On Thu, Feb 26, 2004 at 02:20:42PM +0700, Arief Yudhawarman wrote:
> kami

> Saya rasa Mas Adi salah tanggap, mudah-mudahan dengan penjelasan
> rinci yg saya berikan Mas Adi bisa mengerti permasalahannya.

OK sisanya sudah diselesaikan Asfix.

Sebenarnya saya paragraf saya di atas untuk mengomentari: 'jika
kok-raden-sial checks kami aktifkan mungkin hanya exim mta yang
bisa relay melalui server kami' -> jelas bogus. walaupun ybs
bisa berkelit: 'kan saya cuman tulis "mungkin"' he..he..

BTW, implementasi ODMR di fetchmail (4.6.2) masih parsial.
artinya, tidak ada mekanisme untuk flush queued mail lokal,
yang mestinya untuk kasus ODMR bisa dilakukan pada koneksi
yang ada sekarang (tidak perlu autentikasi 2x). Dengan
ODMR, kirim-terima dilakukan pada session yang sama (pada
socket yang sama).  Untuk ini, anda harus ciptakan 'kludge' yang
lain, misal, seperti yang anda tanyakan di thread lain soal
'serialmail'.

Saran saya satu: pakai UUCP. Dulu, padinet.com menyediakan
layanan UUCP yang free untuk sekolah *)

   http://www.webindonesia.com/uucp/free.html
   http://www.webindonesia.com/uucp/promo.html

dulu sih, malah disediakan 1 dialup khusus untuk
surabaya. tapi karena memang 'tidak dijual', ya
tidak banyak yang tahu :-)

Walaupun orang bilang ini teknologi 'kuno', namun transfer
mail via UUCP _jauh_ lebih superior dibanding ODMR. Kalau
tertarik bisa didiskusikan implementasinya di milis
indo-uucp @ mangga.padinet.com, kebetulan yang menjadi
list owner adalah IMW (I Made Wiryana, yang punya BMW).
milis dihandle oleh listar @ mangga.padinet.com, cara
subscribe standar listar). Domain cantik mdgr.padinet.com
adalah mail domain yang dihandle dgn UUCP, yang saya
pakai sampai sekarang.

Sengaja pakai nama IMW biar promosinya lebih kenceng
hi..hi..

   http://wiryana.pandu.org/Indo-UUCP/
   http://people.webindonesia.com/dullatip/opini/2002/0812-UUCP.txt
   http://rms46.vlsm.org/1/34.html

Salam,

P.Y. Adi Prasaja

*) disclaimer: saya tidak punya afiliasi apa-apa dengan
   padinet.com. setidaknya ... belum :-))