On 15-Mar-2004, Ak wrote:
>   MSN (cukupkah digantikan GAIM? apakah GAIM mendukung voice/video
>   confrence?)

Webcam/videoconf setahu saya belum disupport ama gaim, gak tau ya kalo
ada pluginnya. Kasih tau ya kalo nemu :)

>   Tetapi masih ada beberapa ganjalan dalam migrasi:
>   Modem saya biasanya tidak dikenali (winmodem 56k, chipset Conexant)
>   Soundcard biasanya tidak otomatis dikenali (Creattive AWE 32, masih
>   ISA)
>   Saya butuh conduit untuk Palm PDA (Tungsten T)
>   Saya butuh driver untuk Bluetooth (Billionton 10m)

Kalo ragu, cara paling mudah (relatif sih) mungkin dengan jalanin
Knoppix (atau distro live cd yg laen) trus cek hardwarenya jalan gak.
Kalo jalan mah nantinya pasti ada cara utk ngakalin supaya jalan
walaupun gak disupport langsung oleh distronya yg mau anda pasang.

Utk palm setahu saya udah ada, cuma gak tau statusnya. Dan utk
bluetooth billionton setahu saya disupport. Tinggal digoogle aja.

>   Saya juga masih agak bingung memilih distribusi meski saat ini hati
>   lumayan mengarah ke SuSE 9.0. Yang saya mao tanya itu, benarkah
>   illegal untuk copy SuSE 9.0 dari teman? Apakah benar SuSE itu distro
>   terbaik untuk desktop? Cukupkah memenuhi kebutuhan saya?

Coba baca http://linux.or.id/faq.php (seperti yg sudah diberi tahu
sesudah anda subscribe) nomer 2.

>   Tambahan lagi (duh maaf banyak sekali ya nanyanya) bisakah
>   diterangkan sedikit mengenai susunan directory di UNIX/Linux. Setahu
>   saya itu cmn:
>   /mnt -> tempat mount devices
>   /home -> tempat data pribadi
>   kalo /bin, /sbin, /usr, /var, /dev itu untuk apa aja sih?

http://www.pathname.com/fhs/

Ronny