wah rame nih pembahasannya.
kalo menurut ane yg awam nih, mungkin tubrukan tsb bisa ditangkal pake langkah
pancer (bener ga sih istilahnya, maklum org awam), maksutnye, menggeser kaki
selangkah kesamping, langsung memutar badan 90 derajat kearah berlawanan, jd
bila menggeser ke kiri, lalu puter badannya ke kanan. harusnya sih, selain bisa
menghindar tubrukan, bisa langsung menyerang kepala/leher lawan. tp ane bukan
ahli beladiri, hanya analisa cetek aja, sebab menurut ane, silat yg bisa
meghindarkan kita dari akibat yg lebih buruk itu namanya SILAT MUSTIKA.

Musti kabur maksutnye...

(kabur dulu ah, ntar di timpukin ama senior2)