From: "Arief Yudhawarman" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [tanya-jawab] VoIP dll untuk koneksi asymetric

> Apakah pengaruh cuaca misalnya mendung, gerimis, awan, dsb turut
> mempengaruhi
> koneksi ?

Selama ini saya gunakan VSAT untuk aplikasi jaringan saya , dari pengalaman
mendung, gerimis, awan dan hujan deras sekalipun tidak bermasalah , memang
saat tersebut s/n (signal per noise) --- BKSS (Betulin Kalo Saya Salah -
wong indo asli) --- akan turun karenanya saat instalasi harus mendapatkan
s/n yang terbagus dari pengalaman ternyata makin besar bandwidth makin besar
pula diameter parabola yang di butuhkan (biasanya untuk upstream kalo
downstream untuk 1 Mbps dengan 6 feet aja udah bagus dgn berbagai kondisi --
Saya tidak tahu teorinya mungkin rekan lain ada yang tahu teorinya , saya
udah ke paman yahoo gak nemu --- ) dan juga posisi satelit akan menentukan
makin jauh makin besar kalo untuk sekitar Asia (indonesia dan sekitar --
karena posisi satelit ada di garis katulistiwa)   dan cuman memerlukan
downstreamnya aja pake 6 feet Ok tuh , tapi kalo udah ke lautan pasifik atau
lautan hindia 12 feet minim juga hasilnya.
Kalo penggunaan asimetric untuk menjadikan posisi kita sebagai server
seharusnya anda tahu bahwa anda akan lebih banyak penggunaan upstream
bandwidth dibandingkan downstream (karena downstream hanya sebagai jalur
query) , aplikasi DVB di gunakan biasanya untuk penggunaan (End User) aja
karena ya itu tadi requestnya (upstream) kecil, sehingga bisa menghemat
biaya ,karena yang mahal itu sebetulnya upstreamnya (kalo di VSAT itu sampe
harus sewa kanal -- kalo tidak salah untuk 64 Kbps (upstream) aja sekitar
Sekali lagi BKSS yah soalnya ini hanya berdasarkan pengalaman lapangan ,
kalo di teorinya saya salah tolong di kasih tahu donk.

Salam,

Wong Soerabaia