Saya pernah ngalami seperti ini (deteksi tipe disk
berubah-ubah). Setelah saya usut, ternyata cuma karena
masalah catu daya kurang (power supply). Setelah saya copot
beberapa FAN / kipas tambahan yang beberapa hari sebelumnya
saya pasang, kondisi jadi normal lagi.

Bisa jadi kasus anda nggak seperti ini, tapi ini kan bisa
jadi ide.