On Tue, 30 Mar 2004 13:54:49 +0700
"Denie Nataprawira" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> saran saja sih, untuk  model application server, sebaiknya installasi
> dilakukan secara manual :) kecuali qta dah bener2 paham dengan lokasi yang
> dibuat oleh RPM tsb.

kalo saya sih lebih lebih suka pake paket yg udah jadi kalo unt production
'paket jadi' ini saya persiapkan (compile) sendiri di mesin devel
menurut saya di mesin prod harusnya malah gak perlu ada tools unt compile
(tools ini malah bisa jadi pisau bermata dua yg bisa2 dipake unt
ngobrak-abrik)

kalo hanya sekedar pengen tau si rpm naro file dimana aja kan bisa pake
'rpm -ql namapaket' ato pake 'rpm -qpl namafile.rpm' kalo paketnya belum
diinstal

> Jadi, kalo ada problem kita sudah tau dimana lokasi problemnya dan apa
> penyebabnya dan bagaimana kita harus take action *cieehh*
>
> lagian, kalo manual, install lebih mengasyikkan loh! :D

betul, setuju :)
kalo pake 'rpm way', kita tinggal sesuaikan file spec trus rebuild paket
rpmnya
setelah selesai rebuild, ya tinggal instal paket tsb

> installasi secara manual, membuat kita belajar tau lebih mendalam lagi
> mengenai apa yang kita lakukan dengan linux :)

ps.
banyak yg salah kaprah ttg rpm, dianggepnya rpm itu pasti paket yg tinggal
instal, padahal kan tdk harus selalu seperti itu.

--
[ dheche ]