--- In [EMAIL PROTECTED], "Eko Nugroho" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

Cuplikan dari Official Site PMK Kyokushin

http://www.kyokushin.or.id/artikel13.php

.............. Kaki memang merupakan senjata masnusia yang baik
apabila terlatih secara meyakinkan karena kaki jauh lebih kuat dan
jangkauannyapun lebih jauh dari tangan, walau arah gerak kaki lebih
terbatas dibanding tangan. Kaki dengan tendangan tinggi dan
melingkar, terlihat lebih spektakuler daripada gerakan gerakan
tangan walaupun manfaatnya jauh lebih besar. Benarkah tendangan
tinggi dan melingkar paling effektif ?.

Tendangan tinggi bermanfaat apabila dilakukan pada saat yang tepat,
dimana lawan kurang menyadari dengan jarak dan tempo yang
memungkinkan. Jadi semacam curian pada saat lawan lengah, tidak
dilakukan sebagai serangan utama. Tendangan merupakan pelengkap dan
tidak berdiri sendiri dalam segala suasana.

Bruce Lee dalam film terlihat hebat dengan tendangannya sehingga
menarik banyak penggemar dan pengaum diseluruh dunia. Menjawab
pertanyaan para wartawan mengatakan, "Tendangan tinggi saya demi
kepuasan penonton disamping tehnik pengambilan. Tetapi dalam keadaan
sesungguhnya, dimana saya harus melawan lawan yang tangguh, tidak
akan saya lakukan tendangan tendangan tinggi. Disamping tidak
effektif juga sangat membahayakan diri saya sendiri. Tendangan
demikian hanya saya lakukan kadang kadang dikala lawan lengah dan
tangan tetap sebagai senjata utama. Saya lebih banyak menendang
rendah kearah titik lemah lawan untuk segera melumpuhkannya"

Demikian komentar Bruce Lee, seorang expert Kungfu di AS yang kini
telah tiada (Jet Kunee Do).

--- End forwarded message ---

Kirim email ke