teman-teman para master linux, saya install squid untuk transparent proxy,
semua berjalan lancar kecuali ada kegagalan yang satu ini :

FATAL: ipcache_init: DNS name lookup tests failed
trus aku coba di panduan squid ketemu yang seperti ini :

Squid normally tests your system's DNS configuration before it starts server
requests. Squid tries to resolve some common DNS names, as defined in the
dns_testnames configuration directive. If Squid cannot resolve these names,
it could mean:

  1.. your DNS nameserver is unreachable or not running.
  2.. your /etc/resolv.conf file may contain incorrect information.
  3.. your /etc/resolv.conf file may have incorrect permissions, and may be
unreadable by Squid
aku udah coba memastikan DNS jalan dengan cara aku hubungkan dengan komputer
client pake win 98 dan xp hasilnya berjalan dengan lancar....
terus aku pastikan file resolv.conf nyaa benar...setelah itu aku cek
permission resolv.conf nya kepunyaan root.root dan konfigurasi sebelah kiri
(maklum nggak ngerti masksudnya : -rw-r--r--
tetapi masih tidak bisa... kenapa yaaa?
ada yang punya pengalaman pahit kayak gini nggak .... bagi-bagi dong apa
yang harus dilakukan ?
thx a loooottt
salam
imam