mas widodo,
saya sih cenderung menyarankan memakai live-cd linux saja, karena live-cd ini nggak akan merusak data dan partisi di harddisk.
memang pakai rescue juga menolong, mungkin masalahnya cuma boot loader (program kecil untuk memboot ketika komputer mulai menjalankan os) nya yang terhapus, recover saja lilo atau grub-nya. pakai live-cd seperti knoppix lebih aman. anda bisa membaca partisi2 anda melalui /dev/hda1 atau /dev/hda2 atau seterusnya. seharusnya anda bisa mengcopy data2 tersebut ke dalam disket. bila anda mempunyai sebuah atau beberapa file yang lebih dari ukuran satu disket -- mungkin harus dipikirkan memakai kompresi seperti tar -- atau mungkin rekan2 lain bisa membantu.

apabila anda sudah masuk ke knoppix anda juga bisa mempartisi ulang dan memformat bagian NTFS atau partisi Win2000 anda -- buat saja jadi FAT32 yang mudah dibaca dan tulis oleh OS linux maupun Windows manapun. kalau anda mau mudah kemudian anda installkan Win98 di atasnya. kemudian data yang di-Linux anda copykan ke partisi Win98 tersebut. Win98 bisa diinstall di partisi tersebut untuk membaca dan memprint data2 anda.

asumsi saya adalah anda memiliki data yang tidak hanya disimpan di partisinya '/home' saja. apabila data anda hanya disimpan di '/home' saja -- anda cukup menginstall ulang linux anda TETAPI partisi '/home' anda TIDAK BOLEH diformat.

DISCLAIMER
ini saran saya. tetapi harap anda berhati2 melakukannya -- segala kegagalan dan kerusakan harus anda perhitungkan akibatnya dan bukan tanggung saya.
semoga membantu.
AY.
pusatlinux.com