> Rekan-rekan Yth,

oi.. anda juga yth,.. ;)

> Sebelumnya mohon maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan.

wah.. belun mulai udah minta ma'af , berarti ada yang gak beres nich ..
heheh..:D

> Ketika melihat bhw rekan kita mengubah milis linux-setup dan linux-admin
> menjadi tanya-jawab, tiba2 saja saya merasa akan banyak disagreement dari
> berbagai kalangan dengan alasan yang berbeda-beda.

memang benar .. :-$

> Setidaknya alasan yang paling masuk akal adalah mengenai menjadi kurang
> spesifiknya milis yang ada sehingga para 'tukang-jawab' menjadi rada
> kerepotan untuk menjawab mana yang sekiranya perlu untuk dijawab.

iya nich, kasihan juga 'tukang jawab' nya, dan lagi yang nanya pada gak
tau diri.., blun usaha keras udah mau enaknya nya aja nanya-nanya.. emang
nya 'tukang-jawab' ada dapat THR dari yang nanya ... :D

> Email saya kali ini tidak akan terlalu jauh membahas masalah di paragraf
> pertama tetapi lebih melihat bagaimana keadaan milis2 (setidaknya yang
> berbasis linux) berserakan. Maksud saya begini. Ada ketidak-seragaman
> mengenai penggunaan milis yang ada. contohnya

mmmhhh.... :-?

> milis [EMAIL PROTECTED] berbeda dengan irc #indolinux
> milis indo-oracle dan linux-oracle.
> milis tanya-jawab menjadi beberapa linux-<xxx>

bhinneka tunggal ika ... :D

> dan banyak lagi contohnya yang mungkin saya tidak tahu karena ada banyak
> sekali.
>
> Satu hal yang saya pengen melihat bahwa para jawara komputer (khusus)
> linux bisa bareng2 membuat milis bersama sehingga milis2 yang sudah ada
> tidak terbuang.
>
> contohnya, kalo sudah ada milis linux-abc lalu (dimohon) jangan bikin
> linux-abc-perjuangan.. kurang lebih begitu. Tujuannya hanya satu.
> bagaimana caranya agar kita mempunyai kumpulan forum2 yang terarah dan
> bersatu. Kasihan kan rekan-rekan yang lain trus jadi bingung milih milis
> [...]

terkadang perbedaan itu dapat menampilkan kebaikan dan menghilangkan
keburukan, lagian apa susahnya milih milih milis, kalo suka gabung, kalo
ngga cabut aja ... ;p~

> Saya mengerti sekali bahwa setiap orang bebas membuat milis apa saja.
> pihak groups.or.id juga memang tidak peduli akan ada brapa milis
> perjuangan yang lain. Tetapi, dengan segala kerendahan hati, saya
> menyarankan agar rekan-rekan yang lain ikut menjaga keutuhan milis kita
> agar jangan jadi berserakan.

ya memang harus dijaga keutuhannya ... :D

> Contoh yang bagus yang mungkin bisa diikuti adalah penggunaan nama seperti
> yang sudah dibuat rekan kita...
>
> linux-oracle
> linux-admin
> linux-setup
> dsb....

oh...

> sekali lagi, saya tidak menyarankan agar rekan-rekan lain rtus langsung
> pindah ke milis yang lain lagi.. tujuannya sekali lagi cuman satu. Bersatu
> bikin milis! memang masalahnya adalah pengguna menjadi banyak.. contohnya
> saja [EMAIL PROTECTED] but that's okay. Hanya saja saya juga
> memaklumi jika ada rekan-rekan yang merasa rada wasted bandwidth-nya gara2
> semuanya ngumpul di tanya-jawab.

seperti telah disampaikan di atas, memang penggabungan ini membuat aku
jadi sering menghapus surat tanpa membacanya lebih dahulu... tetapi apalah
daya ku sebagai seorang admin ecek-ecek saja ... :)

> Comments are welcome.

kalo ada kata yang salah , di sinilah tempat yang tepat untuk minta ma'af
... ma'afin yach.. :D

> thx
> .dave
>
> "This...this isn't the Matrix?"
>
> "No. It's another training program designed to teach you one thing. If you
> are not one of us, you are one of them."
>
>               -- Neo and Morpheus, "The Matrix"

Mr. Anderson...
salam
-------
rizahnst
admin ecek-ecek
yellow internet cafe, sm raja 160c medan
http://rizahnst.afraid.org/
-------