> Neutral is my middle name :) Emang dua2nya udah menonjol kok, jadi gak
> perlu promosi, tinggal pinter2an milih utk sikon kita lagi butuh yg
> gimana.

betul yak :)

qmail sih sebenernya gampang banget... ya kalo ikutin prosedur cara
instalasinya. berhubung manual yang benar2 harus disesuaikan dengan kondisi
dari server/box itu sendiri.

terus terang, saya belum pernah nyobain postfix...ow well.. mungkin nanti
setelah migrasi 3 server jadi 1 ini, jadi ada server nganggur di kantor buat
di utak-atik :P mudah2an oom ronny atau yang laen yang "jago" postfix bisa
bantu2 kalo ada error yak!!! hehehehe...

tapi, kaya`nya sih, kalo diliat dari beberapa penjelasan milis oleh oom
ronny mengenai postfix... ngga susah2 amet yak!!! boleh deh nanti dicobain
:)

ehem... btw:
jangan karena postfix/qmail sedang hangat2nya dibahas, kita jadi ikut2an
install. ngga taunya ada kesalahan error apaan gitu, mentok, ngga ngerti...
lantas, tanya ke milis, error ini error itu, masih mentok udah dijelasin
kaga` ngerti juga... akhirnya, reinstall box agar pake si sendmail lagi :P

*just my opinion*    :)

-dn-