Rekan-rekan Yth,

Sebelumnya mohon maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan.

Ketika melihat bhw rekan kita mengubah milis linux-setup dan linux-admin
menjadi tanya-jawab, tiba2 saja saya merasa akan banyak disagreement dari
berbagai kalangan dengan alasan yang berbeda-beda.

Setidaknya alasan yang paling masuk akal adalah mengenai menjadi kurang
spesifiknya milis yang ada sehingga para 'tukang-jawab' menjadi rada
kerepotan untuk menjawab mana yang sekiranya perlu untuk dijawab.

Email saya kali ini tidak akan terlalu jauh membahas masalah di paragraf
pertama tetapi lebih melihat bagaimana keadaan milis2 (setidaknya yang
berbasis linux) berserakan. Maksud saya begini. Ada ketidak-seragaman
mengenai penggunaan milis yang ada. contohnya

milis [EMAIL PROTECTED] berbeda dengan irc #indolinux
milis indo-oracle dan linux-oracle.
milis tanya-jawab menjadi beberapa linux-<xxx>

dan banyak lagi contohnya yang mungkin saya tidak tahu karena ada banyak
sekali.

Satu hal yang saya pengen melihat bahwa para jawara komputer (khusus)
linux bisa bareng2 membuat milis bersama sehingga milis2 yang sudah ada
tidak terbuang.

contohnya, kalo sudah ada milis linux-abc lalu (dimohon) jangan bikin
linux-abc-perjuangan.. kurang lebih begitu. Tujuannya hanya satu.
bagaimana caranya agar kita mempunyai kumpulan forum2 yang terarah dan
bersatu. Kasihan kan rekan-rekan yang lain trus jadi bingung milih milis
yang mana.

Saya mengerti sekali bahwa setiap orang bebas membuat milis apa saja.
pihak groups.or.id juga memang tidak peduli akan ada brapa milis
perjuangan yang lain. Tetapi, dengan segala kerendahan hati, saya
menyarankan agar rekan-rekan yang lain ikut menjaga keutuhan milis kita
agar jangan jadi berserakan.

Contoh yang bagus yang mungkin bisa diikuti adalah penggunaan nama seperti
yang sudah dibuat rekan kita...

linux-oracle
linux-admin
linux-setup
dsb....

sekali lagi, saya tidak menyarankan agar rekan-rekan lain rtus langsung
pindah ke milis yang lain lagi.. tujuannya sekali lagi cuman satu. Bersatu
bikin milis! memang masalahnya adalah pengguna menjadi banyak.. contohnya
saja [EMAIL PROTECTED] but that's okay. Hanya saja saya juga
memaklumi jika ada rekan-rekan yang merasa rada wasted bandwidth-nya gara2
semuanya ngumpul di tanya-jawab.

Comments are welcome.

thx
.dave

"This...this isn't the Matrix?"

"No. It's another training program designed to teach you one thing. If you
are not one of us, you are one of them."

                -- Neo and Morpheus, "The Matrix"