On Jum, 2004-03-26 at 13:02, Irvan wrote:
> Dear all,
>
> Kenapa ya, emulasi soundcard emu10k1 dengan alsa maupun OSS pada linux gak
> sebagus dirver bawaan creative di windows, saya  menggunakan soundcard Live!
> dengan speaker creative 5.1 pada Linux gak optimal sepertinya, saya
> bandingkan dengan di windows, effect sorround yang di hasilkan jauh sekali,
> bahkan masalah bas dan treble nya pun jauh dibandingkan dengan windows.

kalo soal virtual surround itu karena fungsi chip seperti EAX dan
Equalizer (not software equalizer) hanya bisa diatur oleh driver windows
untuk yang kita gak bisa ngapa-ngapain, karena chipnya nggak total open
sehingga driver/module OSS ataupun ALSA hanya bisa ngakses ADC/DCA, PCM,
Mixernya saja

kalo surround beneran, misalnya input dari divx/xvid yang pake encoding
suara Ac3 5.1 channel ya beneran surround lah
atau play DVD yang beneran channel suaranya 5.1 pasti keluar lah
surroundnya

saya pake SB Live Value! 4 channel, dengan driver ALSA
speaker murmer Edifier 5.1

--
"know thyself-- but don't tell anyone" -- Quake II Gladiator