Dear Sahabat Silat,

Topik mengenai Silat vs BJJ pernah menjadi perdebatan yg hangat di
forum diskusi SahabatSilat.com, dan diluar dugaan kami ada bbrp
sesepuh silat yg panas kupingnya dan menganggap ini tantangan serius
yg harus dihadapi. Untunglah tidak sampai terjadi hal2 yg tidak
diinginkan.

Bagi kami, tidak ada untungnya menanggapi hal2 seperti ini karena
fokus kami adalah mengembangkan silat tradisional tanpa melalui adu2
ilmu seperti begini. Kita bukan mencari yg terhebat tapi membangunkan
silat tradisional yg sudah cukup lama tidur kehilangan peminat di
kalangan generasi muda. Memang betul ada yg berpendapat bahwa adu ilmu
merupakan cara promosi yg sangat ampuh, namun mengingat kondisi
masyarakat kita yg untuk cari makan semakin susah, cara adu2an seperti
ini hanya akan membawa dampak yg tidak diinginkan. Disisi lain,
saudara kita para BJJ'er, terutama yg senior, adalah atlit kerap yg
bertanding di manca negara yg pada akhirnya jg membela nama bangsa.
Kenapa kita membuang2 waktu hanya untuk mencari status terhebat
sedangkan kepentingan yg lebih tinggi terabaikan...??

Untuk itu Sahabat Silat, kita juga tidak perlu melanjutkan perdebatan
ini. Satu hal lagi yg harus selalu kita ingat, bahwa kita menyapa
semua member disini dengan sebutan "Sahabat Silat", artinya yg kita
melihat semua yg ada disini bukan hanya pesilat tapi semua kalangan yg
bersahabat dg silat dan pantas menjadi seorang Sahabat Silat, apapun
bentuk beladirinya termasuk BJJ.

Salam hormat dan tetap semangat....

--- In silatindonesia@yahoogroups.com, "Jamaludin Aziz" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> wah rame nih pembahasannya.
> kalo menurut ane yg awam nih, mungkin tubrukan tsb bisa ditangkal
pake langkah pancer (bener ga sih istilahnya, maklum org awam),
maksutnye, menggeser kaki selangkah kesamping, langsung memutar badan
90 derajat kearah berlawanan, jd bila menggeser ke kiri, lalu puter
badannya ke kanan. harusnya sih, selain bisa menghindar tubrukan, bisa
langsung menyerang kepala/leher lawan. tp ane bukan ahli beladiri,
hanya analisa cetek aja, sebab menurut ane, silat yg bisa meghindarkan
kita dari akibat yg lebih buruk itu namanya SILAT MUSTIKA.