--- Andika Triwidada <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pakai RedHat versi berapa?
> Link ini berisi petunjuk instalasi RedHat + ReiserFS, untuk RH v 7.2,
> 7.3, 8.0
> http://www.cencula.com/reiserfs.html
>
> Semoga membantu
>
> -- andika

Kenapa sih kok pada seneng pake reiserfs (sayapun pake)? Padahal jika
kita lihat2, Hans Reiser dan teman2 namesys-nya mengharuskan kita bayar
 US$25 untuk setiap pertanyaan yang kita ajukan langsung ke mereka,
belum ada fasilitas untuk meng-undelete seperti pada extfs (engga tahu
nih kang Arko udah sukses belum dg --rebuild-tree), bahkan masalah yang
paling krusial (bener gak nih krusial?) kernel linux bahkan sampai
2.6.3 yang dipake Mdk-10-CE tidak mensupport mounting reiserfs dengan
quota (sebetulnya support sih, cuma masih ada bug yang harus di-patch).

Belum lagi saya pernah nyoba, bikin reiserfs di suatu partisi dg
blocksize 1024. Partisi berukuran 23GB tsb memerlukan waktu 9 detik
untuk bisa di-mount, beda dengan ext2/3 yang membutuhkan kurang dari 1
detik.

Tapi emang ada hal yang sangat menguntungkan, saya pernah karena
experimen harus memindahkan koleksi MM saya yang di partisi reiserfs
terhitung berukuran 8 GB ke partisi ext3. Reiserfs-nya biasa aja pake
blocksize 4096 sedang ext3 1024, tapi ternyata di partisi ext3
ukurannya jadi bertambah sekitar 0,5 GB. Karena hal ini saya memutuskan
untuk terus pake reiserfs. Semoga semua kekurangan di atas akan
teratasi di reiser4.

=====
<idud>