Saya termasuk penggila buku silat sejak remaja, terutama yang latar
belakangnya sejarah bangsa kita. Mulai dari senopati pamungkas (yang cuma
sedikit sejarahnya), karya-karya SH. Mintardja ;karya Herman Pratikto; dan
yang agak baru, karya Langit kresna Hariadi.
Rata-rata semua kebudayaan jawa yang diangkat...

Kemarin saya baru membeli buku karya Saini K M, ada 3 buku *Pangeran
Anggadipati, Banyak Sumba,* dan *pertempuran terakhir...* keren banget.
Pertama kali saya baca buku yang berbasis budaya Pasundan. saya langsung
sangat tertarik sama bapak Saini KM ini, apalagi dalam melukiskan
pertarungan dalam buku itu, beliau menggunakan istilah-istilah yang umum
dikenal dalam silat beneran. walau dengan istilah lain, ada penjelasan
tentang elak, syahbandar, kari dan Madi (walaupun istilahnya berbeda).
Sepertinya bapak Saini ini mengerti silat (nggak heran, karena asalnya dari
sumedang yang sering dianggap last frontier of sunda cultures) dengan baik.

browsing lagi...  katanya beliau menulis banyak cerita :
ada seri puragabaya :
1. Pangeran Anggadipati
2. Puteri Mayang Cinde
3. Puteri Yuta Inten
4. Jante Jaluwuyung
5. Banyak Sumba
6. Satria Pengembara
7. Sepundi-pundi Racun
8. Puteri Emas Purbamanik
9. Mencuri Abu Jenasah
10. Tertangkap di Kutawaringin
11. Raden Jimat
12. Pertempuran Terakhir
kemungkinan ini yang dirangkum menjadi 3 buku diatas. ada juga lakon alias
drama :
1. Cerita Rakyat Jawa Barat (Grasindo, 1993)  2. Pangeran Geusan Ulun
(1963)  3. Pangeran Sunten Jaya (1973)

kalau ada yang punya atau tahu cara memperoleh karya-karya beliau, bisakah
saya diberitahu?
Terakhir saya ke sumedang, tidak berhasil mencari silat khas daerah itu,
mungkin kalau tanya beliau bisa diberi pengarahan ya....

terima kasih...mohon maaf lahir batin sekalian...

didit yang sok tahu