From: Jamaludin Aziz [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, August 02, 2007 10:13 AM
To: silatindonesia@yahoogroups.com
Subject: RE: [silatindonesia] Re: silat di jobang ciputat...

Ok, sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih atas respon rekan2 dan
abang2 semua terhadap "undangan" saya.
Alhamdulillah semalem saya sama bang Zonni dikasih kesempatan ketempat bang
Agus, dan alhamdulillah lg, bang Ali Kosim datang bersama seorang mantunya.
kesan saya, aga terkejut jg dgn penampilan bang ali ini, kalo dr cerita2
bang agus, sy membayangkan bang Ali ini udah lumayan ngkong2, rambut putih,
jenggotan, aga tinggi dan "renta" krn usianya udah 60 th-an. tp ternyata sy
salah, dia kelihatan sgt bugar, bersemangat, rambutpun blm memutih, badan
agak kecil kurus, dan spt 10 th lbh muda dr usianya. pergerakannyapun masih
lincah dan cukup bikin saya meringis kesakitan dgn kunciannya.

km ngobrol banyak dgn beliau. dan beliau orgnya asik jg diajak bicara. sy
sempat bertanya ttg sejarah silat tsb, kata dia silat ini adalah silat
keluarga, ga pernah diajarkan utk kalangan luar, makanya ga memiliki
"bendera" spt umumnya perguruan. dia bilang usia silat tsb udah ratusan
tahun, jd susah utk ngelacak siapa penemunya. trs saya singgung2 ttg nama
aliran ini, tp kata dia nanti dulu, tunggu sampai penuntasan, akan dia
berikan. lalu sy tanya lg ttg kurikulum. sy bertanya kalo disilat lain, ada
catatan matematisnya mrk memiliki sekian jurus, sekian tehnik kuncian,
sekian tehnis bantingan dan sebagainya. dia jawab kalo disini, ga pernah ada
catatan2 tsb, cmn jurus dasar ada yaitu 12 jrs, tp kalo tehnik lain spt
kuncian, bantingan, dan aplikasi lain ga pernah "dibukukan". kata dia lg,
kita ga diajarin tehnik1, tehnik 2 dan seterusnya, tp diajarkan "rumus" dr
semua tehnik2 tsb. tujuannya spy lbh bisa menyesuaikan dgn kondisi dan
keadaan, tdk terpaku dgn pakem.

nah, sebelum abang2 yg berniat meliput silat ini mungkn kecewa, sy ceritakan
keadaan sebenarnya, bukannya guru saya tertutup, tp sptnya ada aturan2 yg
memang mengharuskan kita menuntaskan pelajarannya dulu br dikasih tau nama
silatnya...

Sebenarnya mulai jamannya bang Agus aja ternyata yg membuka diri dgn luar.
sptnya sih, kalo kita bisa tau selahnya, bang agus ini bs lbh terbuka, ga
spt bang Ali yg ternyata lebih tertutup, tp biarpun dia dia hanya ngajar utk
kalangan keluarga saja, saat bang agus nerima org luar, dia ga keberatan,
bahkan ketika disinggung2 ttg padepokan TMII, dia bersedia datang nemenin
bang agus dan murid2 yg lain, ya sekedar silaturahmi aja, cmn ga dlm wkt
dekat ini, krn dia ingin begitu udah di TMII, angkatan saya udah sedikit
mahir, ga spt sekarang ini yg masih ngeja...

Kebetulan kemaren ada sedikit miskomunikasi dgn bang Rama, sy ga konfirm lbh
awal bahwa sy mo ke bang agus semalem, sedangkan dia taunya saya ngajaknya
minggu depan. makanya pas sy sms dia semalem utk kesana bareng, dia agak
kaget jg. krn terkesan dadakan gitu, akhirnya bang Rama ga bisa hadir, krn
lumayan jauh jg dr rumahnya ke jombang, saya sekali lg minta maaf ya bang
Rama...

semalem bang agus konfirm kesaya dia shift sore (pulang jam 10 sampe rumah)
sampe hari senin depan. makanya kemungkinan br minggu depan bs efektif lg.
nah sy mengharapkan jk ada abang2 yg ingin datang utk silaturahmi, bisa kita
arrange wkt lg. krn rencananya, kalo jd pd dtg, kita mo diajak ketempatnya
bang Ali. nah buat yg mo tanya jawab dgn beliau ttg sejarah, mudah2an dia
bisa ceritain, syukur2 dia mau buka2an ttg aliran ini, kalo diliatnya kita
"tulus"....

Terima kasih buat bang Zonni yg udah m nemenin dan memberikan tumpangan
kesaya.

Salam
Jamal Aziz

---