Sahabat silat
Silat di USA akan ada dua persi penyebaran  satu yang
mengikuti induk organisasi yang berbeda aliran  di
pusat Indonesia istilah kerenya wakil2 pemerintah
Indonesia departemen persilatan untuk luar negeri.
Menurut IPSI ada 10 silat history dan 5 besar dari 820
aliran pencak silat.

Persi ke-2 silat campur2 di ambil dari kursus kilat
sehari/seminggu, buku2 di toko, cd, internet, video
mereka mengajarkan sekaligus menciptakan nama baru dan
menciptakan MASTER SILAT bahkan Grand Master SIlat
(sudah berjalan hampir 20 tahun dengan massa puluhan
ribu anggota).
Mereka mempunyai pemerintahan dengan hukum-hukum yang
berlaku
menurut adat2 mereka.

Persi nomor satu ibarat dubes silat di USA / para guru
penyebar, pengembang, pelestari tanpa support dana dan
fasilitas, tapi ingat guru2 tersebut buat laporan ke
pusat organisasi berapa "jumlah murid", ini yang
paling penting jumlah anggota. Masalah Guru silat
banyak "risk" di USA tanggung saja sendiri mau mati
boleh hidup ya syukur yang penting pusat organisasi di
Indonesia ingin tahu perkembangan jumlah anggota itu
saja.

Persi ke-2 nggak perlu laporan2 ke Indonesia, semau
gue kan !pencipta ya gue lah ! yang kontrol lu lu gue
la lah lu bayar upeti sama gue.

Di USA dua persi sudah mulai ada "cold war" nanti
dilanjutkan perang silat lidah dan perang beneran,
kayanya nggak jadi sebab ada institusi penengah yang
mengontrol persilatan sedunya (PERSILAT).

Kang Yana
New York City