di daerah cipinang juga terdapat beberapa aliran silat betawi, sayangnya masih
close and close, ada yg terbuka ternyata pecahan dari silat dari jabar. yg
betawi emang unik.

  ----- Original Message -----
  From: amal
  To: silatindonesia@yahoogroups.com
  Sent: Friday, August 03, 2007 4:26 PM
  Subject: [silatindonesia] Si Gelap, Lima Waktu dan Mersedes

  Kemarin saya bersilahturahmi ke Babe Uci Sanusi, pendiri Pusaka Jakarta
  (pewaris Gerak Cepat). Alhamdulillah, sambutan beliau sangat baik, Babe Uci
  ternyata adalah orang yang terbuka, berpikiran modern dan sangat humoris.

  Beliau punya banyak cerita seru dan lucu. Sepanjang pertemuan, sy, Syekh
  Nizam, Mas Aryanav dan Mas Ezra terus tertawa terbahak-bahak.

  Kebanyakan aliran Betawi, kata Babe Uci, memang sampai sekarang, masih
  mempraktekkan kerahasiaan dan bersifat tertutup. Menurut Bang Uci, hanya
  segelintir aliran Betawi yang mau membuka diri baik dalam menerima murid
  maupun publikasi.

  Babe Uci bilang ada ratusan silat Betawi, karena tiap kampung punya silat
  sendiri dan belum tentu punya nama. Salah satunya adalah perkenalannya
  dengan Si Gelap, aliran dari Kebon Nanas.

  Praktisi aliran ini bergerak sangat cepat sehingga lawan sulit dilihat. Ada
  juga Aliran Mercedes. Namanya aneh karena gurunya bilang, "Maenan gue mahal.
  Bagus pula. Makanye gue ksh nama Mercedes," katanya. Begitu guru itu
  dikalahkan, Bang Uci bilang, "Maenae begitu lo ksh nama Mercedes. Mendingan
  lo kasih nama Bajaj," katanya sambil tertawa.

  Ada lagi Aliran Lima Waktu (Mualim Marjuki), Gerak Teguh, Warung Pedok, Serak
  dll. Oya, beliau juga Humas Putra Betawi. Nantikan obrolan seru kami di
  laporan Mas Ezra