Di tatar  sunda yang namanya "menak" telah andil dalam
laku yang diembannya secara umum yang disebut " TRI
TANGTU" atau tiga kodrat urang sunda berupa bersifat
1. Ratu,2.Rama, 3. Resi = 3R.

Titel yang asli sunda dalam menak misal dalam kata
depan Prabu, Sang, Di, Si , Ki....., berdasarkan bukti
sejarah kerajaan sunda di mulai abad satu di Banten
raja  KI Tirem. Bahkan sebelum abad 1 masehi sudah ada
kerajaan tertua di tatar sunda.

Prabu Sili Wangi di kerajaan Pajajaran itu salah satu
conto yang sangat terkenal dalam menyatukan nusantara
maka diberi gelar Prabu oleh rakyatnya.

Dalam pencak silat tak terlepas dari pengaruh kerajaan
untuk melindungi negaranya hingga sekarang terbukti
IPSI/PERSILAT menjadikan maepo modern yang dipelopori
oleh penggila silat. Dalam keaslian dalam sejarah
sunda berdasarkan karopak sunda , prasasti, naskah2
maenpo di sebut ULIN SUNDA.

Apa itu ULIN SUNDA banyak falsafah yang dalam maenpo
di masa kerajaan2 tersebut. Maka tidak heran dalam
pengertian ulin sunda ada TUJUH GURIANG atau SANG GURU
HYANG atau Sangkuriang yang berpusat di GUNUNG SUNDA
sebagai cikal bakal budaya sunda puluhan ribu tahun
kebelakang.

Tujuh misteri ulin sunda ada pada darah2 urang sunda
yang sejati,  dalam maenpo sekarang masih terpelihara
sebagai titisan para karuhun sunda yang masih hidup,
bahkan  dalam segala aspek seni dan budaya sunda.
Tujuh aspek dalam keilmuan BUHUN berupa : BAYU, HIRUP,
HDAP, DEULEU, ANGSEU, PRAMANA,SABDA. Itulah kira2
JAJATEN SAKTI MANDRAGUNA.

Kang Yana