Hai milisers,

Komputer punya teman saya P-III dg harddisk Maxtor ATA 120GB dg OS
W2K Server yg diinstall dg partisi NTFS yg dibagi menjadi dua partisi
C dan D. Saya merencanakan untuk install linux tanpa menghapus W2K, untuk
itu saya sudah melakukan defrag pd safe mode W2K.
Rencananya menunggu pinjaman CD Linux Sehat 3.3 dimana CD ini bisa
menjalankan linux tanpa perlu install linux ke harddisk. Di dalamnya
ada util ntfs resize, jadi saya bisa membagi partisi NTFS-nya untuk
W2K dan linux. Namun berhubung CD yg ditunggu tidak datang-datang,
akhirnya saya terpaksa install linux RedHat 7.3 pd harddisk Quatum 2G,
sementara hd W2K saya jadikan slave (/dev/hdb). Pada saat pemilihan
partisi, saya ingat jelas bahwa drive yg diformat untuk linux adalah
/dev/hda. Instalasi berjalan lancar sampai bisa booting ke redhat linux.

Kemudian setelah masuk login prompt, saya jalankan fdisk /dev/hdb.

[EMAIL PROTECTED] fdisk /dev/hdb

The number of cylinders for this disk is set to 14946.
There is nothing wrong with that, but this is larger than 1024,
and could in certain setups cause problems with:
1) software that runs at boot time (e.g., old versions of LILO)
2) booting and partitioning software from other OSs
   (e.g., DOS FDISK, OS/2 FDISK)

   Command (m for help): p

   Disk /dev/hda: 122.9 GB, 122942324736 bytes
   255 heads, 63 sectors/track, 14946 cylinders
   Units = cylinders of 16065 * 512 = 8225280 bytes

      Device Boot    Start       End    Blocks   Id  System

      Command (m for help): q

Lha, kok tidak ada informasi apa-apa ? Apa RedHat 7.3 tidak bisa
baca partisi NTFS ? Saya ubek-ubek internet dan menemukan tool untuk
bisa baca partisi NTFS di URL :
  http://linux-ntfs.sourceforge.net/downloads.html
Saya download dan saya install sesuai dengan tipe kernel default.
Jalankan fdisk spt di atas, tetap tidak ada perubahan.

Mulai agak cemas nich, kemudian datang CD linux sehat 3.3 yg ditunggu-
tunggu. Langsung saya booting dg CD ini, jalankan fdisk /dev/hda.
En, tetap tidak ada informasi mengenai partisi NTFS.

Akhirnya saya kembalikan posisi hardware persis seperti semula. Saya boot
komputer, dan muncul prompt seperti ini di layar komputer:

Invalid Boot Diskette
Insert BOOT Diskette in A:

Mestinya kan muncul NT Loader dan akhirnya booting ke mesin W2K. Pokoknya
kembali ke zaman normal.

Apa mungkin saat install redhat 7.3 itu dia menimpa MBR punya hd MAXTOR ?
Padahal sudah jelas boot loader linux saya install di hd Quantum
(/dev/hda1) dan hd MAxtor tidak diutak-atik sama sekali. Oya, saya
ingat pas install redhat, saya diminta untuk memilih partisi untuk
linuxnya, disitu ada pilihan /dev/hda (Quantum) dan /dev/hdb (Maxtor),
iseng-iseng saya lihat /dev/hdb dan ketik 'p' untuk print informasi,
apa yg ditampilkan ? Tidak ada, alias tidak terbaca sama sekali, persis
kayak di atas. Setelah itu saya tekan tombol 'q' untuk keluar dr fdisk.

Sekarang saya benar-benar bingung, booting pakai disket boot msdos win98,
hd-nya ya ndak kebaca. Mau booting pakai apa ya agar bisa membaca
NTFS ? Apakah partition magic under win98 bisa mengenali NTFS ?
Rencananya mau saya install win98 di hd lain, Maxtornya saya jadikan
slave, kemudian pakai PM untuk mengenali partisi NTFS-nya.
Kalau ini ndak berhasil, install W2K di hd lain, buat partisinya NTFS,
lalu mount Maxtornya sbg slave, moga-moga bisa kebaca.

Mohon saran dan petunjuk rekan-rekan, apakah kasus yg saya alami itu
pernah anda jumpai ? Apakah saya bisa mem-'fdisk /mbr' pada hd Maxtor
yg NTFS itu ? Pakai program atau util apa ?

TIA

~yudi