Om satrya, setau saya sih, jackie itu bukan sarjana kung fu, tp emang udah
berlatih kung fu dari umur balita. pertama dilatih ama bokapnya. cuman krn
sering berantem dan terlalu banyak maen2, akhirnya dia di titpin di akademi
opera kanton . di akademi ini dia dilatih akrobat, sedikit beladiri, nyanyi,
nari, dll yg berhubungan dgn opera. pendidikan yg keras membuat dia kuat dan
bekerja sbg stuntmen film2 laga hongkong. salah dua film bruce lee yg berjudul
enter the dragon dan fist of fury dia yang nyetunt kalo ga salah. cuman krn
perfilman hongkong ikut jatuh pas meninggalnya bruce lee, dia nganggur lagi dan
kesulitan cari kerja, krn selama pendidikan di opera, dia ga pernah diajarin
baca tulis. kesulitan ini membuat dia pergi ke australia nyusul orang tuanya
dan bekerja di sana sbg kuli konstruksi. sampai akhirnya temen lama dia yg
sekaligus manajer dia waktu di perfilman hongkong ngajak dia maen film di
hongkong lagi, dan lumayan sukses membintangi beberapa film, kemudian dia nyoba
peruntungan ke amrik. namun dua filmnya gagal (batle creek brawl & canonball
run). krn perbedaan sistem perfilman holywood dan hongkong dan image org amrik
yg memposisikannya sbg next bruce lee bikin dia gerah, akhirnya dia balik lagi
ke hongkong. baru setelah sepuluh tahun dia balik lagi ke amrik trus bikin
rumble in the bronx dan sukses, lalu diikuti dengan sukses film2 berikutnya spt
rush hour, shanghai noon dsb...

tp saya koq ga pernah denger atawa baca dia menjadi sarjana kungfu yah? mungkin
Om lebih tau...bisa di terangin lagi Om, krn saya penggemar si chen lung nih
Om....
terima kasih yah...

wassalam
aziz