Kisah tentang keris Empu Gandring bisa ditemui di kitab Pararaton. Kisah ini
tak bisa dilepaskan dari sosok wanita cantik, Ken Dedes, yang konon menjadi
ihwal munculnya kutukan sang empu. Berkaitan dengan asmara yang membara.

Banyak kita tahu kisah-kisah tentang keris yang memiliki tuah atau daya
linuwih. Masing-masing kisah menceritakan bagaimana sebuah keris yang memiliki
kekuatan daya supranatural mampu membantu mengubah nasib sang pemiliknya yang
terkadang dengan cara yang sulit di nalar manusia. Tetapi, dari berbagai
tentang kisah keris bertuah, tidak ada yang lebih menarik dan legendaris dari
kisah keris Empu Gandring milik Ken Arok dari tumapel yaitu masa sebelum
kerajaan Singosari.

Alkisah dalam serat Pararaton disebutkan, Ken Arok berniat membunuh Tunggul
ametung, seorang akuwu (penguasa) di Tumapel. Niat ini muncul setelah secara
tidak sengaja Ken Arok yang waktu itu menjadi abdi di Tumapel, melihat betis
mulus Ken Dedes, istri Tunggul Ametung, ketika Ken Dedes turun dari kereta.

Bukan itu saja, "barang rahasia" milik Ken Dedes pun terlihat oleh Ken Arok.
Dari "barang rahasia" sang dewi nampak adanya sinar yang menyala. Ken Arok
terkejut dan seketika itu tertarik menatap sang dewi. Benar-benar wanita cantik
yang tiada taranya di dunia ini, pikir Ken Arok.

Kemudian Ken Arok menceritakan pengalamannya tersebut kepada Dhang Hyang
Lohgawe, seorang brahmana yang waskita. Menurut sang brahmana, wanita dengan
tanda seperti itu disebut Nareswari. Ia adalah wanita utama, ratu dari semua
wanita. Meskipun seorang pria papa dan hina dina, jika beristri wanita semacam
ini maka pria tersebut tentu akan bisa menjadi raja atau orang yang tinggi
jabatnnya.

Mendengar penjelasan sang brahmana seperti ini Ken Arok semakin bilat tekadnya
untuk dapat memperistri Ken Dedes walau apapun risikonya, termasuk dengan cara
membunuh Tunggul Ametung. Maka berangkatlah Ken Arok menuju tempat tinggal Empu
gandring, seorang empu pembuat keris yang sangat termasyur. Dengan keris buatan
empu gandring ini Ken Arok bermaksud membunuh Tunggul Ametung.

"Ki Empu, tolong bikinkanlah saya sebuah keris yang ampuh. Saya harapkan bisa
selesai dalam waktu lima bulan. Harap diperhatikan, Ki, agar keris itu dapat
selesai."
Empu Gandring menjawab,"Kalau kamu menghendaki yang baik, seharusnya dalam satu
tahun. Kalau dalam lima bulan belumlah cukup."
Ken Arok berkata lagi,"Pengukiran keris itu terserah saja bagaimana bentuk
serta coraknya. Saya tidak peduli masalah janji, pkoknya dalam lima bulan harus
selesai."

Setelah lima bulan, maka Ken Arok pun teringat akan janjinya, yakni akan pesana
keris tersebut kepada Empu Gandring. Empu gandring pada waktu itu sedang
mengukir keris. Ken Arok perlahan bicara,"Ki, sudah selesaikah keris pesanan
saya itu?" Empu gandring pun menjawab pula dengan halus," duh kaki. Kerismu itu
justru yang sedang kukikir ini." Ketika mendengar jawaban tersebut, Ken Arok
menjadi tak senang hati dan bersikap kurang sopan.

Ken Arok melihat kerisnya yang sedang di kikir (diperhalus). Keris diberikan
oleh Empu gandring, diterima oleh Ken Arok dan diamat-amati. Serentak sadar
bahwa kerisnya belum selesai, maka Ken Arok marah. "ini keris belum
rampung!Bukanlah saya sudah berkali-kali berpesan. Tak ada gunanya saya berkata
kalu begini kenyataannya, Ki. Terlalu sekali kau ini, Ki. Masakan mengikir pun
sampai lima bulan masih juga belum selesai. Benar-benar mengacuhkan pesanku,
kau Empu Gandring!" Ken Arok pun mengamuk membabi buta.
Epu Gandring di tusuknya dengan keris bikinan sang empu itu sendiri. Segera
sang empu gandring pingsan. KenArok keterlanjuran menurutkan api amarah. Keris
disabetkan di lumpang tempat kikiran besi.

Lumpang yang terbuat dari batu itu terbelah jadi dua. Setelah itu keris
disabetkan kearah paron (alas untuk menempa besi). Paron pun pecah berkepingan.
Setelah itu terdengarlah suara Empu Gandring yang menyumpah serapahi,"Ken Arok,
besok kau sendiri pun akan mati oleh keris itu juga. Anak dan cucu-cucumu,
tujuh orang raja akan meninggal pula dengan senjata yang sama."

Setelah mengucapkan kalimat tersebut, mak Empu gandring segera meninggal. Ken
Arok sangat menyesal dengan kematian Empu gandring. Tuah keris empu gandring
ternyata terbukti sakti. Buktinya, keris ini berhasil membunuh Tunggul ametung,
Ken arok sendiri, dan keturunannya. Sehingga tepat seperti sumpah Empu gandring
bahwa kerisnya membunuh tujuh orang raja.

Percaya atau tidak?
Yng pasti, kisah ini terdapat dalam serat Pararaton Ken Arok, kitab sastra jawa
yang diakui kesahihannya oleh para ahli sejarah.