On Thu, May 06, 2004 at 11:13:28AM +0700, Wisnu Indrianto wrote:

> Saya sedang nge-test anti-spam dengan membuat email gateway. Sebelum saya
> implementasikan di domain saya, rencananya saya mau uji coba dulu dengan
> beberapa user yang diforward ke mail gateway ini lalu diteruskan ke mail
> servernya.

Kalau boleh tahu "anti-spam" nya menggunakan apa? SA, dspam, atau
bogofilter? Atau produk komersial :-), sekalian MTA yang digunakan di
Mailserver :-).

> Saat ini sudah ada 1 mail gateway yang jalan (GW1), dengan adanya mail
> gateway yang baru yang buat ngetes ini (GW2), bagaimana caranya kalo hanya
> beberapa user saja yang di belok-kan ke mail gateway (GW2) ini ??

Bagaimana kalau mengetestnya dengan menggunakan (sub)domain yang lain,
katakanlah sub.domain.tld yang primary MX nya dihandle oleh GW2 (tentu
saja di Mailserver harus diset pula untuk menerima email ke
sub.domain.tld)

Menurut saya cara ini lebih aman, kalau sudah OK tinggal
dipindah/dimodifikasi di GW2 untuk menggunakan domain.tld.

> Yang eksisting saat ini dengan GW1, karena untuk semua user, konfigurasinya
> di tambahkan di DNS (MX 5 GW1, MX 10 Mailserver)

Kalau GW1 mati dan Mailserver masih bisa dicapai dari luar network
anda, maka email langsung menuju ke Mailserver -> mailgateway anda
tidak berfungsi. Menurut saya, lebih baik Mailserver tersebut
disembunyikan saja dan dihilangkan dari record MX, karena rata-rata
MTA sekarang cycle di queuenya defaultnya sudah cukup lama.

> Kalau yang sekarang maunya seperti ini :
>
>               userA --> GW1  --+
> mail -->                                |--> Mailserver
>               userB --> GW2  --+

Bagaimana saya tahu kalau misalnya userB di domain anda harus masuk ke
GW2 dulu karena seting MX masih mengarah ke GW1 :-)

> Kalau saya tambahkan di sendmail.cf dgn konfigurasi autoforward untuk
> membelokan user ini, relevan gak untuk kasus ini ??

Maksud anda dengan dot-forward? Apakah alurnya menjadi seperti ini ya:

[EMAIL PROTECTED] -> GW1 (di forward ke GW2: [EMAIL PROTECTED]) ->
Mailserver ([EMAIL PROTECTED]) ?

Salam,

 Asfihani