> Kantor saya menggunakan HP DL380 server dengan tape
> backup HP Storageworks DLT VS 80. Untuk software yang
> sudah di bundel adalah Tapeware(meskipun saya sudah
> mencoba beberapa alternatif soft lain yang tidak
> gratis).
>
> Semua driver HP DL380 telah saya install, jadi kernel
> nya sudah kompilan kernel khusus dari HP(tanpa install
> driver HP tsb saya tidak bisa mengenali Tape Backup
> tsb).
>
> SCSI nya sudah terdeteksi(hanya apabila saya
> menjalankan perintah "scsi_info" dari konsol).
>
> Yang menjadi masalah Tapewarenya sendiri tidak
> [...]

Biasanya tape (apapun, asal SCSI), apalagi kalau HP, akan di-detect
sebagai /dev/st0 dan /dev/nst0 (utk non-rewind) (sama2 mengarah ke device
yang sama, hanya perilaku yg beda).
Maksudnya non-rewind adalah jika kita arahkan device ke /dev/nst0 maka
jika backup selesai tape tidak akan di rewind namun akan berhenti di
posisi terakhir, yg memungkinkan utk bisa dilanjutkan dengan backup lain
dari sisa tape. Jika diarahkan ke /dev/st0 maka setiap selesai backup
selalu di rewind (ke posisi 0).
saya biasa menggunakan perintah mt dan tar untuk backup.

utk mengetahui posisi tape: mt tell
utk maju satu posisi: mt fsf 1 (utk melanjutkan backup lain di sisa tape)
utk rewind dan eject: mt rewoffl
lainnya baca man mt

utk Tapeware kemungkinan mencari device tape ke /dev/tape, maka dari itu
bikin link-nya saja: ln -s /dev/nst0 /dev/tape
(saya pribadi prefer nst0 daripada st0)

program mt pun defaultnya cari /dev/tape

contoh tar:  tar cvf /dev/nst0 /etc /home /var/spool/mail
(jangan menggunakan tar compress option 'z' karena tape backup akan
mengkompres sendiri dengan hardware compression).

contoh remote backup menggunakan ssh:

tar cvf - /etc /home /var/spool/mail | ssh -lbackupuser backupserver.com \
      dd of=/dev/nst0 bs=20b

bs utk tape kecil saja (20b), kalau kegedean bisa I/O error. Tapi itu juga
tergantung buffer-nya backup tape device.

Semoga membantu.