> coba anda man pppd, disitu ada bagian EXIT STATUS, nah disini dia
> menjelaskan ttg kode2 nomor error, utk kasus anda error code-nya 16,
> 16     The link was terminated by the modem hanging up.
> IMHO, kemungkinan yg tjd :
> 1. modem dialup anda tll lama dlm melakukan handshaking.

wah malah cepet banget....

> 2. line telpon anda kurang bagus, tll byk noise

nah mungkin ini ya yang jadi masalah... tapi di windows koneksi masih bisa,
walopun sering putus.

> 4. speed modem anda tll tinggi/tll rendah.

untuk yang ini saya agak bingung. saya pakai driver hsfmodem dari linuxant,
tapi katanya not free dan max speed nya cuma 14.4 kbps, padahal modem saya
56k. apa ini bisa pengaruh juga? saya pernah coba atur speednya skt 9600bps
tapi sama aja ngga bisa...

> saya yakin pertanyaan kedua ini ngga ada hubungannya dgn yg pertama kan
> ??
> utk yg ini biasanya saya pake PartMagic atau mungkin anda mau coba yg
> laen, spt parted...

iya ini ngga nyambung banget sori. oke de saya coba pake program yang anda
sebutkan

thanx banget...