> Kira-kira service apa aja ya pak, yang mesti saya matikan ?
> Rencananya saya mau belajar linux dan jaringan.
> kalo nyeting pake text terus terang saya belum bisa.
> saya cuman bisa mengandalkan webmin sama swat.
> mohon pencerahanmya.

# sebenarnya waktu instalasi ( make mandrake khan ? ) disitu ada pilihan
"mesin"-nya mau dijadikan apa ? workstation or server, kalo milih server
banyak aplikasi yang bisa dipilih but ada yang namanya "dependency" (
ketergantungan ?? ) jika menginstall suatu aplikasi dengan aplikasi yang
lain, misalnya kalo kita mau setting server via webmin secara otomatis web
server apache bakal terinstall juga, jadi dari situ bisa dipilih

atau kalo "mesin"-nya sdh jalan terus ada beberapa aplikasi yang ingin
dihilangkan ( untuk yang masih belajar mengenal linux ) bisa gunakan " add &
remove  program " saja , but kalo sdh bisa sedikit-sedikit maybe bisa lihat
ke file init.d ( maaf kalo ada salah ketik soalnya masih pemula juga di
Linux :) ), btw webmin is very good interface to set & tune up your machine
:) but kalo mau belajar set via text bisa make "Morton Commander" eh salah
maksudnya "Midnight Commander" alias MC atau kalo mau via console atau SSH
:)

yang "jago-jago" mungkin bisa nambahkan :)

regards

nb :
masih make mandrake 8.2 ( PII-450, 128 MB, HD 10 GB ) buat internet gateway
"router", local "squid" proxy, local webserver "apache"