On Sat, Apr 03, 2004 at 12:28:38PM +0700, Sigit Priyanggoro wrote:

>  Gimana caranya bikin mail server pake postfix dalam linux ya....
>  Tolong dijelasin cara bikinnya langkah per langkah...

Seperti saran rekan yang lain, anda bisa mulai dari sini :

http://www.postfix.or.id/website/basic.html

Kalau mengikuti tutorial dari saya dijamin malah lebih banyak
bingungnya :-) ya karena muter2 hehe. Untuk ada mas Sofyan yang bikin
"Instalasi dan Konfigurasi Postfix" walaupun membahas versi lama. Anda
bisa melihatnya di mirror di sini :

http://www.postfix.or.id/docs/postfix.html

Atau kalau anda mau yang paling baru anda bisa mencoba Postfix 2.1
yang dokumentasinya bisa diintip disini:

http://www.porcupine.org/postfix-mirror/newdoc/

 Asfihani

PS: Mungkin sebentar lagi akan dimulai penterjemahan dokumentasi
tersebut diatas ke Bahasa Indonesia, oleh karena ini volunteer is
needed.