From: Dion Sasmito [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, March 15, 2004 7:14 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [tanya-jawab] autentifikasi dan jam pakai

Halo,

Tentang dhcp dokumentasi nya ada di http://www.isc.org/sw/dhcp/. Itu
kalo pake dhcp nya isc.org loh.

Tetapi setelah tadi baca baca dikit dari man page nya dhcpd.conf, masa
bisa bikin client login dulu ke server linux atau user user tertentu
connect pada jam tertentu pake dhcp ?

Maksudnya login ke server linux itu apa ? Harus login dulu sebelon bisa
connect ke internet ? Harus login dulu sebelon bisa file sharing ?

DHCP umumnya di pakai agar client client kalo ngga punya ip bisa minta
ke dhcp servernya. nanti dhcp servernya kasih dia ip.
ngga ada login login an.

Kalo mau jam tertentu semua ngga bisa connect bisa. Di matiin dhcp
servernya pada jam tertentu. Kalo user tertentu pada jam tertentu, tidak
bisa setahu saya. Bisanya "mesin" atau "mac address" tertentu pada jam
tertentu.
Pakai cron dhcpd.conf nya di gonta ganti pada jam tertentu, terus di
restart servernya. Tapi dhcpd.leases nya mungkin jadi ngacau.

Solusi lain,
Pake iptables.
Tiap client yang mau connect ke internet, harus taruh login dulu ke
server linuxnya.
Setelah itu baru client itu di allow lewat pake iptables.
Jam tertentu user tertentu tidak bisa login.
Tapi ini ngga bakal tau, kapan user itu sudah ngga perlu connect lagi.
Ngga tau kapan bisa di blok lagi IP nya.

Cara lain mungkin pake Radius. Atau bikin sendiri client-server gitu.

Dion