Tidak perlu repot, distro yang dimaksud 'free speech and free beer' saat ini
sudah ada paling tidak dua distro GPL telah merilis produknya.
Dua2nya memanfaatkan 'source code' dan teknologi RHEL-3  yaitu:
- White Box Enterprise Linux /WBEL 3.0 dan
- Tao Linux 1.0):

Daftar beberapa links dapat diterlusuri disini:

WBEL 3.0:
http://www.gerbanglinux.com/mod.php?mod=katalog&op=search&query=white box

Tao Linux 1.0:
http://www.gerbanglinux.com/mod.php?mod=katalog&op=search&query=tao linux

Yang menjadi dorongan untuk membuat distro2 semacam itu a.l. adalah masalah
'update support' yang dihentikan untuk Red Hat Linux.
Sementara itu RHEL-3 di garansi akan menerbitkan errata selama 5 tahun atau
s/d 2008 kedepan. Jadi 'source errata' yang diterbitkan untuk RHEL-3 juga
nantinya akan dimanfaatkan oleh kedua distro GPL diatas.

Pengalaman kami selama ini, yang dijual adalah layanan kontrak service
'subscription agreeement RHEL', sedangkan materi fisik lainnya (box) disebut
sebagai 'media kit' (di charge extra untuk biaya penyediaan media) dan
sebenarnya tidak perlu diserahkan (juga tidak dapat dibeli terpisah),
apabila pelanggan ingin download atau melakukan update sendiri via Internet.

Dimasa mendatang, ada kemungkinannya RHEL tidak tersedia lagi secara fisik
(CD atau Box), karena dianggap pelanggannya toh harus memiliki koneksi
Internet bila berlangganan service (subscription) RHEL. Contohnya seperti
produk RHEL-ES Basic edition.

Semoga membantu,
Salam: GLX