On Fri, May 07, 2004 at 08:42:41AM +0700, Wisnu Indrianto wrote:

> Skenario terakhirnya memang gitu pak, kalau misalnya memang tidak bisa hanya
> beberapa user saja yang di re-route, jalan terakhirnya ya seperti itu. Tapi
> bukannya itu sama saja dengan merubah alamat email pak ??

Ternyata setelah mendapat email ini, saya jadi paham (karena skemanya
diubah) :-)

> Kalau mailserver-nya disembunyikan, apakah kalau mailgateway nya mati,
> dianggap unreachable pak ??

Betul, tapi jangan khawatir email akan tertunda saja sampai
mailgateway anda menyala. Default schedule di MTA sekarang sudah
lumayan lama (Postfix 5 hari, qmail 7 hari), kecual memang mailgateway
anda matinya lebih dari 5 hari :-)

> Maaf ya pak gambarnya salah, harusnya karena default MX nya masih ke GW1,
> semua email masuk dulu di GW1, baru di arahkan ke GW2 sebelum diproses
> anti-spam nya GW1. Jadi memang harusnya alurnya seperti ini :
>
> [EMAIL PROTECTED] -> GW1 -> (cek anti-spam) -> mailserver
> [EMAIL PROTECTED] -> GW1 -> GW2 -> (cek anti-spam) -> mailserver

Kalau begitu tinggal buat entry alias di GW1 misalnya :

userB:  [EMAIL PROTECTED]

Kemudian bikin entry di mailertable[1]:

gw2.domain.tld          smtp:gw2.domain.tld

Ada komentar dari yang lain? Pak Adi?

> Yang kepikiran sih pake metode yang mirip dengan autoreply di ruleset 98 di
> sendmail.cf, dengan tambahan trigger. Tapi pak asfik jadi ngasih ide buat
> saya nih pake dot-forward, bisa ya pak ? efeknya apa pak ??

Ya, cara ini kelihatannya lebih simple. Tinggal dibuat dot-forward dan
mailertable.

Maaf, pakai Sendmail di Fedora Core 1 hanya buat relay :(, tidak bisa
bantu banyak.

Salam,

 Asfihani

1. http://www.sendmail.org/m4/mailertables.html