaganya ) disitu ditulis, guru besar aliran Tai Chi, Thio Sam Hong
sebetulnya nemuin itu tanpa sengaja waktu dia liat tangkai daun pohon pinus
ditimpa salju. karena terlalu berat sama salju akhirnya itu tangkai sampai
meliuk menjatuhkan saljunya dan dia melenting lagi keposisinya semula tanpa
jadi patah.....(kbetulan waktu itu dia masih jadi salah satu pengajar di
shaolin...) makanya tai chi itu identik dengan kelembutan dan keselarasan
dengan alam.....
  kalo dibilang beladiri (silat) juga mempunyai hub antara manusia dengan dunia
spiritual, itu menurut saya emang iya.... sebab kan beladiri (silat) itu
dasarnya berdiri tegak seperti hurup alif, kuda-kuda seperti hurup ba' .
  ya itu aja sih pendapat saya, kawan2 pandeka sahabat silat yang lain juga
mungkin punya opini yang lebih......
  tapi infonya bang amal bagus juga lho.....