Thread ini saya forward ke linux-aktivis yaa
Copyleft kan?

-----Original Message-----
From: N3o [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 28 Januari 2004 3:18
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [tanya-jawab] License Red Hat Enterprise Linux

Koreksi dikit ya ;)
Memang masalah ini pada banyak yg bingung, padahal sebenarnya simpel
kok. Dalam hal lisensi, kalo kita bicara GPL, memang benar kalo
softwarenya hrs terbuka, bebas dimodifikasi,bebas di-share ... tapi hrs
dimengerti bahwa kita tidak bisa begitu saja mengatakan/menganggap
seluruh software yg ada di tiap distribusi linux itu free, harus
diperhatikan satu demi satu. Contoh, linux, ini memang GPL,tapi linux
itu kan cuman kernelnya, lalu mozilla, ini bukan GPL, tapi MPL (Mozilla
Public License), blom lagi OpenOffice, silakan dicek di menu "About"
pada tiap2 aplikasi. Jadi bila suatu software hanya berjalan diatas
software lain yg berstatus GPL, dia tidak mesti harus free dan terbuka,
selama tidak menggunakan kode2 dari software yg dibawahnya. Seperti
contoh linux tadi, ngga masalah Mozilla ato OpenOffice yg notabene beda
lisensi utk berjalan di=20 linux, termasuk bila Microsoft ingin membuat
aplikasi MS Officenya berjalan di linux itu juga ngga masalah ( mimpi
kale yee ;) ). Juga, bahwa di dlm GPL itu sendiri tidak halangan utk
menarik biaya dari software tsb selama tetap mematuhi aturan diatas.

Nah, pangkal permasalahannya,menurut yg saya lihat, banyak yg menganggap
asal itu linux berarti bebas dipake, digandakan, dimodifikasi dll.
Padahal didalemnya blom tentu semuanya berlisensi GPL, misal:
StarOffice, inikan hrs bayar, krn didlmnya banyak mengandung hak2 cipta
pihak lain yg dikomersilkan, mis. font2, template dll. Kembali ke
redhat, yg ada dalam versi Enterprisenya(utk perusahaan2)itu kan tool2
khusus buatan redhat sendiri yg tidak free(kalo ngga salah). Seperti
yang tadi saya katakan, ini diperbolehkan dalam lisensi GPL selama
softwarenya tsb tidak mengandung kode2 dari software GPL. Sedangkan bila
yg mereka edarkan 100% software GPL semua, ngga ada alasan mereka ngga
mau membuka sourcenya, terlepas mereka menarik fee ato tidak.Silakan cek
lisensi GPL tertulis di situs HYPERLINK "www.gnu.org"www.gnu.org.

Nah, utk komunitas, pihak redhat sebenarnya udah fullsupport ke proyek
fedora yg notabene semua softwarenya memang free/bebas/terbuka, dalam
bentuk dukungan sponsorship dan keahlian engineernya, bukan dukungan
produk. Karena mereka tetap meyakini bahwa segala yg mereka peroleh
tidak akan bisa lepas darikomunitas free software. Jadi anda bisa yakin,
bahwa bila kita make fedora ngga akan beda dengan redhat edisi
enterprise, cuman kita ngga punya tool2 yg komersial dari redhat dan
akses ke redhat network plus ngga ada dukungan produk.Itu saja kok.
Selengkapnya silakan cek di HYPERLINK
"http://fedora.redhat.com"http://fedora.redhat.com.
Lagipula, bila rekan2 bener2 ingin yang free dan legal,mengapa tidak
menggunakan debian saja? Yang ini 100% free karena yg mengembangkan
adalah suatu komunitas yg memang benar2 menginginkan platform yg
free/bebas. Bahkan tool2 utk administrasinya ngga akan kalah dengan yang
komersial plus anda bisa mengakses jaringan mereka utk tetap menjaga
sistem up to date. Info lengkap di HYPERLINK =
"www.debian.org"www.debian.org. CMIIW and sori kalo kepanjangan ;)

On Mon, 2004-01-19 at 09:56, Ahmad Yani wrote:
> kayaknya banyak deh...yang ngalamin seperti ini...yeh..kita senasib
>deh......  friends...gue punya pandangan...tolong dikoreksi kalau
>salah... =20
> Distribusi RH Enterprise khan didistribusi dengan CD instalasi ( =
Program
> [...]
melakukan
> ini apakah ia tidak melabrak rule GNU/GPL itu sendiri ..... =20
> Kalau menurut gue sih...kita refersnya ke GNU/GPL, kalau RH menyatakan
> sesuatu diluar rule GNU/GPL kita ambil yang dibolehkan, yang tidak
> dibolehkan kita kita ambil source codenya, modifikasi, compile ulang
> kemudian buat distro "personal" yang dapat kita pakai. Kalau cara yang
> begini menurut gue...untuk pemakaian sendiri...bolehlah tapi kalau =
untuk
> menjual distro tsb ke orang lain ...itu nggak boleh. Akal-akalin dikit
=
deh