Menarik apa yang dikatakan Itor.

Topik disukusi yg diajukan Pak Tepu Perbarung Peceren ini memang
menarik. Tapi harus diingat, ibarat makanan, ini termasuk makanan
keras, bukan susu atau bubur.

Kalau usus kita baru sanggup mengolah bubur jangan kita makan "nakan
keras".

Soal pendapat Benyamin Sitepu, seperti ditulisnya "Setiap mausia
yang berbuat baik akan masuk surga karena mendapat imbalan atas
kebaikannya, dan manusia berdosa akan masuk surga karena mendapat
hadiah karena kerahiman Tuhan", saya tidak tahu dari sudut pandangan
agama mana ini.

Bagaimana pun pendapat atau keyakinannya ini harus dihormati. Kalau
menurut iman Kristen berbeda. Tidak berlaku prinsip "what goes
around comes around". Dan ada satu hal yang tidak ada di dalam agama
lain, yaitu "grace".

Kembali kepada Judas. Satu kesalah Judas yang paling fatal adalah
dia menyesali kesalahannya, tapi solusinya fatal, dia bunuh diri.
Rasul Petrus juga berbuat salah, menyangkal Yesus 3 kali, dia
menyesal (menangis) lalu bertobat.

Semua itu tidak ada disebutkan di dalam nubuat para nabi (kalau
memang mau disebut ada "grand scenario"). Dan, manusia diciptakan
Tuhan memiliki kebebasan, bisa mengambil keputusan, karena manusia
bukan robot yang 100% mengikuti "grand scenario" itu.

Adam ketika jatuh ke dalam dosa, tidak berarti dia tidak punya
pilihan lain. Dia bisa mengatakan "tidak" kepada godaan ular. Ketika
dia melakukan pelanggaran dgn memakan buah larangan, maka dia
bertanggung jawab atas perbuatannya itu.

Dalam nubuat ttg Yesus, termasuk kematianNya, tidak ada disebut nama
Judas. Soal Yesus mati di kayu salib itu sudah ditentukan Tuhan.
Tapi apakah seandainya Judas tidak berkhianat Yesus tidak akan mati
dengan cara seperti yg telah terjadi?

Saya kira Judas tidak bisa berdalih dgn berkata, "Itu sudah grand
scenario sih". Sama seperti Adam ketika jatuh, dia
berdalih "Perempuan ini", lalu Hawa berdalih "Si ular ini yg jahat".

Setiap orang harus bertanggung jawab atas tindakannya. Termasuk
Judas.

sg

--- In tanahkaro@yahoogroups.com, Eethore <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ya...
> jangan pula terlalu takut ngebahas.
> nanti waktu ditanya orang, kita malah ga bisa jawab.
>
> ada 2 sikap yang salah dalam menanggapi ini,
> satu terlalu mau tahu...dan satu tidak mau tahu :)
>
> peace !

Tuhan Pencipta

Tuhan (tentu

now.<http://us.rd.yahoo.com/evt=51733/*http://mobile.yahoo.com/;_ylt=